Pantai Pelabuhan Ratu Jawa Barat

Posted on
Pantai ini terletak di 60 km ke arah Kota Sukabumi. Pantai ini dikenal memiliki ombak yang sangat kuat dan karena itu berbahaya bagi perenang pantai. Topografinya berupa perpaduan antara pantai yang curam dan landai, tebing karang terjal, hempasan ombak, dan hutan cagar alam. Masyarakat pantai selatan khususnya Pelabuhan Ratu percaya adanya penguasa laut selatan yaitu Ratu Kidul. Konon, ia adalah seorang ratu yang cantik bagai bidadari. Di Laut Selatan – nama lain dari Samudra Hindia – sebelah selatan Pulau Jawa, ia bertahta pada sebuah kerajaan makhluk halus yang besar dan indah.
 
Samudera Hindia menyajikan pemandangan pantai yang menakjubkan dari Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Pantai ini terletak di sebelah selatan Pulau Jawa dan berjarak sekitar 60 kilometer dari Kota Sukabumi. Pantai di Pelabuhan Ratu ini terkenal dengan panorama alamnya terutama pada waktu senja saat matahari terbenam. Banyak pengunjung dari mancanegara dan Indonesia menghabiskan waktu liburan berkeliling di pantai ini.
 
Di objek wisata Pantai Pelabuhan Ratu tidak disarankan untuk berenang apalagi menyelam karena ombak pantainya terkenal sangat deras. Di area pantai banyak lereng terjal dan curam sekaligus karang-karang yang menjorok ke arah laut. Walaupun tidak disarankan untuk berenang di pantai ini, namun banyak peselancar yang datang untuk mencoba kemampuan ombak pantai Pelabuhan Ratu. Berbagai wisatawan dari mancanegara sering datang ke objek wisata ini dan melakukan olah raga surfing. Bahkan di waktu-waktu tertentu sering diadakan lomba surfing berskala nasional bahkan internasional bagi para peselancar yang dapat dilihat secara gratis saat anda berkunjung.
 
Jika anda ingin menginap di objek wisata pantai Pelabuhan Ratu maka bisa menemukan berbagai perhotelan mewah serta tempat-tempat penginapan lain seperti villa, dan losmen. Yang terkenal di tempat ini adalah Samudera Beach Hotel yang didirikan atas inisiatif dari presiden pertama Indonesia yaitu Presiden Soekarno. Hotel mewah ini dibangun sekitar tahun 1962. Dari area perhotelan maka anda bisa melihat pemandangan pantai yang indah.
 
Pesona Keindahan Pantai Pelabuhan Ratu

Mudah bagi para wisatawan yang ingin mencari restoran atau warung makan untuk mencicipi masakan khas Indonesia seperti makanan-makanan laut dan salah satu masakan laut yang terkenal adalah Ikan Bola. Anda juga bisa membeli bermacam-macam cinderamata untuk oleh-oleh di toko-toko sekitar area perhotelan. Berbagai cinderamata unik yang terbuat dari kerang dapat dibeli di sini. Selain itu, di sekitaran pesisir pantai juga banyak para pedagang kaki lima yang menjajakan cinderamata dengan harga terjangkau. Para wisatawan yang ingin datang ke Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat dapat menaiki bus dengan jurusan Sukabumi – Pelabuhan Ratu atau bisa juga dengan jalan kaki karena jaraknya tidak begitu jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *