Pantai Papuma Jember

Posted on

Pantai Papuma yang juga dikenal sebagai pantai Tanjung Papuma adalah pada saat Perhutani menemukan pantai ini merupakan sebuah daratan kecil yang menjorok ke laut, sedangkan nama Papuma berasal dari nama yang diberikan oleh Perhutani yaitu akronim dari pasir putih Malikan. Lokasi pantai Papuma berada di desa Suberejo Kecamatan Ambulu kabupaten Jember. Pantai ini berada sekitar 37 km dari kota Jember.

Akses menuju pantai Papuma sudah baik karena sudah di Aspal, kita bisa menggunakan motor ataupun mobil untuk menuju ke pantai ini. Selain wisata pantai terdapat juga bukit dan hutan yang luasnya kurang lebih 50 ha yang sekarang dikelola dan dipromosikan oleh Perhutani Jawa Timur. Selain itu pantai ini juga menyimpan wisata sejarah karena terdapat Gua Jepang.
 
Pantai ini merupakan pantai yang paling eksotis di Jawa Timur karena memiliki laut yang menawan dengan pantai yang hijau ke biruan membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh warga asli Jember maupun pendatang.
 
Anda akan melewati wisata hutan yang ditanami  pohon jati sebelum ada masuk kedalam pantai. Setelah kita masuk ke gerbang area wisata kita kan melihat hutan yang alami yang masih menyimpan berbagai macan flora dan fauna tropis seperti Lutung yang banyak bergelantungan di pohon.


Di sepanjang pantai Papuma terdapat pasir putih yang bersih dan indah, dan memungkinkan para wisatawan asing yang datang untuk berjemur di pantai tersebut. Disamping keindahan alamnya, pantai ini juga kaya akan fauna seperti Biawak, Ayam Alas, burung-burung dengan ragam jenisnya, Babi Hutan, Rusa, Landak dan Trenggiling.
 
Di pantai ini disediakan beberapa sarana pendukung bagi mereka yang ingin menikmati suasan Papuma lebih lama, seperti penginapan dan bumi perkemahan. Saat matahari terbenam, suasana di pantai Papuma akan semakin indah untuk dinikmati. Senja yang temaram dan desir laut yang semakin bergemuruh menimbulkan suasan drmatis yang enggan untuk ditinggalkan.



Pantai ini merupakan pantai yang paling eksotis di Jawa Timur karena memiliki laut yang menawan dengan pantai yang hijau ke biruan membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh warga asli Jember maupun pendatang.

Anda akan melewati wisata hutan yang ditanami  pohon jati sebelum ada masuk kedalam pantai. Setelah kita masuk ke gerbang area wisata kita kan melihat hutan yang alami yang masih menyimpan berbagai macan flora dan fauna tropis seperti Lutung yang banyak bergelantungan di pohon.

Setelah kita melewati hutan Malikan kita akan melihat pemandangan yang sangat indah yaitu hamparan pasir putih yang bersih. Di sebelah barat pantai terdapat perahu nelayan yang sedang bersandar. Anda juga bisa membeli langsung ikan dari nelayan yang baru saja bersandar sehingga anda bisa membakar ikan di pinggir pantai Papuma.

Selain pantai ada juga banyak batu karang yang orang lokal sebut dengan nama “atol-atol” yang berdiri di dekat pantai seperti pulau-pulau karang. Terdapat tujuh karang bersar yang ada di pantai papuma Jember, ketujuh karang tersebut memiliki nama-nama tersendiri yaitu pulau Narada, pulau nusa Barong pulau Batara Guru, pulau Kresna, pulau kajang dan pulau Kodok. Disaat ombak pasang membuat pemandangan semakin indah bila kita melihatnya dibawah sitinggil karena kita melihat bongkahan karang yang diterjang ombak besar.

Disaat ombak mulai surut kita bisa turun dan berdiri diatas batu karang, namun kita harus berhati-hati karena batu karang mempunyai bentuk yang kasar dan tajam, sehingga kita bisa terluka apabila tidak berhati-hati. Pada saat surut kita juga bisa melihat ikan di sekitar karang, ikan kecil-kecil yang menghuni karang akan terlihat ketika laut sedang surut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *