Pantai Pangandaran Jawa Barat

Posted on
Nah pada postingan kali ini sahabat Aneka Wisata Bahari akan mengupas seputar keindahan Pantai Pangandaran Jawa Barat
 
Pantai ini dijuluki pantai tercantik di Pulau Jawa. Pantai ini terletak di Desa Pananjung, 92 km dari kota Ciamis. Hal paling istimewa di Pantai Pangandaran, Anda dapat menikmati matahari terbit dan matahari tenggelam di tempat yang sama. Selain itu, Anda dapat mengunjungi berbagai macam goa seperti Goa panggung, Goa Parat, Goa Sumur Mudal, Goa lanang dan lain-lain.


Pantai Pangandaran merupakan pantai terbaik Jawa Barat. Popularitasnya tidak hanya dikenal oleh wisatawan domestik tetapi sudah sampai ke mancanegara, buktinya tidak sedikit turis asing yang berkunjung ke pantai Pangandaran.

Pada momen tertentu seperti libur hari raya, natal, tahun baru dan momen pestival layang-layang internasional, pantai Pangandaran ini sering dipadati oleh turis mancanegara.
Beberapa keunggulan pantai Pangandaran di antaranya dapat diakses dengan mudah, ada banyak moda transfortasi menuju ke sana, tiket masuk murah, tersedianya beragam fasilitas umum, daya tarik wisata alamnya yang mempesona serta penduduk setempat yang ramah.
Pantai Pangandaran terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, yaitu sebuah kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Pantai yang berjarak + 92 kilometer arah Selatan Ciamis ini menjadi destinasi primadona di Jawa Barat dan menjadi objek wisata favorit yang diminati anak-anak saat liburan sekolah atau liburan akhir pekan.

Selain keindahan pantainya, Pantai Pangandaran juga memiliki beberapa keistimewaan lainnya, antara lain: Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari Pantai Timur dan Pantai Barat pada hari yang sama. Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama, sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan relatif aman. Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih. Memiliki tim penyelamat wisata pantai. Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai. Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.  

Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.

Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *