Pantai Bunaken Manado

Posted on
Nah pada postingan kali ini sahabat Aneka Wisata Bahari akan mengupas seputar keindahan Pantai Bunaken Manado


Pantai Bunaken merupakan salah satu dari kumpulan pulau dalam Taman Nasional Bunaken. Pantai Bunaken terletak Teluk Menado, Sulawesi Utara. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving. Salah satunya adalah adanya dinding terumbu karang yang disebut underwater great wall.
 
Taman Nasional yang terletak di teluk Manado, Sulawesi Utara ini terdiri dari Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Montehage, Pulau Siladen, Pulau Nain dan Tanjung Pisok. Terletak di Segi Tiga Terumbu Karang Dunia (Coral Triangle), menjadikannya habitat bagi ratusan spesies terumbu karang, ikan dan mamalia laut. Tidaklah mengherankan jika pesona taman lautnya itu menjadi magnet bagi para penyelam dari berbagai penjuru dunia. Tidak hanya itu, di daratannya juga menyimpan ekosistem yang mempunyai daya tarik tersendiri, seperti rusa, kuskus -bukan nama forum itu lho yaa-, burung laut, kepiting dan hutan mangrove. Terdaftar sebagai Taman Laut pada tahun 1991, menjadikannya pula sebagai salah satu taman laut pertama di Indonesia. Kemudian terdaftar di UNESCO pada tahun 2005.
 
letak taman laut bunaken adalah bagian dari kumpulan gallery gambar pada Lokasi Tempat Wisata Taman Nasional Bunaken dengan menggunakan tag manfaat taman nasional bunaken,menyelam di Taman Nasional Bunaken,paket wisata Taman Nasional Bunaken,Taman Nasional Bunaken,wisata Taman Nasional Bunaken.
 
Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Bunaken  – Taman Nasional Bunaken merupakan taman laut yang berada di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman Nasional Bunaken ini bisa dikatakan sebagai perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, terumbu karang, , padang lamun dan ekosistem daratan/pesisir.

Di bagian utara wisata ini terdapat beberapa pulau di antaranya  pulau Bunaken, pulau Montehage, pulau Siladen, pulau Manado Tua, pulau Nain Kecil. Sedangkan untuk wilayah pesisir Tanjung Pisok. Dan untuk bagian selatannya sebagian pesisir Tanjung Kelapa.

Dan untuk potensi Taman nasional ini sendiri kaya dengan jenis palem, silar, sagu, woka dan kelapa. Di sini juga terdapat banyak jenis tumbuhan bakau yaitu meliputi Rhizophora sp., Lumnitzera sp dan Bruguiera sp. Di hutan tersebut juga banyak berbagai jenis kepiting, udang, moluska dan berbagai jenis burung laut seperti camar, dara laut, bangau dan cangkak laut
 
Menurut data yang di dapat dari dinas kelautan dan perikanan di taman nasional ini terdapat berbagai jenis ganggang yang meliputi jenis Caulerpa sp, Padina sp, dan Halimeda sp. Namun yang mendominasi di pulau Montehage yaitu padang lamun, sedangkan untuk pulau Nain yaitu Thalassia hemprichii, Thalassodendron ciliatum dan Enhallus acoroides.

0 thoughts on “Pantai Bunaken Manado

  1. Alam indonesia memang sangat indah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *