Puncak Mandala Papua

Nah kali ini Aneka Wisata Bahari akan bahas tentang keindahan Puncak Mandala Papua. Selisih 10 meter dari Puncak Trikora, Puncak Mandala berdiri kokoh setinggi 4.760 mdpl. Gunung ini terletak di deretan Pegunungan Jayawijaya atau sebelah barat dari Barisan Sudirman. Puncak Mandala memiliki nasib yang serupa dengan Puncak Trikora yang mena kehilangan salju akibat pemanasan global.
 
Puncak Mandala memiliki nama lain sebagai Puncak Juliana dan menjadi salah satu gunung paling sukar untuk ditakhlukkan. Bahkan para pendaki profesional dari dalam maupun luar negeri mengakui jika trek pendakian menuju Puncak Mandala adalah salah satu yang tersulit di dunia.

Pesona pegunungan Jayawijaya bisa dikatakan tempat indah di Indonesia yang diselimuti salju abadi karena ketinggiannya itu. Pegunungan Jayawijaya adalah tempat pendakian yang paling ekstrem di Indonesia dimana di puncak ini merupakan salah satu puncak tertinggi wilayah Indonesia.Tidak seperti pendakian di gunung-gunung lain,untuk bisa mendaki puncak Jaya diperlukan latihan fisik yang kuat,kesehatan yang prima serta persiapan perlengkapan yang memadai karena sepanjang perjalanan kita akan melalui medan yang cukup ekstrem dengan cuaca yang berubah-ubah dan diselimuti salju abadi.Persiapan yang matang sangat diperlukan jika anda menginginkan untuk mendaki puncak Jaya ini.Peralatan pendakian juga sangat diperlukan sepeti perlengkapan pendakian di gunung es.
 

Pegunungan Jaya Wijaya Adalah nama untuk deretan pegunungan yang memenjang di Papua barat dan Papua (Indonesia) hingga Papua Newguinea di Pulau Irian.Deretan pegunungan ini memiliki puncak gunung tertinggi meski ketinggian pegunungan ini sekitar 4884 m, namun disini kita bisa temukan fosil ikan dan klastik pada batuan gamping.

Bukit bahwa Pulau Papua beserta pegunungannya menjadi bagian dari dasar laut dapat di lihat dari fosil-fosil yang ada di pegunungan ini.Puncak pegunungan Jaya Wijaya merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang puncaknya ditutupi oleh salju abadi
Oleh karena itu pegunungan Jayawijaya merupakan surga bagi para pendaki dan peneliti geologi. Jika kamu hobi mendaki ataupun sekedar ingin mengamati, inilah tempat paling tepat yang bisa kamu kunjungi meski jarak dan waktu tempuh serta medan yang kurang bersahabat namun semuanya akan terbayar dengan keindahan alamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *