Gunung Semeru

Posted on

Gunung Semeru atau dikenal juga sebagai Mahameru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa terletak 7°51’ – 8°11’ LS, 112°47’ – 113°10’ BT dan merupakan salah satu gunung berapi teraktif yang ada di Indonesia. Salah satu keunikan dari gunung ini ialah kawahnya selalu mengeluarkan letupan secara berkala setiap 15 – 20 menit sekali, menimbulkan kepulan asap abu bahkan kadang-kadang bercampur batu kerikil ke udara, tetapi hal tersebut tidak mengurangi dari keindahan Gunung Semeru tersebut.

 
Banyak sekali obyek wisata yang terkenal indahnya di sekitar Gunung Semeru tersebut. Contohnya Oro – oro Ombo, Danau Ranu Kumbolo dan Kalimati. Oro – oro Ombo merupakan padang bunga yang sangat cantik. Kalau Danau Ranu Kumbolo terkenal dengan keindahan sunrise di pagi hari. Sedangkan kawasan Kalimati terkenal indah sekaligus unik karena pasirnya yang hitam.
 
Wajar Gunung Semeru digemari banyak pendaki. Ada beragam keindahan yang tersaji di sana. Setelah melewati Ranu Kumbolo nan megah, masih ada hamparan bunga nan indah di Oro-oro Ombo

Hamparan Oro-oro Ombo adalah padang rumput luas antara Ranu Kumbolo-Cemoro Kandang di jalur pendakian Gunung Semeru, Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Pada bulan juni, hamparan ini didominasi warna ungu! 
 
Indah sekali! Berjalan diantara VB Vell sambil memandangi bukit-bukit kecil ibarat berjalan di negeri dongeng! Anda tak akan merasa bosan sama sekali. Itulah salah satu pengalaman yang didapat jika mendaki Gunung Semeru.
 
Gunung Semeru memang salah satu gunung yang paling populer bagi para pendaki nusantara, baik pecinta alam maupun masyarakat umum lainnya. Gunung Semeru mulai banyak dikunjungi sejak boomingnya film 5cm pada akhir tahun 2012 yang lalu. 
 
Meskipun jalur pendakiannya bisa dibilang tidak mudah dan singkat, namun hal itu tidak menyurutkan para pendaki ataupun penikmat alam untuk menjajal gunung yang berketinggian 3676 mdpl tersebut. 
 
Inilah puncak Gunung Semeru, selamat datang di Mahameru, tempat tertinggi 3.676 mdpl yang membuat kamu tak bisa berkata-kata karena sangat luar biasa, di sini kita akan menyadari betapa indahnya gunung tertinggi di pulau jawa ini. Hamparan lautan awan yang sangat indah dan cuaca dingin Mahameru membuktikan sebuah ungkapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *