Gunung Rantekombola Sulawesi Selatan

Posted on
Hay sahabat Aneka Wisata Bahari yuk kita simak seputar keindahan Gunung Rantekombola Gunung Rantekombola dikenal pula dengan sebutan Bulu Rantekombola merupakan gunung yang terletak di Sulawesi Selatan. Beberapa sumber menyatakan bahwa ini adalah titik tertinggi di Sulawesi namun beberapa sumber lain yakin bahwa gunung Rantemario yang berada di deretan yang sama lebih tinggi ketimbang gunung ini.
 

Gunung Rantekombola memiliki ketinggian 3.455 meter di atas permukaan laut. Dengan ukuran setinggi itu setiap pendaki yang berada di puncak gunung akan serasa berada di atas awan sebab awan akan terlihat lebih rendah ketimbang puncak gunung. Secara umum dibutuhkan waktu 5-7 hari pendakian untuk sampai di titik tertinggi yang ditandai dengan tumpukan batu oleh para pendaki terdahulu.

  

Rute Pendakian

Jalur akses yang umum dipakai adalah dari kecamatan Baraka, Baraka ini bisa dicapai dari arah Makassar atau Tana Toraja dengan menumpang bis dan turun di Cakke. Kemudian dilanjutkan dengan menumpang angkutan lokal ke Baraka.


Dari Baraka ke Karangan bisa ditempuh dengan mobil sejenis Hartop atau Truk  Angkutan ini hanya ada pada hari pasar Baraka yaitu hari Senin dan Kamis. Angkutan lain adalah Ojek dan kita akan diantar langsung ke Karangan hanya saja cukup, sebelum tiba di Karangan ada akan melewati beberapa desa atau dusun ( Karuaja, Agin-agin Rante Lemo dll)

Untuk menuju Gunung Rantekambola dari persimpangan masih membutuhkan waktu kurang lebih dua hari, di sinilah jalur tersulitnya di karnakan sepanjang perjalanan tersebut kita harus menjalani hamper seperdua punggungan Pegunungan Latimojong dengan kondisi alam yang terbuka dan dirapati oleh Vegetasi tumbuhan kerdil, di perparah lagi medan yang terbuka dan iklim cuaca yang sangat dingin. Dan di tandai oleh sebuah susunan batu-batu (tranggulasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *