Goa Gong Pacitan

Posted on
Nah pada postingan kali ini sahabat Aneka Wisata Bahari akan mengupas seputar keindahan Goa Gong Pacitan

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo, sekitar 140 km arah selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan.
 
Dinamakan Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh. Perjalanan menuju goa ini relatif mudah, dengan jalanan setapak yang sudah diperbaiki dengan baik.
 
Sepanjang jalan menuju Goa Gong akan melewati daerah perbukitan yang dengan goa-goa di dalamnya. Goa-goa di Pacitan ini pada umumnya terbentuk dari jenis batuan Karst, batu yang tampak hitam dan sangat keras. Pada awal mulanya Goa Gong diketemukan oleh dua orang penduduk lokal yang tanpa sengaja sedang ingin mencari sumber air.
Jangan membayangkan keadaan goa yang gelap dan menakutkan, karena saat masuk ke mulut goa yang sejauh 300 M, pengunjung akan menikmati goa Gong ini dengan nyaman.
 
Tidak benar-benar terang, tapi goa Gong di fasilitasi dengan cahaya lampu yang temaram di sepanjang jalan masuknya. Hal ini yang menjadikan goa Gong lain dari goa-goa yang lain di Pacitan.
Tidak banyak orang mengetahui keberadaan wisata ini. Karena aksesnya yang cukup sulit dan promosi yang masih kurang. Padahal, tempat wisata ini sangat menakjubkan dan unik, hasil mahakarya sang pencipta. Saya bersama keluarga pernah mengunjungi tempat ini. Wisata goa Gong ini terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Dari pusat kota Pacitan kita dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jarak dari kota Pacitan sekitar 30 kilometer. Untuk menyingkat waktu kita dapat menggunakan jalur Pacitan-Sedeng-Pringkuku-Punung. Jika anda berasal dari Jogja, dapat menggunakan jalur Jogja-Wonosari-Pracimantoro-Donorojo-Punung. Perjalanan dari Jogja menuju wisata tersebut memakan waktu sekitar 2 jam. Sedangkan jika dari solo, jalur yang digunakan Solo-Donorojo-Punung. Wisata ini memiliki fasilitas, antara lain: mushola, toilet, rumah makan, dll.
 
Wisata ini diklaim sebagai salah satu goa terindah di Asia Tenggara. Untuk dapat memasuki kawasan ini kita hanya cukup membayar sekitar Rp. 4000,- per orang. Setelah mendapat tiket, pengunjung dapat meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki, sebab kendaraan hanya bisa sampai didepan tiket masuk. Jika pengunjung ingin membeli oleh-oleh seperti batu akik, pengunjung bisa membelinya dalam perjalanan menuju Goa tersebut. Penjual berjajar rapi sepanjang jalan naik menuju Goa tersebut. Untuk masuk ke dalam goa yang gelap, didepan pintu masuk sudah tersedia penyewaan senter (alat penerangan) dengan biaya Rp. 2.000,- per satu kali sewa. Kita juga bisa menggunakan pemandu dan sewa tukang foto jika kita tidak sempat membawa peralatan foto (kamera) sendiri. Namun jika ingin berwisata tanpa bantuan pemandu, boleh saja. Terserah kemauan kita saja.
 
 
Kristal di Gua Gong
 
Dengan mengunjungi goa gong ini maka anda pun juga akan merasakan ketegangan sekaligus nuansa petualangan yang sangat kental nantinya. Tidak heran jika banyak sekali orang yang suka untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Sebagai salah satu gua yang pernah ada di pulau jawa, tempat yang satu ini juga memiliki sejarah dan cerita menarik yang bisa anda temukan didalamnya. Banyak sekali pengalaman menegangkan dan juga mengerikan yang bisa anda temukan mengenai sejarah dari goa gong ini. Maka dari itu, anda harus bersiap pula untuk mengetahui hal tersebut.
 
Tempat wisata goa gong ini juga memiliki bentuk yang indah dan tertata dengan baik. Anda pun akan melihat sebuah pemandangan gua yang lain daripada yang lain di goa gong ini. Ditambah lagi, lokasi wisata goa gong juga merupakan lokasi yang strategis untuk dikunjungi sehingga anda pun nantinya akan bisa menemukan banyak manfaat darinya. Keindahan yang dimiliki oleh goa gong juga sangat kental dan memiliki elemen yang luar biasa. Saat masuk ke mulut goa gong ini anda akan bisa melihat sebuat pagar Kristal yang berhias luar biasa diluarnya.
 
 
 
Gua Gong Opsi Terbaik untuk Jiwa Petualang
 
Tempat yang satu ini memang sangat indah untuk dikunjungi. Saat memasuki goa gong ini maka anda akan meraskaan sebuah pemandangan yang awalnya cukup remang-remang namun gua ini akan mampu memberikan sebuah nuansa yang indah didalamnya. Jika anda suka untuk berwisata didalam gua maka goa gong ini bisa menjadi salah satu opsi yang terbaik untuk anda gunakan. Jangan lupa untuk mengambil gambar pemandangan yang ada di gua ini dengan kamera yang anda miliki.
 
 
 
Rute Perjalanan ke Goa Gong Pacitan
 
Kota Pacitan berjarak sekitar 101 km dari kota Madiun. Jika Anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta atau Solo, Anda dapat menempuh rute perjalanan melalui kota Solo dan terus lanjut memasuki daerah Ponorogo, kemudian akan masuk wilayah Madiun, baru kemudian tiba di Pacitan. Dari Jogja ke Pacitan, durasi perjalanan akan memakan waktu sekitar 5 jam.
 
Jika Anda memilih angkutan umum dan memulai perjalanan ke Pacitan dari kota Surabaya, Anda dapat menggunakan bus patas yang akan membawa Anda ke Ponorogo, lalu mengganti bis lagi yang akan mengantarkan Anda ke Pacitan.
 
Dari pusat kota Pacitan, Anda perlu menempuh perjalanan selama sekitar 30 menit untuk dapat tiba di kawasan wisata Goa Gong Pacitan.

0 thoughts on “Goa Gong Pacitan

  1. Mantap Goa gong setengah jam dari tempat ane ….., &masih banyak lagi wisata di Pacitan & Wonogiri

  2. sangat betah klo berwisata ke pacitan..selain goa gong, pantainya juga indah dan bersih. seperti pantai klayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *