Arung Jeram Songa Probolinggo

Posted on
Arung Jeram Songa atau yang biasa disebut dengan Songa Adventure merupakan wisata alam dengan genre petualangan atau adventure dalam bentuk wisata arung jeram yang terletak di Kabupaten Probolinggo. Wisata arung jeram ini terletak di desa Ranu Gedang, kecamatan Tiris, kabupaten Probolinggo, propinsi Jawa Timur. Dengan bermedankan sungai Pekalen Probolinggo yang memiliki arus yang lumayan deras, secara perlahan wisata ini mulai menarik minat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Songa Rafting merupakan salah satu andalan daripada pariwisata yang ada di kabupaten Probolinggo, setelah Wisata Gunung Bromo yang terkenal dengan wisata sunrise dan kawah Bromonya. Pemerintah setempat berusaha untuk memperbaiki sarana dan prasarana demi perbaikan ekonomi masyarakat setempat dengan selalu memantau dan mengawasi salah satu aset pemerintah yang konon pernah disinggahi oleh Raja Majapahit Prabu Hayam Wuruk dan Patihnya yang setia yaitu Gajah Mada ini.

Salah satu ikon pariwisata kabupaten Probolinggo ini bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar sungai rata-rata 5-20 meter serta kedalaman air kurang lebih 1-3 meter. Dan merupakan salah satu wisata rafting yang paling menantang di jajaran tempat wisata di Jawa Timur

Olahraga ini bisa memacu adrenalin anda, juga dapat melatih mental kerja sama anda didalam team dengan kondisi yang bisa dikatakan “Tidak Tenang”. Dikarenakan Anda akan dibagi – bagi dalam sebuah kelompok-kelompok disaat anda mengarung sungai yang penuh dengan jeram. Setiap Kelompok akan menaiki sebuah perahu karet. dan dalam satu kelompok terdiri dari 4 sampai 5 orang. Setiap orang didalam satu kelompok tersebut akan dituntut untuk dapat bekerja sama dengan baik agar supaya dapat menjaga perahu karet tidak terbalik saat perahu tersebut menabrak batu dan melewati jeram. Hal ini bisa dikatakan bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, karena berdasarkan banyak pengalaman sangat sulit untuk dapat menjaga perahu tetap melaju dengan aman tanpa menabrak dan tersangkut di batu-batu kali.

Disini Anda akan melihat pemandangan indah mengarungi sungai Pekalen dari sudut yang berbeda dari semula yang Anda bayangkan hanya sekedar sungai berbatu menjadi sebuah sungai yang asik dengan jeram-jeram besar dan kecil yang cukup menantang. disamping itu Anda akan disuguhi pemandangan air terjun kecil dan gua kelelawar yang tentu saja sangat memesona. Disini Anda bisa mengambil foto dengan sepuasnya, dengan kamera sendiri atau bisa anda mememinta tolong petugas yang khusus disediakan untuk mengambil Foto Anda. Petualangan Anda dijamin tidak akan berakhir disini. Karena di kawasan dekat pos pemberhentian anda akan menemui sebuah tantang lain dari dari petualangan ini. dan akan menantang Anda yang memiliki nyali besar untuk jumping dari atas tebing dengan ketinggian sekitar 5 meter. 

Keselamatan merupakan hal yang terpenting dalam kegiatan olahraga ini. Karena tanpa menggunakan peralatan yang digunakan untuk pengaman yang memadai serta tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional, kejadian yang tidak kita inginkan bisa saja akan mudah saja terjadi. Oleh sebab itu, Kami sangat memperhatikan dan peduli dengan keselamatan para klien kami. Pihak pengelola akan membekali setiap Anda dengan Helm untuk keselamatan, alat pelampungan, dan juga guide yang akan memandu dan menjelaskan tentang karakteristik dari sungai Pekalen, tim penyelamat yang juga akan memastikan keamanan dari jeram dan juga akan penjelasan secara singkat bagaimana cara menggunakan helm, pelampung,  serta cara berenang di sungai yang berjeram maupun tips dan trik agar supaya perahu tidak terbalik. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir untuk mencoba kegitan Adventure Rafting ini. 
Songa rafting probolinggo merupakan salah satu konsep wisata yang memadukan 2 daya tarik magnet utama wisata alam indonesia. olahraga ekstrim & keindahan alam yang dikemas dengan apik, serta di iringi dengan SDM yg memenuhi standarisasi nasional baik dalam kemampuan maupun pelayanan. pastinya akan memanjakan anda semua dibalik liarnya jeram sungai kromong. berani mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *