47 Tempat Wisata Terbaik di Bandung Jawa Barat

Posted on

Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk. Selain itu, Bandung juga merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. 

Sedangkan wilayah Bandung Raya (Wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila (Gerbangkertosusilo). Selain merupakan pusat bisnis dan pendidikan di Jawa Barat, kota yang dikenal sebagai kota kembang ini ternyata juga memiliki banyak tempat wisata menarik.

Bandung mempunyai segudang tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 47 daftar Tempat Wisata Terbaik di Bandung yang wajib harus anda kunjungi :


1. Kawah Putih Ciwidey



Terletak di Ciwidey, sekitar 50 KM di selatan Bandung, Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang paling populer, terutama di kalangan pecinta wisata alam. Kawah Putih Ciwidey, sesuai dengan namanya adalah sebuah kawah vulkanik dengan tanah yang bewarna putih. Warna putih ini karena terdapat kandungan belerang pada tanahnya. Keunikan utama dari kawah putih adalah airnya yang selalu berubah warna.
 
2. Gunung Tangkuban Perahu


Berada sekitar 20 KM di utara kota Bandung, Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung berapi yang terletak di Lembang. Keunikan dari Gunung Tangkuban Perahu adalah bentuknya yang menyerupai sebuah perahu terbalik, sesuai dengan legenda yang mengatakan bahwa Gunung Tangkuban Perahu berasal dari perahu yang ditendang hingga terbalik oleh Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah tempat wisata alam yang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang paling terkenal.
 
3. Danau Situ Patenggang


Danau Situ Patenggang berlokasi tidak jauh dari Kawah Putih Ciwidey, Bandung Selatan. Hanya berjarak sekitar 7 KM dari tempat wisata Kawah Putih, Danau Situ Patenggang ramai dikunjungi wisatawan karena pemandangannya yang eksotik. Selain menikmati pemandangan danau sambil berpiknik, anda juga dapat bermain perahu air di Danau Situ Patenggang. Danau ini dikelilingi oleh perkebunan teh, sehingga tampak seperti hamparan permadani hijau nan luas dan indah. Luar biasa!
 
4. Situ Cileunca


Destinasi yang berupa danau ini berlokasi di Kecamatan Pengalengan, Sebuah area yang berudara sejuk nan segar dikelilingi oleh perkebunan teh, Situ Cileunca (Danau Cileunca) terletak pada 1.500 m di atas permukaan laut, sehingga udara di sini begitu sejuk dan segar. Di sini Anda dapat naik perahu mengitari danau sambil menikmati keindahan alam sekitarnya. Anda dapapat berjalan-jalan melintasi jembatan menyeberangi danau tersebut, yang juga berfungsi sebagai penghubung antara dua desa.

5. Situ Lembang


Danau alam Situ lembang, yang terletak di sebelah barat Ciater, meliputi wilayah seluas 78 hektar, sekitar 40 hektar wilayah ini merupakan wilayah air. Tempat Wisata di Bandung Di dekat danau ini terdapat hutan alam yang membuat kawasan ini menjadi indah dan juga teduh. Wilayah ini direncanakan untuk menjadi obyek wisata yang akan dikelola oleh Perum Perhutani Unit III Jawa Barat.

6. Situ Ciburuy


Situ Ciburuy merupakan sebuah danau alami yang lumayan cukup terkenal dikalangan para wisatawan nusantara. Saking terkenalnya, situ ini bahkan sudah diangkat sebagai tema lagu tradisional sunda berjudul sama. Letaknya yang tak jauh dari sebuah kota di Bandung Barat, Padalarang, membuat situ ini banyak digemari oleh para pecandu wisata danau. Situ Ciburuy memiliki luas sampai 25 hektar dengan pulau yang begitu rindang di tengah-tengahnya. 

7. Air Panas Ciater


Air Panas Ciater adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena selain berfungsi sebagai sarana rekreasi, Air Panas Ciater juga mempunyai pengaruh kesehatan bagi anda. Terletak sekitar 30 KM di utara kota Bandung, sumber Air Panas Ciater berasal dari sebuah kawah aktif di Gunung Tangkuban Perahu. Berendam di air belerang Ciater sangat cocok bagi anda yang ingin beristirahat sejenak.

8. Air Panas Ciwalini


Bersumber dari air panas Gunung Patuha, Anda dapat menikmati sensasi berendam di kolam air air Ciwalini dengan efek yang menyehatkan bagi tubuh. Anda akan mendapati betapa jernihnya air panas yang ada di sana serta tidak akan mencium aroma belerang apapun. Tersedia dua kolam pemandian air panas, yaitu kolam pemandian untuk dewasa dan untuk anak-anak. Jika Anda menginginkan privasi, tersedia pula tempat mandi air panas di lokasi ini dengan kondisi yang tertutup. Eksistensi salah satu tempat wisata di Bandung ini telah dikenal sejak lama di kalangan wisatawan.

9. Air Panas Cisolok


Dari jalan Karanghawu – Cibangban masih masuk sejauh 2 km. Sebelum mencapai air panas, kita melewati jembatan gantung yang hanya berkapasitas 10 orang. Air panas ini menyembur dari sela sela bebatuan. Penanganan kawasan ini masih sangat minim, padahal merupakan salah satu aset wisata yang cukup menarik. 

10. Kolam Renang Air Panas Cimanggu


Kolam Renang Air Panas Cimanggu terdapat di daerah Bandung Selatan. Daerah wisata satu ini punya dataran landai serta agak bergelombang ditambah dengan pesona alamnya yang khas Bandung. Disini pas banget buat tempat relaksasi apalagi dengan adanya areal pemandian air panas yang tepatnya berlokasi di kawasan Ciwidey-Pangalengan. 
11. Curug Dago


Curug Dago adalah sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Coblong, Dago, Bandung. Air terjun Curug Dago memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter tingginya, namun air terjun tersembunyi ini sangatlah indah dan menarik untuk dilihat. Curug Dago tidak terlalu terkenal di telinga wisatawan, namun tidak ada salahnya mencoba datang ke Curug Dago.

12. Curug Malela


Dengan ketinggian 70 meter dan lebar 50 meter, Curug Malela merupakan air terjun terbesar yang ada di Bandung. Meski begitu menawan, namun karena lokasinya yang cukup jauh (tiga jam perjalanan dari pusat kota) serta medannya yang terjal, orang lebih banyak mendengar cerita tentang indahnya Curug Malela ketimbang melihat langsung dengan mata kepala sendiri. Jadi apabila Anda berhasil menuju air terjun ini

13. Curug Cimahi Bandung


Curug Cimahi atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan air terjun Cimahi merupakan salah satu tujuan wisata murah Bandung lainnya. Tempat wisata ini walaupun terletak tidak dekat, namun Curug Cimahi masih bisa kita datangi dengan biaya yang murah. Salah satu tempat menarik yang memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri tentu saja Curug Cimahi. Terlebih jika kita melihat air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 87 meter ini. Berasal dari Sungai Cimahi yang berhulu di Situ Lembang.

14. Curug Anom


Destinasi wisata alam ini berada dalam satu wilayah Natural Hills, Cisarua; sebuah kompleks wisata keluarga yang terbilang murah di Kecamatan Parongpong, Lembang, Bandung Barat. Di Curug Anom kamu akan menikmati pemandangan alam khas Bandung yang sungguh menawan. Kamu bisa bersantai sambil mendengarkan kicauan burung yang saling bersahutan. Meski untuk mencapainya harus memalui medan yang cukup menantang. namun kesegaran grujugan air di Curug Anom akan segera memulihkan moodbooster kamu.

15. Curug Panganten


Curug yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter ini berada di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Saat kamu berada di bawahnya, kamu akan melihat butiran air yang nampak seperti kristal berkilauan karena ditimpa sinar matahari. Lokasinya persisinya berada dalam satu wilayah dengan Wisata Alam Katumiri. 

16. Curug Tilu Leuwi Opat


Destinasi wisata yang memiliki panorama alam menawan ini terletak di Desa Cihanjuang Rahayu, Parongpong Lembang. Selain dikembangkan sebagai tempat wisata, Curug Tilu Leuwi Opat juga difungsikan sebagai tempat untuk pendidikan dan pelatihan. Memang, tempat wisata ini kurang populer dikalangan para treveler dari luar Kota Bandung, tapi tentu saja keeksotisannya tak bisa dipandang sebelah mata. Untuk sampai ke sini, kamu akan memakan jarak tempuh sekitar 2 jam dari pusat kota Bandung.

17. Sanghyang Heuleut


Lokasinya berada di Kecamatan Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat. Tempat yang menyimpan panorama alam memukau ini terbilang baru bagi warga Bandung. Namun karena gencarnya foto-foto di medsos yang diunggah anak-anak muda Bandung, membuat Sanghyang Heuleut kian ramai dikunjungi. Di sini kamu bisa berenang, bersantai, foto-foto bahkan berkemah. Oh ya, bila kamu ingin ke Sanghyang Heuleut disarankan untuk tidak datang saat musim hujan, sebab rute jalannya akan sedikit licin dan danau akan meluap.

18. Ciwangun Indah Camp (CIC)


Ciwangun Indah Camp(CIC) merupakan sebuah area wisata alam yang lengkap. CIC menjanjikan sebuah wisata alam yang cukup menarik. Disini tersedia berbagai macam arena permainan outbound yang cukup menarik bagi anak-anak, orang dewasa, maupun bagi keluarga yang ingin berlibur sambil menikmati suasana alam dan kesejukan udara pegunungan. Di CIC terdapat dua jalur flying fox berjarak 70 meter dan 250 meter. Juga tersedia two line bridge, elvis bridge, V-bridge, spider web, rock dan wall climbing, soft dan hardtrekking / hikking, serta fasilitator untuk fun games maupun teambuilding games. 

19. Grafika Cikole


Pondok Wisata ini adalah salah satu penginapan di Lembang Bandung yang ada di Terminal Wisata Grafika Cikole . Penginapan Pondok Wisata ini berada di atas bukit, di hamparan rumput yang terletak disela pepohonan pinus dengan udara sejuk dan terdapat di kaki gunung Tangkuban Perahu. Pondok Wisata di Lembang ini menawarkan atmosfer rumah pedesaan dengan interior dan eksterior yang terbuat dari kayu. Pondok Wisata dibangun dengan konsep selaras dengan alam sekitarnya.

20. Waduk Jatiluhur


Waduk Jatiluhur merupakan danau buatan yang menjadi tempat yang populer untuk melakukan olahraga air seperti berenang, ski air dan boating. Tempat Wisata di BandungDanau yang terletak di dekat kota Purwakarta atau 70 Km barat laut Bandung ini memiliki bendungan sepanjang 1200 meter dengan ketinggian 100 meter yang menahan air danau dengan luas permukaan lebih kurang 80 hektar.
 
21. Dago Pakar


Entah sekadar ingin berjalan-jalan melihat pemandangan hijau yang menyegarkan, atau mengeksplorasi 2500 spesies fauna yang ada didalamnya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sebagian hutan yang terdapat tepat di utara pusat kota Bandung ini. Dago Pakar terdiri dari dua areal berdampingan yang dibelah oleh Jl. Maribaya, dan keduanya menawarkan pemandangan berbeda namun sama-sama mengesankan.

22. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda


Taman Hutan Raya atau yang biasa disingkat dengan sebutan ‘TaHuRa’ ini jaraknya hanya 30 menit berkendara dari pusat kota. Membentang di lahan seluas 590 hektar, tujuan dibuatnya Taman Hutan Raya ini adalah sebagai hutan lindung dan kawasan konservasi bagi aneka tumbuhan dan bunga yang di Bandung. Mengambil nama dari Perdana Menteri ke-10 Indonesia, Ir. H. Djuanda, di taman ini terdapat museum yang memamerkan barang-barang peninggalan sang tokoh nasional serta berbagai artefak yang ditemukan di sekitar kawasan ini.

23. Taman Wisata Maribaya


Terkenal dengan air terjun Curug Maribaya, Taman Wisata Maribaya berlokasi di bagian utara Taman Hutan Raya. Selain dapat diakses dengan mudah melalui Lembang, taman ini juga bisa dicapai melalui jalan setapak dari Taman Hutan Raya. Perjalanan menuju Curug Maribaya sendiri menawarkan pengalaman yang mengesankan; bayangkan berjalan melintasi jalur hutan sambil menghirup segarnya udara pegunungan. Cara yang menyenangkan untuk meremajakan tubuh dan pikiran.

24. Gua Pawon


“Pawon” dalam bahasa Jawa artinya adalah dapur, namun di Bandung Pawon ini adalah nama destinasi wisata lho. Iya, di Bandung ada destinasi berupa Gua yang dikenal dengan nama Pawon. Meski belum begitu terkenal, Gua Pawon yang terletak di Desa Masigit ini pernah menggemparkan. Karena didalamnya ditemukan lebih dari 20.000 buah tulang manusia. Diperkirakan tulang belulang tadi adalah milik manusia purba, pendahulu suku sunda. Buat yang nggak percaya mungkin bisa menengok langsung Gua bersejarah ini. 

25. Wisata Batu Kuda Manglayang Bandung


Jika anda ingin menikmati indahnya Bandung dari perbukitan gunung Manglayang, tempat wisata Batu Kuda layak anda jajaki. Daerah ini ada di lereng gunung Manglayang didaerah Bandung Timur. Untuk mencapai daerah wisata perkemahan Batu Kuda, bisa dilewatidari beberapa jalur, anda juga bias lewat jalur Cibiru. Dari Bandung kota kita ambil arah Cibiru, bundaran timur kota Bandung arah Cileunyi.

26. Taman Hutan Jaya Giri


Hutan Jayagiri ini merupakan sebuah jalur pendakian ke gunung Tangkuban Perahu. Mereka yang hobby hiking biasanya lebih memilih trekking melalui jalur ini ketika hendak ke gunung Tangkuban Perahu. Hutan Jayagiri dipenuhi oleh pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Trekking di hutan Jaya Giri merupakan pilihan wajib bagi kamu yang suka naik gunung. Hutan ini juga sering dijadikan medan mountain biking karna tracknya sangat menantang. Trekking di hutan Jayagiri akan menjadi pengalaman yang seru apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Pasti bakalan memorable banget
27. Dusun Bambu Family Leisure Park


Satu jam perjalanan dari pusat kota terdapat sepenggal surga, di mana semua yang Anda lihat tampak lebih indah dari biasanya. Dusun Bambu Family Leisure Park berlokasi tepat di kaki gunung di kawasan Situ Lembang dengan udara yang begitu bersih. Bahkan untuk menuju taman ini Anda masih harus naik shuttle dari tempat parkir. Obyek wisata ini sangat ideal bagi Anda yang ingin lepas dari hiruk pikuk kota dan yang bosan dengan hiburan di mal!

28. Bukit Moko


Bukit Moko salah satu tempat yang udah gak asing lagi buat penduduk Bandung maupun luar Bandung. Bukit ini punya ketinggian 1.500mdpl, di puncak moko ini kamu bisa melihat keindahan kota Bandung saat siang maupun malam hari. Buat kesini gak mudah karena rute jalan dan kontur jalan yang cukup menanjak dan kurang bagus. Tapi jika sudah sampai atas rasa lelah kamu bisa terbayarkan sama keindahan alam yang disuguhkan.

29. Tebing Keraton 


Nah ini salah satu tempat wisata di Bandung yang terbilang cukup baru, kamu bisa melihat pemandangan indah hutan Bandung dari ujung tebing yang bernama tebing keraton. Tebing keraton berada di daerah Dago atas dan satu arah dengan jalan ke Tahura atau taman hutan raya Ir H Juanda. Untuk cara sampai ke tebing keraton kamu harus melewati jalan yang kurang bersahabat dan cukup menanjak, motor matic kadang kurang kuat untuk menanjak jika berboncengan. 

30. Kebun Bunga Cihideung


Inilah kawasan wisata bunga di Bandung dengan ragam jenis bunga yang ditumbuhkembangkan di sana, mulai dari bunga krisan, mawar, gladiol, aster, hingga pohon buah jeruk kimkit. Para penyuka tanaman bunga selalu suka untuk mengunjungi destinasi wisata Bandung yang satu ini. Anda dapat membeli bunga potong atau bunga pot dengan harga yang kompetitif. Semuanya dibalut dalam keramahan petani bunga yang sungguh berkesan di hati.

31. Kampung Gajah Wonderland


Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang mengintegrasikan secara harmonis antara kegiatan kuliner, wisata keluarga, dan belanja, Kampung Gajah Wonderland disukai karena tersedianya berbagai kegiatan wisata dan sarana hiburan yang menyenangkan. Terletak pada daerah berketinggian 900 meter dpl, Kampung Gajah memiliki panorama alam yang menyegarkan dan udara yang sejuk. Aneka wahana permainan di sana terbilang lengkap, sebuah hal yang disukai banyak wisatawan dari berbagai usia.

32. Perkebunan Teh Rancabali


Di Rancabali, Anda dapat menikmati panorama alam khas perkebunan teh yang berbukit dan berkelok-kelok dengan hamparan teh yang tertata rapi. Pesonanya semakin kental dengan perbukitan hijau yang mengelilingi perkebunan teh ini. Tujuan wisata Bandung ini mampu memberikan Anda pengalaman wisata yang unik dan berkesan dengan lanskap hijau dedaunan teh laksana permadani alam yang menawan. Hawa segar pegunungan dan latar berfoto yang menawan adalah daya tarik objek wisata di Rancabali.

33. Caringin Tilu


Caringin Tilu terletak di daerah Cicadas. Untuk mecapai Caringin Tilu, kalian harus menuju Saung Angklung Mang Udjo, darisana kalian tinggal lurus terus ikuti jalan sampai terdapat banyak warung-warung yang menghadap ke kerlap-kerlip Bandung dari bukit ini. Terdapat juga Warung Daweung yang terletak di bukit paling tinggi disini, letaknya 15 menit lagi perjalanan dari warung-warung tersbut. Di Warung Daweung ini kita bisa melihat Kota Bandung lebih jelas dan lebih atas dibanding warung-warung tadi. Di Warung Daweung ini atau yang terletak di Bukit Moko sekarang sering dijadikan spot untuk menikmati sunrise ataupun sunset di Kota Bandung.

34. Kebun Strawberry Ciwidey


Kebun Strawberry Ciwidey adalah tempat di mana anda dapat melihat dan berjalan-jalan di kebun strawberry. Selain itu anda juga dapat memetik buah strawberry sendiri. Strawberry yang telah anda petik itu kemudian akan ditimbang dan anda harus membayar sesuai dengan berat strawberry yang telah anda petik. Saran saya datanglah pada musim kemarau karena kualitas strawberry lebih bagus dari pada saat musim hujan.

35. Ranca Upas


Kampung Cai Ranca Upas Alamat Objek Wisata Ranca Upas berada di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11 Rancabali, Ciwidey Bandung Selatan. Anda bias menikmati Kolam Renang Air Hangat. Aktfitas wisata lainnya yang bisa dinikmati ialah Waterboom, War Games, ATV, Water Games, Fun Games, dan yang tidak kalah serunya ialah pengunjung dapat berhadapan langsung dengan rusa yang berada di dalam Penangkaran Rusa Ranca Upas. 

36. De’ranch Lembang


‘Wisata Kuda ala Cowboy’ itulah salah satu slogan yang dimuat di situs resminya. Memang keren abis ketika kita bisa mengabadikan momen indah dengan bergaya di atas kuda dengan kostum lengkap ala suku Indian. Wahana lain yang bisa di nikmati di De Ranch diantaranya adalah The Gold Hunter, Fun Boat, Kolam Pancing, Flying Fox, Balon Air, Sepeda Track, Sepeda, Loncat Anak, Tangkap Ikan, Trampolin, Panahan dan masih banyak lagi.

37. Saung Angklung Udjo


Saung Angklung Udjo adalah sebuah tempat pertunjukan seni dan budaya yang bersifat edukatif. Dengan berkunjung ke Saung Angklung Udjo kita akan lebih mengenal seni dan budaya Sunda dengan alat musiknya yang terbuat dari bambu. Sesuai dengan namanya, Saung Angklung Udjomemfokuskan diri ke pelestarian budaya angklung yang sekarang ini sudah mulai dilupakan. Acara yang dapat dilihat di Saung Angklung Udjo adalah wayang golek, helaran, tari topeng, dan orkestra angklung. Setiap sore di Saung Angklung Udjo selalu diadakan pentas seni rutin.

38. Museum Geologi Bandung


Museum Geologi Bandung adalah sebuah museum yang berlokasi di Jalan Diponegoro, dekat denganGedung Sate. Seperti selayaknya sebuah museum, Museum Geologi Bandung adalah sumber ilmu yang cocok untuk anak-anak. Selain sebagai sumber ilmu,Museum Geologi Bandung juga sangat menyenangkan bagi anak-anak karena di sini mereka dapat melihat fosil dinosaurus. Untuk masuk ke Museum Geologi Bandung anda tidak perlu membayar mahal.

39. Gedung Sate


Bangunan bersejarah ini yang menjadi salah satu icon Bandung dan Jawa Barat. Selain digunakan sebagai tempat kegiatan kepemerintahan, tidak sedikit yang datang untuk berwisata dan ingin mengenal lebih dekat gedung ini. Berbagai aktivitas sering dilakukan pengunjung seperti berfoto dan sekedar berkeliling atau nongkrong di sekitarnya. Tepat di sebrang jalan ada lapangan gasibu yang sering dijadikan tempat untuk mengadakan event-event yang besar.

40. Museum Konferensi Asia Afrika


Museum Konferensi Asia Afrika menyimpan kenangan sebuah hajatan dunia yang terkenal, yakni Konferensi Asia Afrika yang terselenggara di Bandung pada 18-24 April 1955 silam dengan hasilnya yang masyhur dengan sebutan Dasa Sila Bandung, yakni sebuah pedoman bangsa-bangsa terjajah di dunia dalam perjuangan memperoleh kemerdekaan. Objek wisata di Bandung yang satu ini memiliki rancang arsitektural Art Deco, dibangun dengan bahan lantai dasar marmer yang didatangkan langsung dari Italia. 

41. Monumen Perjuangan


Monumen ini juga dikenal dengan istilah “Monju” (Monumen Perjuangan). Disini terdapat koleksi peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di wilayah Jawa Barat yang ditata di ruangan pameran tetap. Monju masih belum mengelola koleksi, merawat, serta memublikasikan koleksi dengan optimal. Tempat Wisata di Bandung Monumen ini dibangun bertepatan dengan peringatan perlawanan rakyat pada masa penjajahan Belanda. Ciri khas monumen ini terletak pada relief dan panorama yang mencolok. Tidak jauh dari monumen ini terdapat Universitas Pajajaran.

42. Museum Sri Baduga


Inilah tempat terbaik jika Anda ingin mengetahui dan memperoleh gambaran tentang perjalanan sejarah alam dan budaya masyarakat Jawa Barat serta fase-fase perkembangan dan perubahannya. Museum Sri Baduga menyimpan sekitar 5.367 buah koleksi, tidak terbatas pada bentuk asli semata, tetapi juga meliputi aneka koleksi replika, miniatur, foto, serta maket. Tempat wisata sejarah di Bandung yang satu ini sangat cocok bagi Anda penyuka sejarah. 

43. Observatorium Bosscha


Observatorium Bosscha adalah sebuah tempat pengamatan bintang yang berlokasi di Lembang, kurang lebih sekitar 15 KM di utara kota Bandung. Apabila dahulu anda pernah menonton film “Petualangan Sherina” maka anda akan merasa familiar dengan tempat ini, karena Observatorium Bosscha merupakan salah satu lokasi pengambilan gambar film tersebut. Apabila anda ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha, anda harus mendaftar terlebih dahulu, tidak bisa langsung datang dan masuk begitu saja.

44. Puspa Iptek 


Wahana pendidikan ini berlokasi di kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung. Di sana terdapat lebih dari 150 buah alat peraga yang masing-masing dapat dicoba langsung oleh pengunjung. Nama Puspa Iptek sendiri merupakan sebuah singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sedangkan Sundial berarti jam matahari. Nama Sundial kemudian diambil karena pada bangunan Puspa Iptek terdapat jam matahari. Jam matahari tersebut berada tepat di bagian depan dan atas gedung. Pada bagian depan, jam matahari tersebut berbentuk vertikal, sedangkan pada bagian atas jam tersebut berbentuk horisontal.

45. Kebun Binatang Bandung


Kebun Binatang Bandung yang berlokasi dekat dengan ITB mungkin bukan pilihan utama bagi wisatawan Jakarta karena di Jakarta pun terdapat kebun binatang, namun apabila anda memiliki anak kecil tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke Kebun Binatang Bandung karena biasanya anak-anak sangat suka melihat hewan. Selain berfungsi sebagai tempat wisata di Bandung, kebun binatang ini juga berfungsi sebagai tempat menambah pengetahuan tentang hewan. 

46. Kolam Renang Karang Setra Waterpark Bandung


Kolam Renang Karang Setra pernah tercatat sebagai kolam renang terluas se-Asia Tenggara pada saat pertama kali diresmikan oleh Presiden ke-1 Indonesia, Soekarno pada tahun 1954 yang berdiri di atas lahan seluas 6 hektar. Karang Setra Waterland dibangun dengan konsep kolam renang outdoor dan memiliki aneka wahana permainan air modern, seperti Kolam Prestasi, Waterboom dengan panjang lintasan 86 meter, Kolam Naga, Aqua Play, Kolam Pantai, Water Ball, Space Ball, Bungge Trampoline, Banteng Ngamuk ,dan Ruang Gempa.
47. Trans Studio Bandung


Trans Studio Bandung adalah sebuah kawasan wisata rekreasi permainan yang berlokasi menyatu dengan Trans Studio Mall (dahulu bernama Bandung Super Mall). Secara simpel, Trans Studio Bandung adalah Dufan versi dalam ruangan. Trans Studio Bandung adalah salah satu kawasan permainan dalam ruangan yang terbesar di dunia dengan lebih dari 20 jenis permainan yang seru. Selain menyatu dengan mall, Trans Studio Bandung juga menyatu dengan 2 hotel kelas internasional sehingga tidak perlu repot bila anda ingin menginap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *