45 Tempat Wisata Terbaik di Sukabumi Jawa Barat

Sukabumi merupakan sebuah daerah yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Sukabumi terbagi menjadi dua wilayah yaitu Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi. Kota Sukabumi merupakan salah-satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat. sedangkan Kabupaten Sukabumi, adalah sebuah kabupaten di Tatar Pasundan. Ibukotanya adalah Palabuhanratu. Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor di utara, Kabupaten Cianjur di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Lebak di barat.


Sukabumi sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata pantai serta wisata sejarah semua ada di Sukabumi, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 45 daftar Tempat Wisata Terbaik di Sukabumi yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Sukabumi.
 
1. Pantai Cibangban
 
 
 
Pantai Cibangban merupakan pantai bersih dan memiliki karakteristik ombak yang lebih tenang apabila dibandingkan dengan Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ini berlokasi lebih kurang sekitar 10 km dari Pelabuhan Ratu. Untuk bisa mencapai lokasi Pantai Cibangban, anda harus ambil jalan menuju ke Cisolok. Lama waktu perjalanan dari Pelabuhan Ratu lebih kurang sekitar 1 jam. . Kebersihan di pantai  ini cukup terjaga dengan baik dan ombaknya pun lebih tenang sehingga dapat digunakan untuk berenang. Bila anda ingin menginap, tidak perlu kuatir karena banyak terdapat hotel dan cottage di sepanjang pantai. Selain panorama alamnya yang indah Pantai Cibangban memiliki air laut yang begitu jernih dan juga bersih. Jika anda datang di hari libur tempat ini akan sangat ramai dengan pengunjung.
 
2. Pantai Ujung Genteng
 
 
Pantai Ujung Genteng merupakan sebuah pantai indah yang juga memiliki penangkaran penyu hijau. Pantai ini Berlokasi di Kecamatan Ciracap, sekitar 220 KM dari Jakarta, pantai ini memang cukup jauh namun anda tidak akan kecewa ketika menyaksikan secara langsung pantai berpasir putih dengan ombak yang menggulung di Pantai Ujung Genteng. Selain itu anda juga dapat berselancar dan memancing di Pantai ini. Pantai Ujung Genteng menawarkan keharmonisan alam sehingga bisa mengobati segala kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Di sini anda dapat berselancar dan juga memancing. Pantai Ujung Genteng ini terkenal dengan “Ombak Tujuh” yang menjadi favorite peselancar, jika anda menyusuri pantai tepi pantai anda akan menemukan tempat penangkaran penyu dan setiap malam penyu tersebut naik ke pantai untuk bertelur.
 
3. Pantai Cimaja


Pantai Cimaja ini berada di Desa Cimaja, sekitar 10 KM dari Pelabuhan Ratu, Pantai Cimaja menawarkan pemandangan indah disertai ombak yang besar namun aman sehingga sangat cocok untuk kegiatan olahraga selancar. Banyak orang yang berkunjung ke Pantai Cimaja mengatakan bahwa pantai ini tidak kalah, bahkan lebih bagus dari pantai-pantai yang ada di Bali. Tak heran ada banyak turis asing yang datang berkunjung ke pantai ini, sebagian besar dari mereka adalah peselancar. Pesona keindahan tempat ini memang sudah sangat terkenal. Selain pontensinya sebagai tempat surfing, pantai Cimaja pada dasarnya memang memiliki pesona pantai yang indah. Selain bisa menyaksikan aksi-aksi para peselancar, kamu juga bisa menikmati suasana pantai dengan bermain air karna ombak di pantai ini cukup aman untuk berenang
 
4. Pantai Citepus

Pantai Cipetus berada di daerah pelabuhan ratu sukabumi. Pantai Citepus terletak di tepi jalan raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Hamparan pasirnya yang putih memanjang hingga 5 kilometer menyediakan lahan yang sangat luas untuk bermain-main. Ombak di pantai ini sangat besar kurang cocok untuk berenang namun wisatawan tetap bisa bermain air dengan gulungan ombak di titik tertentu yang dianggap paling aman. Pantai citepus yang dikenal dengan pasar monyet ini , mempunyai pesisir antai yang indah dan cocok untuk mandi dan bermanja ria dengan ombak. angin yang begitu sejuk membuat mata akan terasa ngantuk.
 
5. Pantai Cibongkok


Pantai Cibongkok, terletak di Pesisir Selatan Sukabumi. Berada di pesisir pantai Sukabumi paling barat, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Banten. Untuk mencapainya, harus melalui jalan batu hancur lebur, karena memang buat apa diaspal bagus-bagus karena yang lewat hanya truk-truk pengangkut batu saja. Suasananya tandus, gersang, dan jarang pepohonan. Tetapi, hamparan lautnya yang bersih dan berwarna biru kehijauan seakan menyejukkan mata. Disini, keadaan pantainya berupa batu. Bukan karang, tetapi benar-benar hamparan batu. Ukurannya macam-macam. Dari yang kecil sebesar kelereng, bola kasti, hingga sebesar melon. Warnanya, meski didominasi abu-abu, hitam, merah, biru, tetapi juga yang putih. Batu-batu ini seakan tidak ada habisnya diseroki penambang. 
 
6. Pantai Cipanarikan


Pantai Cipanarikan merupakan pantai yang berlokasi di Ujung Genteng Sukabumi. Pantai ini mempunyai ciri khas dengan garis pantai dan mempunyai pasir pantai yang luas.  Pantai Cipanarikan ini termasuk salah satu pantai yang bisa dibilang tersembunyi di Ujung Genteng, Sukabumi ini. Tetapi, semua akan terbayar dengan keindahan yang akan sobat traveler saksikan sendiri ketika sampai di Pantai Cipanarikan ini. Pemandangan yang sangat luar biasa antara pertemuan air laut dan air tawar muara di sini,  hamparan pasir putih terbentang luas seolah gurun pasir.
 
7. Pantai Amanda Ratu


Pantai Amanda Ratu Berlokasi di jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Di pantai ini juga terdapat beberapa vila yang bisa anda sewa apabila anda ingin bermalam dan menikmati sunset di pantai amanda ratu. Disini kita bisa menikmati laut lepas Samudera Hindia dengan deboran ombak yang memikat hati.
 
8. Pantai Ombak Tujuh 


Pantai ombak tujuh ini ada di wilayah Jampang – dikawasan wisata Ujung Genteng. Pantai ini diberi nama Pantai Ombak Tujuh oleh wisatawan asing karena ombak di pantai ini konon mampu mencapai tujuh tingkat yang menjadi kesukaan para penggemar surfing. Akses untuk mencapai pantai ini cukup susah. Anda harus melewati hutan serta tiga muara sungai dangkal. Tapi pesona keindahan yang ditawarkan pantai ini pasti akan membayar semuanya.
 
9. Pantai Cibuaya


Pantai Cibuaya merupakan pantai yang berada di kawasan wisata Ujung Genteng. Ujung Genteng sendiri memang terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata yang unik dan menarik. Jika berkunjung ke kawasan wisata ini, anda bisa mampir ke Pantai Cibuaya. Disini anda bisa menikmati pantai yang begitu tenang dan sangat nyaman untuk bermain air dan berenang.
 
10. Pantai Pangumbahan


Pantai Pangumbahan memiliki ombak yang bisa mencapai 2-3 meter yang sangat pas untuk beramain surfing. Pantai ini sangat indah dengan hamparan pasir putih dan air yang cukup bersih. Ternyata pantai ini juga memiliki keunikannya sendiri. Pantai Pangumbahan merupakan lokasi penangkaran penyu hijau (Chelonia mydas). Pada malam hari, anda bisa melihat langsung penyu-penyu bertelur di Pantai Pangumbahan dan bila beruntung, anda bisa menonton kegiatan pelepasan tukik-tukik (anak penyu) ke pantai.
 
11. Pantai Pelabuhan Ratu


Pelabuhan Ratu merupakan nama sebuah kecamatan di Sukabumi yang berjarak sekitar 60 km dari Kota Sukabumi, di daerah Pelabuhan Ratu ini terdapat beberapa pantai dengan berbagai karakter yang berbeda sehingga pengunjung bisa memilih pantai mana yang disukai untuk liburan. Pantai Pelabuhan Ratu ini merupakan pantai yang sangat terkenal di Sukabumi. Pantai Pelabuhan Ratu dikenal dengan ombak yang kuat, terdapat tebing karang terjal, curam, dan landai. Meski ombaknya tidak cocok untuk berenang, namun pesona Pantai Pelabuhan Ratu tetap layak menjadi destinasi wisata pilihan di Sukabumi. Selain itu, terdapat juga hutan cagar alam di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu. Fasilitas rekreasi di Pelabuhan Ratu dintaranya ada beberapa titik lokasi untuk berselancar yaitu di Batu Garam, Karang Sari, Samudera Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh sampai Ujung Genteng. Bagi keluarga juga cocok dengan suasana pantai berbatu karang ini, menikmati pemandangan alam pantai sambil menikmati lezatnya seafood atau mandi di pemandian air panas Cipanas, Pelabuhan Ratu.
 
12. Pantai Karang Hawu


Pantai Karang Hawu merupakan pantai yang berada di kabupaten Sukabumi dan memiliki garis pantai yang panjang. Salah satu yang bisa dikunjungi dan mempunyai pemandangan bagus adalah Pantai Karang Hawu. Pantai ini berjarak 75 kilometer dari pusat kota atau tepatnya berada di wilayah Pelabuhan Ratu. Pemberian nama Karang Hawu didapat dari keberadaan karang di sekitar pantai yang mirip dengan bentuk hawu atau tungku. Di sekitar pantai ini terdapat bukit-bukit kecil yang dikeramatkan warga karena dipercaya sebagai petilasan Nyi Roro Kidul, ratu penguasa pantai selatan Jawa. Terlepas dari cerita mistis tersebut pemandangan di Pantai Karang Hawu memang sangat keren. Wisatawan dapat berenang, memancing, surfing, atau sekedar duduk santai di sekitar pantai. Tersedia fasilitas seperti hotel, mini market, warung makan, mushala, area parkir, peralatan surfing, kios souvenir, dan buah-buahan.
 
13. Curug Awang Sukabumi


Curug Awang berlokasi di Kecamatan Ciletuh Sukabumi. Tempat ini menyuguhkan wisata alam yang masih alami dan asri. Curug Awang mempunyai ketinggian sekitar 40 meter dengan bentuk melebar sepanjang 60 meter. Di musim kemarau air terjun hanya mengalir di pojokan tebing dengan posisi yang memang lebih rendah. Tapi saat musim hujan, sepanjang tebing tersebut bisa dialiri air sehingga menampilkan penampakan layaknya air terjun Niagara. Air terjun ini memiliki pemandangan yang indah dan suasana yang segar. Curug Awang adalah salah satu curug dari aliran sungai Ciletuh. Selain Curug ini ada 2 curug lain yaitu curug Puncak Manik dan curug Tengah yang berada satu aliran sungai Ciletuh.
 
14. Curug Cikaso


Curug Cikaso ini berlokasi di Kampung Cinti Ds Cibitung Kec Cibitung sukabumi. Untuk menuju ke lokasi ini anda harus melewati lembah yang agak jauh. Curug Cikaso berada di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Curug ini berada tidak jauh dari kawasan wisata ujung genteng, jadi setelah anda menikmati pantai ujung genteng anda bisa menuju ke Curug Cikaso maupun sebaliknya. Dari lokasi parkir anda bisa menuju ke Curug Cikaso dengan dua pilihan yaitu menggunakan perahu atau dengan berjalan kaki. Air curug sendiri dipasok dari aliran sungai Cikaso sehingga warga lebih familiar dengan nama Curug Cikaso. Air terjun ini lumayan tinggi sekitar 30-an meter dengan debit air yang deras plus kolam alami berwarna biru kehijauan yang menawan. 
 
15. Curug Cibeureum


Curug Cibeureum berada di kawasan taman nasional gede pangrango kabupaten sukabumi. Untuk menuju lokasi tersebut anda harus melewati area taman nasional gede dan jarak anatar air terjun dengan pintu masuk taman nasional adalah sekitar 500 meter. Curug Cibeureum ini memiliki ketinggian terjunan air 54 meter dan berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP), dengan ketinggian sekitar 1050 meter dari permukaan laut (dpl). 
 
16. Curug Sawer


Curug Sawer berada di kawasan wisata situ gunung Kec kadudampit Sukabumi. Di sekitaran air terjun tersebut juga terdapat berbagai macam vila yang bisa anda sewa. Curug ini memiliki ketinggian sampai 25-30 meter. Curug Sawer masuk dalam pengelolaan hutan termasuk juga RPH Cipaku BKPH Gede Barat KPH Sukabumi. Di sini juga ditemui curug yang lain, yaitu Curug Cimanaracun, dimana Curug Cimanaracun adalah sumber dari danau Situ Gunung. Curug ini berjarak lebih kurang sekitar 200 meter dari Wisma Situgunung. Curug ini masuk dalam wilayah pengelolaan hutan termasuk RPH Cipaku BKPH Gede Barat KPH Sukabumi. Air terjun Curug Sawer merupakan aliran air dari sumber air Gunung Gede-Pangrango. Selain Curug Sawer, terdapat pula curug lain yang berada di atas nya seperti Curug Kembar, Curug Willy dan Curug Bengkok. 
 
17. Curug Cimarinjung


Curug Cimarinjung memiliki ketinggian sekitar 45 meter ini berada tidak jauh dari pantai Cimarinjung di teluk Ciletuh. Berada di Desa Ciemas, beberapa kilometer dari pesisir Pantai Palangpang. Ketika masuk ke kawasan Desa Ciemas, Curug Cimarinjung sudah bisa kamu lihat. Suasana pedesaan dan ladang persawahan yang alami akan segera menyambutmu di sepanjang perjalanan. Untuk mencapai titik lokasi kamu harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak selama 30 menit. Curug setinggi 45 meter ini akan menerjunkan debit air yang berlimpah yang mengubah pemandangan sekitar menjadi begitu mewah. Tebing cadas dan bebatuan di sekitar curug ini mengingatkan kita akan dunia Jurrasic Park yang dihuni hewan dinosaurus. 
 
18. Curug Cigangsa


Curug Cigangsa berlokasi Dusun Batusuhunan Desa Surade Kec Surade Sukabumi. Tempat ini berjarak sekiatar 110 Km dari pusat kota sukabumi. Untuk mengunjungi curug tersebut harus menggunakan prahu. Curug Cigangsa lebih akrab disapa Curug Luhur oleh warga sekitar. Curug ini memiliki tiga tingkat dan terbentuk akibat gempa yang mengakibatkan longsor. Memiliki debit air yang kecil, karena di bagian hulunya dibendung untuk irigasi. Yang menarik dari tempat ini adalah kamu bisa melihat dinding batunya yang berwarna kehitaman dan sebuah batu bernama Batu Masigit, atau Batu Masjid. Di sini kamu bisa menikmati keindahan curug dari dua arah, yakni dari atas dan dari bawah. Pada masa penjajahan lokasi di sekitar curug ini sering digunakan untuk tempat bersembunyi para pejuang karena lokasinya yang tersembunyi dan dianggap aman.
 
19. Curug Sentral Kabandungan


Curug Sentarl Kabandungan berlokasi di Desa Jayanegara, Kecamatan Kebandungan Sukabumi. Untuk menuju ke curug tersebut juga di perlukan sedikit perjuangan dengan melewati lembah dan perkebunan teh dengan berjalan kaki. Perjalanan menuju air terjun tersebut pun mempunyai pemandangan yang indah yang dapat menghilangkan rasa lelah anda dalam berjalan.
 
20. Curug Sodong


Curug Sodong atau Curug Penganten ini terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Aksesnya terbilang baik dengan jalan yang sudah beraspal. Saat mengunjungi tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan sawah yang masih sangat asri. Karena airnya yang bersih, Curug Sondong sering dijadikan lokasi untuk melakukan aktivitas kemah. Yang unik dari Curug Sodong adalah namanya yang mamiliki banyak alias atau nama lain. Beberapa diantaranya adalah Curug Cikanteh alias Curug Kembar alias Curug Penganten. Kolam di bawah air terjun ini sangat menggoda untuk digunakan mandi, tapi kalian harus tetap berhati-hati. Kontur tanah di dalam kolam tidak rata yang membuatnya cukup berbahaya jika tidak mahir betul berenang.
 
21. Curug Bibijilan


Curug Bibijilan berlokasi di Kampung lebak nangka Kecamatan Nyalindung Kabupaten sukabumi. Curug ini masih terlihat alami dan mempunyai air yang jernih. untuk menuju ke lokasi ini anda harus melewati jalan setapak dengan berjalan kaki. Air Terjun Bibijilan berada di kawasan wisata Buni Ayu dan memiliki ketinggian sekitar 100 m dengan airnya yang dingin dan sejuk berwarna hijau tosca meluncur dari bebatuan kapur.  Air terjun ini bertingkat-tingkat dan setiap tingkatannya dapat didaki hingga puncaknya. Jika musim hujan tiba, Curug Bibijilan tidak diperbolehkan untuk dikunjungi karena debit airnya yang tinggi dan cukup deras. Curug ini juga sering digunakan sebagai arena panjat tebing dan flying fox.
 
22. Curug Cirajeg


Curug Cirajeg terbilang asing bagi wisatawan luar Jawa Barat, bahkan Sukabumi sendiri. Letaknya yang berada di tengah-tengah sawah membuat Curug Cirajeg terbilang unik dan mengesankan. Untuk mencapainya, kamu akan membutuhkan waktu tempuh selama 2 jam dari Kota Sukabumi. Yang harus kamu perhatikan adalah: cek kondisi fisikmu sebelum ke tempat ini. Letaknya yang cukup tersembunyi bisa menguras tenagamu untuk melalui jalan-jalan setapak yang membingungkan. Tapi tenang saja, sepanjang perjalanan ke tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan alam khas Jawa Barat yang sungguh puitis.
 
23. Curug Gentong


Curug Gentong atau air terjun yang memiliki nama lain Curug Tilu Waluran alias Curug Susun terletak di Kampung Cibalok, kecamatan Waluran, kabupaten Sukabumi. Di sini traveler akan dihibur oleh air terjun tingkat tiga yang cantik. Tiap tingkat Curug Gentong mempunyai nama yang berbeda-beda lho. Mulai dari yang paling atas bernama Curug Gentong, Curug Kerut, dan Curug Goong. Meski lokasi curug ini berada di dekat jalan raya tapi belum banyak traveler yang berkunjung ke sana.
24. Situ Gunung


Situ Gunung adalah sebuah danau yang berlokasi di Kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi. Berada di kaki Gunung Pangrango, sektiar 16 KM dari Kota Sukabumi, Situ Gunung adalah sebuah danau yang sangat indah dan hijau. Danau ini adalah salah satu lokasi favorit para fotografer Indonesia, terbukti dengan banyaknya jumlah gambar Danau Situ Gunung yang beredar. Seperti layaknya sebuah wisata danau, di sini anda dapat bermain perahu, berpiknik, berkemah, memancing, dan lain-lain. Untuk yang baru pertama kali ke Situ Gunung, saya sarankan jangan pada saat malam hari karena jalan ke Situ Gunung masih minim penerangan, selain itu sinyal handphone juga kurang bagus di daerah ini.
 
25. Danau Batu Bacan


Danau batu bacan merupakan kawasan wisata danau yang berlokasi di Ds. Bojongharjo, Kec. Cikembar sukabumi. danau ini mempunyai karakteristik air yang berwarna hijau. Danau ini dahulunya merupakan pertambangan batu yang dikelola warga sekitar. namun seiring berjlanya waktu tiba tiba air muncul dan menggenangi area pertambangan hingga terbnetuk  menajdi danau yang indah sperti sekarang ini. Uniknya danau Bacan tersebut tidak memiliki air resapan yang keluar dari bebetauan yang ada di sekellingnya, Air yang berada di danau tersebut adalah air hujan yang tertampung dari tahun-tahun sebelumnya.
 
26. Situ Sukarame


Situ Sukarame adalah danau yang terletak di kaki Gunung Salak. Panorama alam yang ditawarkan di kawasan wisata ini sangat indah, hamparan kebun teh yang mengelilingi menambah pesona daya tarik pemandangan sekitar. Udara di sini pun juga sangat sejuk dan segar. Memancing dan berselancar adalah kegiatan alam yang menarik untuk dilakukan di situ ini. Situ Sukarame merupakan destinasi favorit yang banyak dikunjungi orang. Disini anda akan ditawarkan sebuah pemandangan indah di kawasan wisata dengan hamparan kebun teh yang mengelilinginya. Udara di sini juga sangat sejuk dan segar. Kegiatan alam yang menarik dilakukan antara lain memancing dan berselancar menggunakan tali melintasi situ. Tempat wisata ini biasa dijadikan sebagai tempat perkemahan bagi kominitas pramuka. Pemandangan yang hijau serta di kelilingi oleh kebun teh yang sangat luas.
27. Kawah Ratu


Kawah Ratu Berlokasi di lereng Gunung Salak, Kawah Ratu adalah sebuah kawah aktif yang mengeluarkan uap panas. Kawah Ratu adalah tempat favorit para pecinta alam karena untuk dapat mencapai Kawah Ratu, anda harus menempuh perjalanan mendaki melewati jalan setapak selama kurang lebih 3 jam. Bagi pendaki pemula, disarankan untuk tidak mendaki pada malam hari. Selain itu, jangan lupa membawa peralatan mendaki seperti sandal gunung, payung, kompas, jas hujan, senter, bekal makanan, dan lain-lain. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang untuk wisata ke Kawah Ratu namun wisatawan dari luar daerah pun banyak yang datang kesana untuk melihat keindahan dari kawah ratu. Usahakan anda menjaga jarak dengan pinggir kawah sebab kawah tersebut memiliki suhu yang sangat panas.
 
28. Tebing Panenjoan


Tebing Panenjon berlokasi di daerah desa tamnajaya Kec ciemas sukabumi, dari tempat tersebut anda bisa menikmati pemandangan daratan sukabumi dari atas tebing dengan ketinggian sekiatar 250 mdpl. Secara bahasa, panenjoan berasal dari bahasa sunda yaitu dari kata “tenjo” yang artinya melihat. Dengan ketinggian ini, Anda bisa melihat pesona keindahan alam Ciletuh yang tak bertepi. untuk menuju aksebilitas tempat ini pun tidak mudah, anda harus melewati pelabhuan ratu dan di lanjutkan menggunakan boat selama sekitar 30 menit dan di lanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak hingga samapi ke air terjun ini.
 
29. Gunung Gede Pangrango


Wisata Gunung Gede Pangrango merupakan tempat wisata yang sangat memikat. Dari puncak, Anda bisa melihat Puncak Anak Gunung Krakatau, Gunung Sumatera, perkebunan teh dan taman rekreasi. Di kawasan wisata Gunung Gede, terdapat tanaman bunga edelweiss, jika Anda perlu rekreasi untuk mengembalikan vitalitas tubuh, Anda bisa menjajal kolam pemandian air panas, santai di sekitar danau, dan mandi di air terjun. 
 
30. Bukit Karang Numpang


Bukit Karang Numpang berada di Kecatamatan Guruh Sukabumi ini bisa anda jadikan sebagai tempat ngecamp. Dan pemandangan malam dari atas ketinggian pun tak kalah indahnya dengan pemandangan bukit bintang di yogyakarta. Berada di Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi. Bukit yang beberapa waktu belakangan tengah trend di media sosial ini, terbilang baru bagi para wisatawan. Kian hari, kian banyak pendaki yang mengujungi Bukit Karang Numpang. Lokasinya sungguh asik untuk memandang indahnya Kota Sukabumi dari jauh. Kamu akan melihat barisan rumah dan lahan persawahan yang tampak seperti miniatur. Dari sini, anda bisa melihat indahnya Sukabumi dari ketinggian, barisan rumah dan hamparan alam seolah berada didalam dunia lukisan yang begitu indah.
 
31. Puncak Darma


Puncak Darma terletak di Desa Girimukti, Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Memiliki ketinggian 230 mdpl. Untuk mencapainya kamu akan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam-an. Yang menarik dari tempat ini adalah; di seperempat awal perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan desa-desa dan pohon-pohon yang rindang. Ada juga perkebunan lengkuas, kunyit, jahe dan cengkeh. Percayalah, rasa bosan tidak akan kamu rasakan saat mengunjungi Puncak Darma.
 
32. Arung Jeram Sungai Citarik


Arung Jeram Sungai Citarik merupakan salah satu tempat wisata Sukabumi yang paling terkenal. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, antara lain arung jeram, flying fox, paint ball, team building, dan lain-lain. Biasanya Sungai Citarik digunakan untuk kegiatan rekreasi perusahaan karena sifatnya membangun kerja sama tim. Bagi pengunjung yang datang dengan grup kecil, tak usah khawatir karena pengunjung arung jeram di Sungai Citarik sangat banyak sehingga dapat bermain arung jeram beramai-ramai. Bagi para penggemar rafting, tempat ini pasti sudah tidak asing lagi karena sungai citarik memang memiliki jeram yang sangat pas untuk rafting. Tingkat kesulitan arung jeram di sungai Citarik ini masuk dalam kelas III hingga kelas IV.
 
33. Arung Jeram Sungai Cicatih


Sungai Citatih merupakan alternatif wisata petualangan serta kerja sama tim di Sukabumi. Karakter Sungai Citatih dengan Sungai Citarik sangat berbeda. Sungai Citatih memiliki air yang lebih deras, juga jalur yang lebih panjang, sungainya lebih lebar, dan tantangannya pun juga lebih mendebarkan. Sungai Citatih cocok bagi anda yang ingin memacu adrenalin karena Sungai Citatih mmpunyai tantangan yang lebih seru. Tapi untuk para pemula arung jeram, lebih baik mencoba Sungai Citarik terlebih dahulu. Sehingga petualangan yang menegangkan akan segera dimulai. Namun ketika akan mencoba sungai Cicatih ini benar-benar yang telah berpengalaman. Untuk pemula disarankan menggunakna sungai Citarak saja yang lebih nyaman untuk mencoba sebagai pengalaman baru.
34. Sumber Air Panas Cikundul


Sumber Air Panas Cikundul merupakan tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi di Sukabumi. Tempat wisata ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata terakhir ketika berada di Sukabumi. Hal itu dikarenakan saat anda lelah berkeliling di tempat wisata di Sukabumi anda bisa meredakan lelah anda dengan berendam di sumber air panas ini. Air panas dipercaya bisa menghilangkan kaki pegal-pegal, meredakan gatal-gatal dan menghilangkan nyeri sendi. Tidak hanya itu saja anda akan dibuat terpesona dnegan pengunungan yang ada di sekeliling pemandian air panas tersebut. Anda juga bisa melihat Sungai Cimandiri yang unik dan menarik. Keunikan yang ada di Sumber Air panas ini adalah meski hujan turun, air di sumber air panas itu tetap terasa hangat dan panas. 
 
35. Pemandian Air Panas Cisolok


Pemandian air panas Cisolok merupakan salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi jika ingin melepas lelah atau ingin mengembalikan semangat dan energi tubuh. Wisata air panas Cisolok memiliki keistimewaan berupa menyemburnya air dari tiga titik semburan air panas. Suhu air cukup tinggi, kurang lebih 80 derajat celcius. Lokasi dapat dijangkau dalam waktu kurang lebih 10 menit dari Pantai Pelabuhan Ratu melalui Jl. Cipatuburan Pelabuhanratu.
 
36. Gua Buniayu


Gua Buniayu merupakan tempat wisata di Sukabumi yang paling menghabiskan tenaga. Goa Buniayu adalah goa yang besar dan dalam, untuk dapat menikmati seluruh tantangannya, anda akan membutuhkan badan yang sehat dan kuat. Dengan lama perjalanan dalam goa sekitar 5 jam, tenaga anda akan terkuras habis karena medan yang ditempuh tidak hanya berupa jalan lurus saja, melainkan melewati danau lumpur, berpegangan pada pinggir tebing, memanjat tebing, melewati tumpukan batu, dan lain-lain. Selama perjalanan dalam goa, anda akan dapat menikmati pemandangan yang tidak dapat anda jumpai di permukaan bumi, sehingga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Ingat, hanya yang berbadan sehat saja yang dapat menaklukan tantangan Goa Buniayu. Di dalam goa, anda akan menemui pemandangan yang tidak bisa anda temui di permukaan bumi, pastinya akan menjadikan hal ini sebagai pengalaman yang tak terlupakan. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk backpacker  yang hobi dengan petualangan.
 
37. Gua Lalay


Gua Lalay merupakan sebuah gua kelelawar yang keberadaannya tak jauh dari bibir pantai Pelabuhan Ratu. Dari Gua Lalay, Anda bisa menyaksikan keindahan sinar matahari tenggelam bila Anda sudah berada di bibir gua. Di dalam gua Anda bisa melihat berbagai bentuk stalakmit dan stalaktit yang masih menitikkan air. Di dalam Gua Lalay terdapat sungai bawah tanah yang sering digunakan oleh penduduk setempat memancing udang. Lokasi bisa dijangkau dalam waktu 1-2 jam melalui Jl. Nasional III dan Jl. Pelabuhan II
 
38. Situs Purba Megalitik


Situs Purba Megalitik merupakan tempat wisata sejarah yang bisa anda kunjungi adlaah Situs Purba Megalitik. Tempat wisata ini didirikan sebab secara tidak sengaja ditemukannya beberapa benda dalam Situs Megalitik Cengkuk. Karena penemuan tersebut banyak yang menduga bahwa lokasi Situs Megalitik pada jaman terdahulu menjadi psuatnya kebudayaan zaman dari megalitik menuju ke zama logam. Benda yang ditemukan disana adalah pipa rokok, gentong yang terbuat dari tanah liat dan yang terakhir adalah mangkuk dari porselen. Tahun sebelumnya disana juga ditemukan berbagai macam benda purbakala lainnya, yaitu tepatnya tahun 2007 disana ditemukan beberapa benda seperti  perunggu dengan ukiran India, cawan yang digunakan sebagai tempat perhiasan, potongan patung bentuk kaki burung dan terbuat dari emas dan yang terakhir adalah potongan patung Dewa Siwa. Benda itulah yang dijadikan sebagai tontonan ketika berada di tempat wisata ini.
 
39. Taman Rekreasi Selabintana


Taman Rekreasi Selabintana adalah sebuah tempat wisata Sukabumi yang menawarkan suasana asri dari hijaunya pegunungan, taman rekreasi ini berlokasi di kaki Gunung Pangrango, sekitar 7 km dari utara kota Sukabumi, dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang wisata. Taman Rekreasi Selabintana sangat cocok untuk keluarga yang ingin berpiknik di hijaunya pegunungan yang asri. Fasilitas yang dimiliki oleh Taman Rekreasi Selabintana yaitu: tempat parkir, kolam renang, mushola, toilet, kawasan bermain, lokasi kemah, penginapan, perkebunan teh, hutan lindung, permainan ATV, permainan flying fox, dan fasilitas lainnya. Disini anda akan disiguhi taman wisata dengan hamparan rumput luas yang bisa kamu gunakan untuk guling-guling atau menggelar tikar bersama dengan keluarga. Suasana disini sangat sejuk, yang membuat lebih betah menghabiskan waktu disini.
 
40. Taman Nasional Gunung Halimun Salak


Taman nasional gunung halimun salak merupakan tempat wisata alam di sukabumi yang mempunyai luas 113.357 hektar ini berlokasi di jalan Raya Cipanas, Kecamatan Kabandungan sukabumi. Dikawasan hutan lindung tersebut terdapat berbagai macam air terjun yang bisa anda kunjungi. Dan aliran sungai di kawaan tersebut masih sangat jernih yang bisa anda gunakan untuk bermain air bersama keluarga tercinta. Tempat ini juga sering di jadikan sebagai kawasan bumi perkemahan dan juga kegiatan outbound. Kegiatan pembuatan video cpmersil dan juga penilitian juga sering di lakukan di kawasan ini. Taman Nasional ini adalah yang terbaik dan satu-satunya yang mempunyai hutan lengkap di Pulau Jawa. Hewan-hewan langka yang dapat dilihat di TNGH adalah owa (Hylobates moloch), surili (Presbytis comata), macan tutul (Panthera pardus), dan elang jawa (Spizaelus barteisi).
 
41. Kampung Ciptagelar


Kampung Ciptagelar adalah sebuah kampung yang berumur sekitar 650 tahun dengan adat turun temurun sehingga berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman yang unik dan tak terlupakan. Kampung Ciptagelar terletak di Kecamatan Cisolok, Sukabumi. Untuk bisa melihat wisata budaya dari Kampung Ciptagelar, anda harus melewati perjalanan yang lumayan sulit. namun semua akan terbayarkan karena budaya Kampung Ciptagelar adalah kebudayaan yang tidak dapat anda temui di daerah lain. Di kampung ini pula kalian akan menemukan sekelompok masyarakat yang masih memegang tinggi tradisi leluhur. Kelompok masyarakat yang tinggal di kampung ini disebut masyarakat kasepuhan.Tempat wisata yang satu ini pun merupakan sebuah cagar budaya yang sangat terpelihara dan dijaga kelestariannya.
 
42. Pondok Halimun


Pondok Halimun merupakan destinasi wisata lainnya yang ada di Sukabumi yang harus anda kunjungi Obyek wisata yang ada disini akan menawarkan anda berbagai macam keindahan alam dan juga hawa pegunungan yang masih sepi dan segar. Tidak hanya itu saja pengunjung bisa melihat perkebunan teh yang membentang di jalan menuju pondok tersebut. Bisa dikatakan pondok ini cocok bagi wisatawan yang ingin menenangkan diri dan melupakan segala kepenatan yang ada di dalam pikiran. Untuk menuju ke tempat ini anda harus menempuh perjalanan sekitar 12 km dari pusat Kota Sukabumi. Pondok Halimun ini banyak disebut dengan PH. PH memiliki hawa yang sejuk dan pemandangan alam yang indah dikarenakan letak deri PH ini berada di ketinggian 1000 meter. Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan disini diantaranya adalah berkemah, outbond dan lain sebagainya. Pondok Halimun pun sering dijadikan sebagai tempat perkemahan untuk acara persami dan acara perkemahan lainnya.
 
43. Geopark Ciletuh


Geopark Ciletuh adalah tempat wisata di Kota Sukabumi yang masih terbilang alami dengan suguhan panorama alam yang sangat memikat, dengan pemandangan pegunungan, pantai, bukit, hingga bebatuan purba. Geopark Ciletuh berada di Kecamatan Ciemas. Di area wisata ini juga terdapat air terjun, antara lain Curug Cimarinjung, Curug Cikanteh, Curug Ngelay. dan Puncak Manik. Lama perjalanan menuju Geopark Ciletuh sekitar 5 jam dari pusat Kota Sukabumi. Disini anda akan disuguhi sebuah Geopark dengan bentang alam yang unik. Dikawasan ini, anda bisa menikmati bermacam-macam tempat wisata. Ada banyak curug disini seperti curug Cimarinjung, Cikanteh, Sodong, Awang dan Ngelay. Bahkan ada curug yang mendapat julukan little Niagara karena bentuknya yang seperti air terjun Niagara, yakni Curug Awang.

44. Waterboom Nagrak


Taman wisata waterboom nagrak sukabumi adalah  Taman wisata terbaru yang ada di suka bumi.disini anda bisa menikmati wahana koalm renang terbesar di suka bumi cibadak.dan waterboom tersebut mempunyai fasilitas lengkap seperti kolam ombak, kolam olyimpic 50 meter indoor, kaloam water slide, koalam emeber tumpah, Kolam tornado slide, Kolam adrenalin slide, Kolam Paus slide, Kolam sircle slide, musola, pendopo, kantin, tempat sewa ban, wahana permainan water ball dan terapi kesehatan

45. Ryzzy Azzahra Waterpark


Ryzzy Azzahra Waterpark Selabintana Sukabumi adalah salah satu Obyek Wisata yang ada di Sukabumi tepatnya di Jalan Salabintana KM 6 Karawang Sukabumi. Obyek Wisata ini luas awalnya sekitar 1.2 hektar dan sekarang sudah menambah lahan lagi sehingga semakin luas. Banyak Fasilitas menarik seperti water slide, Shocking adrenalin, Snow hill, Terowongan, kolam ember tumpah (waterboom) dan masih banyak yang lainnya. Rizzy Azzahra Waterpark sangat cocok sebagai tempat tujuan wisata di sukabumi. Kini Obyek Wisata Air Ryzzy Azzahra bisa memakai jalan masuk dari arah timur depan Perum Pesona Selabintana, jadi tidak harus masuk jalan ke karawang seperti sebelumnya selain jalannya yang kecil juga macet. Jalan masuk arah timur cukup besar dan cukup dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *