38 Tempat Wisata Terbaik di Padang Sumatra Barat

Posted on

Padang merupakan daerah terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Barat. Padang sendiri merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia. Padang merupakan Daerah dengan jumlah penduduk paling banyak di provinsi Sumatera Barat. Berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS).

Padang sendiri semakin berkembang tiap tahunnya, dan makin menunjukkan daerah ini siap menyaingi Medan sebagai metropolisnya Sumatera. Namun demikian, Padang tetap menyimpan kearifan lokal yang membuatnya tetap bersahaja dalam segala modernitas yang mulai tumbuh di sana. Banyak orang yang bilang beruntung sekali jadi orang Padang karena diberkahi banyak keistimewaan. 

Padang mempunyai segudang tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 38 daftar Tempat Wisata Terbaik di Padang yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Padang

1. Pantai Padang

 
 
bagi warga kota padang, pantai padang sering juga di sebut dengan Taplau ( Tapi Lauik ), Pantai padang adalah salah satu tujuan wisata kalau ke kota padang. Tapi kalau malam hari di sini sangat rame para muda mudi nongkrong dambil menikmati jagung bakar atau pisang bakar. kalau pada malam minggu pada persimpang empat selalu ada atraksi mobil.
 .
2. Pantai Nirwana
 
 
Pantai nirwana merupakan salah satu tempat wisata di padang yang menyajikan panorama pantai yang sangat memukau. Pantai yang terletak sekitar 14 km ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai padang yang sering dikunjungi. Pantai nirwana ini sangat terkenal dengan panorama sore dan malamnya yang memukau. 
 

3. Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis)


Pantai Aie Manih atau biasa disebut dengan pantai air manis merupakan salah satu pantai yang paling terkenal sebagai tempat wisata di Padang. Pantai ini sengat terkenal dengan legenda Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu karena jika anda mengunjungi pantai ini maka anda akan menemukan batu Malin Kundang yang ada di pantai. 
 

4. Pantai Pasir Jambak


Pantai Pasia JambakTerletak 20 Km dari pusat kota arah ke utara melalui jalan raya Padang-Bukittinggi, pada Km ke 14 berbelok ke kiri menuju ke pantai Pasir Jambak. Pantai ini berpasir putih, lebar, landai dan dipenuhi oleh pohon-pohon kelapa. Tersedia fasilitas wisata berupa pintu gerbang, tempat parkir, panggung hiburan, warung makanan, home-stay, gazebo, dan penyewaan perahu. 
 
5. Pantai Caroline


Merupakan obyek wisata pantai yang dilengkapi dengan fasilitas penginapan, cottage, restoran, panggung kesenian, dan taman bermain yang cukup luas. Terletak di Teluk Bungus, 25 km di selatan Kota Padang, dapat dicapai dengan taxi atau angkot jurusan Bungus. Dari Pantai ini wisatawan juga dapat menyewa motor boat atau perahu nelayan untuk pergi ke pulau-pulau karang yang berada di depannya.
 
6. Pantai di Mentawai 


Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan ibu kota Tua Pejat – Sipora berada lebih kurang 135 km dari Kota Padang dapat dicapai melalui laut dengan memakan waktu antara 6-10 jam. Selain memilki pantai yang indah dengan hamparan pasir putihnya, aktivitas wisata atraksi atau bahari yang terkenal adalah kegiatan selancar (surfing) yang dapat dilakukan disekitar pulau Siberut dan Sipora. Akomodasi bagi pengunjung terdapat di beberapa kota kabupaten dan kecamatan.
 
7. Air Terjun Tigo Tingkek


Air Terjun Tigo Tingkek atau Air terjun tiga tingkat berada di di desa Koto Lubuk Hitam, Cindakia, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Jarak dari pusat kota ke air terjun ini sekitar 25 km. Sesuai dengan namanya, ada tiga air terjun yang bisa dinikmati pengunjung.
 
8. Air Terjun Nyarai


Objek wisata Air Terjun Nyarai terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Air Terjun yang dulunya tersembunyi di Hutan Gamaran ini kini menjadi salah satu primadona wisata di Sumatera Barat. Bahkan nama Gamaran sudah tersohor hingga ke skala nasional.
 
9. Air Terjun Sarasah Banyak Gariang


Objek wisata ini juga terletak di Ulu Gadut, tepatnya di kaki Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Kel. Limau Manis Selatan, Kec. Pauh. Air terjun ini mempunyai ketinggian + 60 meter. Dibanding dengan Air Terjun Sikayan Balumuik objek wisata ini paling banyak pengunjungnya. Selain jaraknya relatif dekat yaitu 2 km dari LIK Gadut, juga medannya tak begitu sulit untuk ditempuh. Perjalanan ke lokasi ini hanya menempuh waktu + 40 menit. 
 
10. Danau Singkarak


Merupakan danau yang terbesar di Sumatera Barat dengan panjang 21 km yang terletak di pinggir jalan raya Padang Panjang – Solok. Di sekitar danau terdapat beberapa tempat untuk beristirahat dan bersantai serta tersedia juga berbagai fasilitas sampan, boat dan hotel. Tersedia juga fasilitas untuk mengelilingi danau dengan pemandangan yang indah.
 

11. Danau Di Atas dan Di Bawah 


Kedua danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Kedua danau tersebut terletak di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kab. Solok, berjarak kurang lebih 47 km dari Kota Solok dan 56 km dari Kota Padang. Keunikan dari danau kembar tersebut adalah untuk menuju Danau Di atas, kita harus melalui jalan yang menurun sedangkan untuk menuju Danau Dibawah, kita harus melalui jalan yang mendaki. Di sekitar danau ditanam buah markisa dengan rasa yang manis, sayur-sayuran, dan kentang.
 
12. Danau Maninjau


Danau Maninjau sebuah danau yang terletak di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Untuk mengunjungi danau ini, menempuh sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, 27 kilometer dari Lubuk Basung, 36 kilometer dari Bukittinggi. Danau yang tercatat sebagai danau terluas ke-11 di Indonesia dan terluas ke-2 di Sumatera Barat. 
 
13. Pulau Sikuai


Pulau Sikuai, salah satu pulau yang terletak di sisi barat Pulau Sumatera hanya terletak sekitar setengah mil laut dari kota Padang dan dapat dicapai menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh 35 menit berangkat dari dermaga airud Bungus. Pengunjung pulau dapat menginap di hotel resort yang dilengkapi fasilitas hotel berbintang dua. Resort ini menyediakan 21 buah cottage dengan kapasitas sekitar 45 kamar. 
 

14. Pulau Cubadak


Pulau Cubadak adalah salah satu pulau di kawasan Mandeh – Pesisir Selatan yang telah dikelola menjadi objek wisata berskala internasional oleh investor dari Italia. Resor ini memiliki 13 bungalows dan satu suite dengan arsitektur alam yang didukung oleh beberapa sarana penunjang untuk kegiatan diving, fishing, dan snorkeling. Resor ini dilengkapi pula dengan motor boat, dermaga dan beberapa fasilitas bahari lainnya.
 
15. Lembah Anai


Mengunjungi berbagai tempat wisata di Padang, Lembah Anai merupakan salah satu destinasi wisata Padang yang wajib untuk anda kunjungi. Lembah Anai merupakan salah satu maskot wisata di kota padang bahkan Sumatera barat. Di lokasi lembah ini anda akan dimanjakan dengan berbagai panorama alam yang sangat memukau dan menyejukkan mata anda sehingga sangat cocok untuk merilekskan pikiran anda dari penatnya kegiatan sehari-hari. 
 

16. Jembatan Siti Nurbaya


Berkunjung ke kota Padang maka belum lengkap rasanya jika belum menikmati keindahan jembatan siti nurbaya. Jembatan dengan panjang kurang lebih 60 meter yang menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya ini merupakan jembatan ikonik yang namanya diambil dari cerita terkenal Siti Nurbaya. Membentang gagah sejauh 260 meter, jembatan ini menjanjikan panorama yang memukau ketika senja mulai datang. 
 
17. Museum Adityawarman


Museum Adityawarman salah satu museum yang paling terkenal di kota Padang. Museum yang telah menjadi ikon di kota Padang ini merupakan tempat wisata di Padang yang wajib anda kunjungi. Museum Adityawarman yang dibangun pada tahun 1974 juga merupakan Taman Mini-nya kota Padang dimana terdapat berbagai jenis benda peninggalan sejarah kota Padang.
 
18. Panorama Sitinjau Lauik


Sitinjau Lauik ini berada di kaki / lereng Gunung Talang. Gunung Talang sendiri adalah gunung yang berada paling dekat dengan Kota Padang dengan ketinggian 2690 meter. View yang disajikan adalah view pegunungan, hamparan kota padang dan suguhan samudara hindia, apalagi disambil nyurumput teh hangat, atau secangkir kopi membuat kita berlama-lama disini.
 
19. Pemandian Lubuk Minturun


Pemandian lubuk minturun. Cuma jarangan orang ke sini, apadahal di sini tempatnya sangat alami dan airnya langsung dari gunung, tanpa ada bahan2 lain 100% asli dari alam. Kalau anda berasal dari luar kota atau yang baru tinggal di kota padang, bagaikan sayur tanpa garam kalau belum mencoba mandi di pemandian lubuk minturun. 
 

20. Tirta Alami

Objek wisata Tirta Alami ini berada di Kandang Ampek, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Padang Pariaman. Kawasan ini juga lebih dikenal dengan Anai Resort. Lokasinya terletak di jalur lalu lintas Padang-Bukittinggi. Kolam pemandian di Tirta Alami ini sesuai dengan namanya, ‘Alami’. Kolam-kolamnya juga terbuat dari batu alam, sementara itu airnya berasal dari mata air di Gunung Tandikek. Seger, dingin, dan yang jelas airnya bersih karena selalu mengalir.

21. Puncak Anai (Pemandian dan Camping Ground)


Masih dalam kawasan Anai Resort, ada juga tempat pemandian yang belum lama ini dibangun, namanya adalah Puncak Anai. Disini juga ada kolam pemandian dengan air alami dengan tiga kategori yaitu anak-anak, remaja dan dewasa.
.
22. Lubuk Paraku


Objek Wisata pemandian alam yang satu ini berada di jalan lintas Padang-Solok tepatnya di kilometer 15. Kalau Dunsanak dari Padang menuju Solok lokasinya berada persis pada sebuah tikungan sebelum memasuki tanjakan ke Sitinjau Lauik. 
 
23. Batang Tabik


Batang Tabik secara administratif berada di Kenagarian Sei Kamuyang Kecamatan Luak Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Keistimewaan Batang Tabik ini adalah airnya yang alami yang berasal dari sumber mata air, sehingga sangat jernih dan bersih. Menurut cerita dari generasi ke generasi mata air Batang Tabik berasal dari sebuah mata air di danau singkarak. Katanya sumber airnya tersebut sangat besar sehingga dimasukkan batu ke dalamnya agar airnya tak meluap.
 
24. Lubuak Mato Kuciang


Objek wisata pemandian Lubuak Mato Kuciang di Kota Padang Panjang ini sudah terkenal sejak dulunya. Namun sekarang poplaritas mulai meredup. Apalagi sejak dibangunnya Mifan Waterpark. Lokasi Lubuak Mato Kuciang tepatnya berada di Kelurahan Pasar Usang, Kota Padang Panjang. Airnya berasal dari air pegunungan yang bersih, sejuk dan jernih layaknya mata kucing (mato kuciang).
 

25. Lubuak Bonta


Pemandian Lubuak Bonta sudah terkenal di Sumbar sejak era 1970-an. Tempat ini dulunya sangat ramai didatangi pengunjung ketika tradisi balimau menjelang masuknya Bulan Ramadhan. Lokasinya berada di Korong Tarok Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.
 
26. Pemandian Alam Sako Tapan


Pemandian Alam Sako Tapan adalah sebuah lokasi objek wisata yang terkenal alami dan selalu dikunjungi oleh masyarakat Tapan dan sekitarnya terutama pada akhir pekan dan hari libur. Objek wisata ini menjadi tempat melepas lelah dan menghilangkan kesuntukan bagi masyarakat Tapan dan luar Tapan
 
27. Tapian Puti


Objek wisata pemandian Tapian Puti ini merupakan pemandian alam dimana airnya mengalir di atas kolam-kolam batu yang bertingkat. Dari satu kolam ke kolam lain terbentuk air terjun kecil. Untuk menuju ke Tapian Puti aksesnya melalui nagari sikabu kecamatan Lubuk Alung tepatnya di korong Sikabu Bukik. Jaraknya sekitar 40 km dari kota padang. 
 
28. Air Panas Bukik Kili


Objek wisata air panas Bukik Kili ini terletak di Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Jaraknya dari Kota Padang sekitar 54 kilometer. Untuk menuju kesini, anda dapat menggunakan kendaraan roda dua ataupun dengan kendaraan roda empat. Dan sangat disarankan menggunakan mobil yang bisa dirental di Kota Padang.
.

29. Jam Gadang


Jam Gadang merupakan bangunan menara yang tinggi menjulang dengan megahnya, beratapkan khas Minangkabau, terletak di tengah kota Bukittinggi. Jam Gadang menjadi landmark dan lambang kota Bukittinggi, dibangun di atas bukit yang bernama Bukit Kandang Kerbau pada jaman Pemerintahan Belanda tahun 1827 oleh Contraleur (Sekretaris Kota) Rook Maker. 
 
30. Terowongan (Gua) Jepang


Terowongan ini panjangnya lebih 1.400 meter berkelok-kelok dibuat oleh tentara Jepang pada periode 1942, terletak di tengah taman panorama di Ngarai Sianok di bawah kota Bukittinggi, dengan lebar lebih 2 meter. Di dalam gua terdapat berbagai keperluan ruangan untuk kantor, rumah sakit, makanan dan persenjataan. Pintu masuk gua terdapat dibeberapa tempat, seperti di Ngarai Sianok, di Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.
 
31. Ngarai Sianok


Ngarai Sianok atau Lembah Pendiam ini merupakan suatu lembah yang indah, hijau dan subur, didasarnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing yang berwarna-warni dengan latar belakang gunung Merapi dan Singgalang yang menghijau merupakan alam yang mempesona. Keunikan Ngarai ini mudah dicapai, sebuah Ngarai di pusat kota yang tidak ditemui di kota-kota lainnya di dunia.
 
32. Anai Resort Golf Course 


Anai Resort terletak 550 m di atas permukaan laut. Merupakan Golf Course terbaik di Sumatera Barat yang berstatus Internasional dengan 18 hole, dirancang oleh Designer Lapangan Golf International Thomas dan Perret. Berbagai fasilitas terdapat di lokasi bungalow seperti kolam renang alami dan restoran.
 
33. Ngalau Indah


Dua km sebelum memasuki kota Payakumbuh dari arah Bukitinggi kita akan sampai ke sebuah gua alam dengan stalagnit dan stalagmit pada langit-langit gua yang cukup menarik. Di dalam gua ini kita akan mendengar suara kelelawar yang berterbangan di sekitar kita dan merasakannya tanpa dapat melihatnya. Di luar gua ini kita akan menikmati taman dengan pohon-pohon yang rindang menambah kesejukan dan keindahan alam.
 
34. Istana Pagaruyung


Istana ini dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang mempunyai ciri khas Minangkabau. Di dalam istana terdapat barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Pagaruyung adalah lokasi kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan.
.
35. Lembah Harau


Merupakan cagar alam dengan bukit kapur yang curam dengan ketinggian 100 sampai 150 m yang terletak 14 km dari Payakumbuh. Disini juga ditemui lima buah air terjun yang selalu mencurahkan airnya yang jernih. Di tempat ini juga tersedia fasilitas untuk berkemah bagi wisata remaja dan kegiatan mengelilingi cagar alam melalui jalan setapak. Direncanakan cagar alam ini akan menjadi taman margasatwa yang pertama di luar Pulau Jawa.
 
36. Kawasan Bukit Langkisau


Bukit Langkisau memiliki ketinggian 1.000 kaki yang terletak antara Desa Salido dan Kota Painan-Pesisir Selatan. Selain dapat menikmati pemandangan yang memukau ke laut lepas, kawasan bukit langkisau juga dimanfaatkan sebagai sarana olahraga terbang layang dengan lokasi pendaratan di pantai Carocok atau pantai Salido.
.
37. Jembatan Akar Pesisir Selatan


Terletak sekitar 30 menit dari Painan, Jembatan Akar merupakan salah satu objek wisata paling unik di Sumatera Barat. Jembatan hidup yang melintasi sungai Bayang ini terbuat dari akar dua bohon beringin yang saling bertautan. Berbeda dengan jembatan pada umumnya yang semakin lama semakin lemah, jembatan akar dengan bertambah usianya pohon beringin semakin bertambah kuat.
.
38. Sianok Canyon Great Wall Bukittinggi


Ngarai Sianok telah terkenal dengan pemandangan alam ngarai nya yang indah, walaupun dulu tempat ini kebanyakan hanya di kenal oleh masyarakat lokal Sekarang, tempat yang indah ini sudah selayaknya di kenal oleh masyarakan luas, bukan hanya skala lokal Bukittinggi dan sekitarnya, namun juga skala nasional, bahkan internasional. 

11 thoughts on “38 Tempat Wisata Terbaik di Padang Sumatra Barat

  1. itu gambar untuk sianok canyon great wall nya kagak salah, min?

  2. I always used to study paragraph in news papers but now as I am a user of net so from
    now I am using net for articles or reviews, thanks to web.

  3. aduh bagus banget jdi ingat kakanda yang meninggal di padang selamat jalan kakanda semoga engkau tenang di sana ,doaku selalu .salam buat keluarga di padang semuanya di pesisir selatan teteh martinah dari jogja

  4. Harus dieksplor lagi gan… agar destinasi wisata Sumatera Barat semakin dikenal luas. Tahunya tempat wisata Sumatera Barat hanya tiga…Lembah Anai, Mentawai sama Jam Gadang 🙂
    Kami ada buku untuk Pemasaran Pariwisata.
    Silahkan kunjungi Hon Book Store.

  5. Terimakasih untuk info wisatanya yang bermanfaat, mohon di infokan untuk referensi penginapan yang berada didekat danau singkarak. trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *