28 Tempat Wisata Terbaik di Medan Sumatera Utara

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara. Daerah ini merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dan kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata penangkaran orang utan di Bukit Lawang, serta kawasan Danau Toba.

Medan mempunyai segudang Tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 28 daftar Tempat Wisata Terbaik di Medan yang wajib harus anda kunjungi :
 
1. Gunung Sibayak 
 


Gunung Sibayak adalah sebuah gunung yang menghadap ke kota Berastagi di Sumatera Utara. Orang suku Karo menyebut gunung Sibayak dengan sebutuan “gunung Raja”. Gunung Sibayak merupakan gunung berapi dan meletus terakhir tahun 1881. Gunung ini berada di sekitar 50 kilometer barat daya Kota Medan. Gunung ini merupakan salah satu gunung api teraktif di Sumatera. Bila kita akan mengunjungi gunung ini maka kita harus pergi ke Tanah Karo atau dalam istilah populernya artinya “Gunung Raja”. Tempat ini sangat cocok bagi siapa pun yang menginginkan tempat wisata yang indah dan dapat melihat matahari terbit dengan jelas dan cerah. Di dekat gunung ini terdapat tempat makan enak di Medan.
 
2. Pulau Samosir 
 
 
Tempat wisata di Medan yang sebetulnya satu wilayah dengan Danau Toba adalah pulau samosir. Menurut kabar dari penduduk setempat, pulau Samosir inilah yang menjadi ikon menarik dalam dunia pariwisata di Sumatera Utara (tempat wisata di medan dan sekitarnya). Secara geografis, pulau ini memiliki tinggi seribu meter dpl yang wilayahnya masih murni natural. Jika kita hendak menetapkan tujuan safari ke pulau Samosir, maka kita akan mendapatkan pengetahuan tambahan tentang riwayat suku Batak. Konon, di atas pulau ini, kita bisa mempelajari atau melakukan riset dalam budaya maupun tradisi Batak.
 
3. Air Terjun Dwi Warna Sibolangit 


Air Terjun Dwi Warna Sibolangit terletak di Kecamatan Sibolangit. Air terjun ini menyajikan gemericik air  yang cantik. Hanya menghabiskan waktu dua jam dari kota Medan, kita bisa sampai di kawasan alam Sibolangit. Di sisi lain, pepohonan yang merimbun di sekitar air terjun membuat suasana pegunungan yang begitu sejuk sekaligus penuh panorama alam. Ada yang begitu indah dan unik di sana. Jika kita melihat secara jeli, warna yang dominan di air terjun tersebut terdiri dari dua yakni: air hangat dengan warna putih dan air dingin dengan warna biru. 
 
4. Air Terjun Sipiso – Piso


Air Terjun Sipiso-Piso Desa Tongging ini sangatlah luar biasa. Secara umum, tinggi air terjun ini adalah seratus dua puluh meyer yang sangat dekat dengan Gunung Sipiso-Piso. Melalui air terjun ini (jika kita naik di atas bukitnya) maka kita mampu melihat Danau Toba dari sana. Tempat tempat wisata alam di Medan pula sangat cocok untuk menjadi obek fotografer dalam mengabadikan foto-foto alamnya dengan baik. Dengan pemandangan alaminya yang luar biasa itu, Sipiso-Piso menjadi rekomendasi terbaik tempat untuk berusaha alami.

5. Air Terjun Sigura – Gura 


Air Terjun Sigura-gura merupakan salah satu tempat wisata di Medan yang cukup popular dengan keindahan air terjunnya. Tinggi air terjun ini sekitar dua ratus lima puluh meter yang wilayahnya berada di sebuah bentangan alam yang sangat dekat dengan Danau Toba. Dengan adanya hutan yanga ada di sekitar air terjun tersebut, angin pun bersepoi-sepoi yang membuat diri merasakan kesejukan yang mengenakan. Jika kita melihat dari jauh, air terjun sini seolah-olah seperti curahatan air raksasas dengan terdapat dentuman air yang jatuh. Sesungguhnya, air terjun di sini memilki sumber utama yakni Sungai Asuhan.
 
6. Danau Toba 


Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau Toba terbentuk karena proses vulkanologis yang konon terluas dan terbesar di seantero dunia. Keindahan alam yang ada di Danau Toba sangatlah indah dan menakjubkan. Dengan suasana yang sangat sejuk karena terpaan angin yang sepoi-sepoi, Danau Toba memberikan ruh semangat sekaligus penghidupan bagi masyarakat sekitar yang ketiban berkahnya.
 
7. Danau Siombak


Danau Siombak berlokasi di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan. Danau Siombak merupakan danau buatan dengan luas mencapai 40 hektar yang terletak di antara Sungai Deli dan Sungai Terjun. Meskipun danau ini merupakan danau buatan, akan tetapi airnya sangat jernih dengan warna biru kehijauan. Hal ini ini karena di dasar danau ditumbuhi oleh lumut dan ganggang. Menurut cerita masyarakat sekitar, danau ini terbentuk karena galian tanah yang akan di gunakan unruk pembangunan jalan tol Belmera. Fasilitas di danau yang berair jernih dan agak kehijauan yang di sebabkan banyaknya tumbuhan air ini tergolong lengkap. Mulai dari warung makan, penjual aksesoris dan juga ada perahu maupun sampan untuk berkeliling di sekitar danau.

8. Danau Linting 


Danau Linting memiliki keunikan berupa warna air hijau dan biru yang disekelilingnya terdapat batu cadas. Danau Linting berada di kecataman STM Hulu desa Sibunga-bunga Hilir Kabupaten Deli Serdang yang bisa ditempuh sekitar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor. Danau ini berukuran kecil dan memiliki nuansa mistis namun menyejukkan karena disekelingnya ada pepohonan dengan akar yang panjang.  Tempat wisata ini sebetulnya merupakan danau vulkanik dengan luas sekitar satu hektar, sehingga danau ini pun mengandung banyak belerang. 

9. Bukit Lawang 


Bukit Lawang ini menyuguhkan wisata bagi pelancong untuk menaklukan menjelajahi hutan dengan berbagai kehuidupan satwa yang sangat banyak. Dengan perwujudan hutan tropis, Bukit Laang sangatlah dekat dengan Taman Nasional Gunung Leuser. Kawasan wisata di sekitar Medan sangat banyak digemari oleh para wisatawan yang datang dari wilayah Indonesia maupun mancanegara. Oleh sebab itu, jika kita hendak bertandang ke sana janganlah khawatir untuk penginapaannya, sebab di sana ada losmen yang siap ditempati.

10. Taman Alam Lumbini 


Objek wisata ini terletak di daerah lereng Gunung Sibayak. Tempat ini menjadi destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain tempat yang begitu alami, taman ini memilki sebuah pagoda yang mirip dengan Pagoda Shwedago di Myanmar. Pagoda ini milik agama Budha yang panjangnya sekitar enam sembilan meter dengan tinggi sekitar empat puluh enam koma delapan meter. Di sisi lain, daya tarik objek wisata ini adalah di sana terdapat dua ribu lima ratus patung Budha yang begitu kokohnya. Jika kita bertandang ke tempat wisata ini maka kita akan disuguhi bangunan yang diselimuti corak emas yang begitu cerah dan elegan.
 
11. Tangkahan


Tangkahan adalah sebuah kawasan di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Untuk mencapai Tangkahan, dari Medan Anda harus menempuh perjalanan sejauh 3-4 jam. Dengan topografi tanah berbukit, hutan tropis yang rindang, dan udara yang sejuk, Tangkahan sangat cocok bagi para pencinta wisata alam. Berbagai hal seru dapat Anda lakukan di Tangkahan, yaitu antara lain: Trekking (masuk ke dalam hutan) dengan menunggang gajah, bermain di air terjun kecil dekat pertemuan Sungai Buluh dan Sungai Batang Serangan, masuk ke goa kalong, dan tubing (menaiki ban mengikuti arus sungai).
 
12. Panas Dolok Tinggi Raja 


Panas Dolok Tinggi Raja merupakan salah satu tempat wisata di Medan yang banyak dikunjungi. Banyak orang yang sangat kagum sekaligus takjub dengan ini. Jika kita bertandang ke Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini akan diperoleh wawasan alami ihwal bukit kapur dengan warna yang unik. Sebab, hal yang mirip dengan salju ini sebetulnya adalag bukit kapur. Di sisi lain, di tengah objek wisata ini terdapat danau dengan air yang cukup panas dan warnanya biru kehijauan. Meski objek wisata ini belum begitu terkenal, namun Salju Panas DOlok Tinggi Raja ini sangatlah potensial.
 
13. Taman Buaya Asam Kumbang


Taman Buaya Asam Kumbang adalah taman buaya terbesar di Indonesia di mana terdapat setidaknya 2.500 buaya dengan berbagai ukuran. Selain taman buaya terbesar di Indonesia, taman buaya ini juga menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda, cobalah untuk mengunjungi Taman Buaya Asam Kumbang. Menurut informasi, tempat penangkaran ini mulanya dikelola keluarga yang memelihara beberapa jenis buaya di halaman belakang rumah mereka. Tak disangka buaya di penangkaran ini semakin banyak dan akhirnya dijadikan tempat penangkaran buaya. Lokasi dari taman buaya ini di Desa Asam Kumbang.
 
14. Maha Vihara Adhi Maitreya 


Maha Vihara Adhi Maitreya salah satu destinasi wisata yang berbasis keagamaan. Objek wisata ini bertampat di perumahan Cemara Asri, Medan. Konon, vihara ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Jika kita akan bertandang ke tempat ini maka hal yang patut diketahui adalah janganlah membuat gaduh di vihara. Sebab, ibadahnya umat Budha haruslah tenang maupun kontemplatif, sehingga pelbagai ketidaktenangan tak bisa ditolerir di sana. Secara umum, vihara ini memiliki luas yang luar biasa yakni sekitar empat koma lima hektar. Secara arsitektur maupun ajaran, vihara ini mengacu pada laku maupun karakter Budha Maitreya.

15. Graha Santa Maria Annai Velangkanni


Graha Santa Maria Annai Velangkanni merupakan Tempat wisata religi di Medan yang menaungi bagi jemaat Katholik. Tempat tersebut adalah Graha Santa Maria Annai Velangkanni. Meski tempat tersebut diperuntukan bagi jemaat Katholik, namun tempat ini dapat pula dijadikan sebagai tempat wisata kesejarahaan (rohani). Walau gereja ini untuk jemaat Katholik, dari sisia arsitektur bangunan justru mirip dengan kuil Hindu. Bangunan ini sangatlah unik dan membuktikan bahwa Medan merupakan kota yang penuh pluralitas. Nama gereja ini diadaptasi dari nama Annai Velangkani yaitu seorang bunda dari velangkanni.
 
16. Wisata Budaya di Pulau Nias


Tempat wisata di Medan yang sangat terkenal di Indonesia (bahkan dunia) adalah Pulau Nias. Ia dikenal karena di sana terdapat tradisi lompat batu yang masyhur itu. Bahkan, di uang seribu rupiah (cetakan lama) juga menampilkan orang sedang melakukan tradisi lompat batu. Dinding batu yang ada di Pulau Nias ini setinggi dua meter sehingga mudahlah untuk dilompati oleh anak-anak muda disana, tapi tentu lain ceritanya jika kita yang mlakukan  lompatan tersebut. Tempat wisata semacam ini merupakan suguhan atraksi yang sarat akan kearifan lokal. Jika kita hendak ke pulau ini, ingatlah bahwa kita harus bertandang ke desa Bawomatauo. Awal mula kenapa ada tradisi lompat batu ini adalah karena dahulunya terdapat kebiasaan perng antardesa di Pulau Nias.

17. Kawasan Pecinan


Kawasan Pecinan merupakan tempat wisata di Medan yang menjadi pusat kuliner. Anda dapat menemukan berbagai macam menu, seperti nasi bebek Hainan, aneka olahan mie, lontong sayur, nasi sayur,bebek peking, dan sate. Kawasan Pecinan Medan berada di Jalan Semarang. Di sana Anda juga dapat melihat keanekaragaman suku bangsa di Medan, mulai warga Tionghoa, Batak, Karo, Jawa, India, Nias, Padang, turis eropa – tua dan muda – semuanya menikmati aneka kuliner di Jl Semarang. Setiap harinya, mulai pukul enam sore, Jl Semarang akan dipenuhi oleh gerobak-gerobak pedagang kaki lima hingga tengah malam. Selain rasanya nikmat, kuliner di Pecinan ini pun harganya sangat terjangkau.
 
18. Kampung Madras Medan / Kampung Keling


Kampung Madras Medan (dikenal juga sebagai Kampung Keling). Kampung Keling ini menjadi tempat tinggal bagi warga keturunan India dari etnis yang berkulit keling atau gelap. Warga keturunan India memang ikut mewarnai sejarah perjalan Kota Medan. Di Kampung Keling, Anda dapat melihat bangunan kuno peninggalan kolonial Belanda dan kuil-kuil yang menjadi tempat peribadatan. Salah satunya adalah Kuil Shri Mariamman yang dibangun tahun 1884. Kuil Shri Mariamman ini adalah kuil terbesar di Kampung Keling dan menjadi induk bagi sejumlah kuil di perkampungan etnis Tamil lain di Medan. Selain menikmati wisata sejarah dan budaya, Anda juga dapat menikmati kuliner khas India dan berbelanja pernak-pernik khas India di Kampung Keling.

19. Kebun Binatang Medan (Medan Zoo)


Kebun Binatang Medan adalah sebuah kebun binatang di Medan, Indonesia. Lokasinya terletak di Kelurahan Simalingkar B, Medan Tuntungan, sekitar 10 kilometer dari pusat kota ke arah Brastagi. Sekitar 1.000 orang mengunjungi kebun binatang seluas 30 hektare ini setiap akhir minggunya. Pada hari-hari biasa, jumlah pengunjung diperkirakan berjumlah 150 orang setiap harinya. Meski tempat ini dipenuhi dengan binatang-binantang yang begitu buas, kita tak perlu khawatir jika hendak bertandang ke sini. Sebab, di sana sudah terdapat pengelolaan yang aman dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika kita hendak ke tempat ini maka ajaklah keluarga agar suasananya menjadi semakin seru.
 
20. Rumah Tjong A Fie (Tjong A Fie Mansion)


Rumah Tjong A Fie berlokasi di Jl. Jend. A. Yani No. 97-99, Medan. Tjong A Fie adalah seorang taipan yang sangat dihormati semasa hidupnya. 150 tahun setelah kelahiran Tjong A Fie, yaitu pada tahun 2009, keluarga Tjong A Fie memutuskan membuka Tjong A Fie Mansion untuk umum. Namun tentu saja ada beberapa bagian rumah yang tidak boleh dimasuki pengunjung karena keluarga Tjong A Fie masih tinggal di sana. Di Rumah Tjong A Fie, Anda dapat menikmati indah dan megahnya bangunan yang memiliki perpaduan aristektur China, Eropa, dan Melayu. Kekaguman Anda akan bertambah saat melihat perabotan mewah yang sebagian besar masih asli, semisal kandelar dari Austria. Rumah Tjong A Fie buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00.

21. Masjid Raya Medan


Masjid Raya Al- Mashun yang lebih dikenal dengan Masjid Raya Medan ini berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Nomor 718, Medan. Masjid yang terletak di jantung kota Medan ini dibangun pada 21 Agustus 1906. Gaya bangunannya adalah campuran antara Maroko, Eropa, Melayu, dan Timur Tengah. Bangunan masjid ini begitu unik dengan rancangan berbentuk bundar segi delapan dan memiliki empat serambi utama di bagian depan, belakang, serta samping kiri dan kanan. Kubah masjid ini berbentuk segi empat dengan dekorasi bulan sabit di ujung atapnya. Selain itu, dinding-dindingnya memiliki dekorasi floral yang dicat dengan cat minyak.

22. Istana Maimun


Istana Maimun berlokasi di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sukaraja. Istana Maimun dibangun oleh Sultan Deli, yaitu Sultan Mahmud Al Rasyid pada tahun 1888 dan selesai pada tahun 1891. Dibangun dengan desain arsitektur bergaya Italia, istana dengan luas 2.777 meter persegi terdiri dari dua lantai dan terbagi menjadi tiga bangunan induk, bangunan sayap kiri juga sayap kanan. Setidaknya ada 30 ruangan dalam istana yang kental dengan pangaruh budaya Eropa.
 
23. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery


Rahmat International Wildlife Museum & Gallery merupakan museum dan gallery yang berisi hewan yang telah diawetkan. Gallery ini menyimpan lebih dari 1000 satwa yang diawetkan dari berbagai belahan di dunia. Gallery ini juga merupakan yang pertama di Asia. Anda dapat melihat berbagai jenis burung, mamalia, hewan khas Indonesia, hewan khas Afrika, Kambing Gunung, Komodo dan berbagai jenis satwa lainnya yang sangat mirip dengan hewan hidup. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery berada di Jalan Letjen S Parman No 309, Medan
 
24. Museum Bukit Barisan


Museum ini mulai dibuka tahun 1971, yang merupakan tempat wisata menarik untuk dikunjungi karena didalamnya tersimpan benda-benda bersejarah pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan pemberontakan pada tahun 1958. Nilai-nilai sejarah dimuseum ini memberikan gambaran kehebatan Perjuangan Pahlawan dimasa lalu. Museum ini terletak di Jln. Zainul Arifin dan relatif mudah untuk ditemukan.
 
25. Museum Sumatera Utara


Museum Sumatera Utara berlokasi di Jalan H.M Jhoni Nomor 51, Medan. Museum ini adalah museum terbesar di Sumatera Utara yang memiliki beragam jenis peninggalan sejarah dan budaya Sumatera Utara. Museum yang berdiri di atas lahan seluas 10.468 meter persegi ini terdiri dari dua lantai yang terbagi menjadi beberapa ruangan, yaitu ruangan pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang audio visual, dan lain-lain. Museum Sumatera Utara memiliki 6.799 koleksi yang terdiri dari hewan khas Sumatera, diorama kehidupan pra sejarah, arca peninggalan Hindu – Budha, dan peninggalan bersejarah lain.

 
26. Merdeka Walk Medan


Merdeka walk atau yang lebih sering di sebut MW oleh warga medan ini merupakan salah satu pusat wisata kuliner yang ada di medan. Selain menjadi pusat kuliner di sini juga terdapat banyak hiburan dan arena pertunjukan. Merdeka Walk digagas pada zaman Abdillah sebagai Walikota Medan dan diresmikan pada 14 April 2005. Lokasinya mengambil areal bekas tempat parkir yang berada di Lapangan Merdeka yang ada di sisi Jalan Balai Kota disulap jadi tempat kuliner. Lokasinya yang berada di bawah rindangnya pohon-pohon trembesi berusia ratusan tahun yang ditanam sejak zaman Belanda. Jadi, siang hari panas tidak menyengat karena tertahan rindangnya pohon, sementara malam hari lampu hias beragam model dilekatkan di dahan dan batang pohon.

27. Funland Mikie Holiday


Funland Mikie Holiday berlokasi di Mikie Holiday Resort, di Brastagi, kurang lebih 65 km dari kota Medan. Funland Mikie Holiday ini adalah tempat wisata yang sangat cocok bagi mereka yang ingin melepas penat sekaligus memacu adrenaline. Funland Mikie Holiday sekitar 40 wahana. Ada wahana untuk anak-anak seperti Grasshopper, Kiddy Ride, dan Happy Ocean. Juga wahana extrim yang memacu adrenaline seperti Tsunami, Volcano, T-Rex, Dino vs Dino, dan masih banyak lagi. Funland Mikie Holiday yang hanya dibuka pada akhir pekan dan hari libur ini berada di lahan yang sangat luas dengan hawa yang sejuk. Funland Mikie Holiday juga dilengkapi dengan fasilitas public toilet, klinik P3K, shuttle bus, restaurant, dan penginapan di Mikie Holiday Resort. Funland Mikie Holiday buka pada pukul 09.30 – 18.00.

 
28. Taman Bermain Hillpark Sibolangit


Green Hill City atau Hillpark Sibolangit yang berlokasi di daerah Deli Serdang. Tempat ini merupakan area rekreasi yang mirip dengan Dufan yang ada di Jakarta. Tempat ini merupakan tempat permainan yang dapat dikatakan terluas di Sumatera. Sebab, tempat ini membentang di lahan seluas dua puluh hektar. Tempat ini sesuai dengan namanya “Hillpark Sibolangit” yang artinya berada di sebuah ketinggian sekitar lima ratus lima puluh meter. Konsep yang diangkat sebenarnya hampir sama dengan konsep dari Dufan atau Trans Studio. Anda bisa menikmati wahana mulai dari roller coaster, ferries wheel (kincir raksasa), 4D theater, serta amphitheater berkapasitas 1.200 orang untuk pertunjukan dan konser. Selain itu, kondisi taman bermain ini cukup bersih dan memiliki udara yang sejuk. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *