28 Tempat Wisata Terbaik di Gresik Jawa Timur

Posted on

Gresik adalah sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur. Daerah ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Selat Madura di sebelah timur, Kabupaten Lamongan di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara, serta Kabupaten Sidoarjo dan Mojokerto di sebelah selatan. Gresik dikenal sebagai kota tempat berdirinya pabrik semen pertama dan perusahaan semen terbesar di Indonesia, yaitu Semen Gresik. Bersama dengan Sidoarjo, Gresik merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila.

Gresik sendiri mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 28 daftar Tempat Wisata Terbaik di Gresik yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Gresik

1. Pulau Bawean


Pulau Bawean merupakan pulau kecil yang terletak di sisi utara Pulau Jawa. Pulau Bawean bisa menjadi salah satu tujuan wisata bahari yang mengasyikkan. Di pulau ini terdapat suaka alam dan suaka margasatwa. Selain itu wisata pantainya pun juga mempesona, masih alami, bersih, dan masih jarang dikunjungi wisatawan. Di pantai ini, Anda bisa bermain dengan aman dan nyaman. Tak hanya itu, di Pulau Bawean juga tersimpan kekayaan alam lainnya yang bisa Anda kunjungi diantaranya pemandian air panas, air terjun dan Danau Kastoba. Anda juga bisa mengunjungi pulau cantik bernama Gili Noko saat air laut sedang surut. Jika beruntung, Anda bisa menjumpai Rusa Bawean yang menjadi maskot dari Kabupaten Gresik.
 

2. Pulau Gili


Pulau Gili merupukan salah satu pulau kecil yang jaraknya lumayan dekan dengan pulau bawean berjarak kurang lebih 2,3 Km daru pulau Bawean, Pulau Gili merupakan salah satu pulau yang berpenghuni kurang lebih di huni sekitar 700 kepala keluarga. Pantai di Gili adalah pantai pasir putih. Yang paling istimewa di sini adalah menikmati sunset dan sunrise. Selain itu, hasil tangkapan laut penduduk setempat juga akan menjadi tawaran menarik yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Menikmati ikan bakar dengan pemandangan matahari terbenam adalah pengalaman yang luar biasa bukan? Untuk bisa sampai di Pulau Gili anda harus menyeberangi laut mengunakan perahu nelayan dengan memkan waktu sekitar 30 menit. Ada banyak hal bisa anda lakukan di Pulau Gili di antaranya adalah menikmati pantai yang berpasir putih serta melihat Sunset. 
 
3. Pulau Noko


Pulau Noko juga mempunyai panorama alam yang indah pulau noko mempunyai tepi pantai yang berpasir putih. Hanya saja Pulau Noko ini merupakan Pulau yang tidak berpenghuni, lusa pulau Noko secara keseluruhan kurang lebih hanya 1 Km, Pulau Noko mempunyai daratan yang di domonasi oleh pasir putih sungguh pesona alam yang indah sayang kalau sampai terlewatkan. Buat pecinta bawah laut, Noko adalah pilihan yang tak akan mengecewakan. Karena selain pesona pasir putih, pulau ini dikelilingi oleh taman laut dengan bunga karang dan ikan hias aneka warna. Di Bawean belum ada fasilitas apapun buat wisatawan, untuk menikmati pesona bawah lautnya, jadi jangan lupa bawa peralatan sediri!
 

4. Pulau Noko Selayar

Noko Selayar adalah pulau yang berdekatan dengan Pulau Selayar Bawean.  Sama seperti Pulau Noko, Noko Selayar adalah gugusan pasir putih panjang. Bedanya pulau ini lebih kecil dibanding Noko Gili. Selain pasir putih, keindahan alam bawah lautnya dengan bunga karang dan ikan hias tentu menjadi daya tarik yang tak bisa diabaikan begitu saja. Pulai ini merupakan gunung yang berada di tengah laut, terlepas dengan daratan Pulau Bawean. Daya tariknya adalah bila air laut surut, pelancong bisa berjalan kaki mengelilingi pulau tersebut sambil menikmati terjangan ombak kecil dan desiran angin laut. Sekeliling pulau di tengah laut ini penuh dengan pemandangan batu karang dan semak belukar. 


5. Pantai Delegan


Pantai Delegan adalah salah satu tempat wisata di Gresik yang paling Terkenal. Pantai ini terletak di Desa Delegan, Kec. Panceng dengan memiliki pasir putih dan ombak yang tenang. Tentunya kondisi ombak yang tenang cukup aman digunakan untuk berenang maupun bersantai. Di Pantai Delegan juga sering diadakan lomba perahu dan memancing saat memperingati hari kemerdekaan. Fasilitas yang disediakan di pantai ini relatif masih sederhana dan umumnya dikelola oleh warga setempat.
 

6. Pantai Sukaoneng


Mari kita turun dahulu dari puncak bukit dan menyusuri kaki-kaki pulau Bawean. Di bagian bawah Pulau Bawean, Gresik, kita bisa mengunjungi sebuah pantai indah dengan pasir putih menghampar yang oleh penduduk sekitar dijuluki pantai Sukaoneng. Nama sederhana yang diambil dari nama daerah tempat pantai ini berada, yakni desa Sekaoneng, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Tidak mesti sesulit dua tempat wisata di Gresik sebelumnya, untuk bisa mengunjungi pantai ini Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 200 meteran saja dari jalan raya.

7. Pantai Ria


Dulunya pantai ini adalah tempat berlabuhnya para nelayan ketika menangkap ikan. Suasana gembira ria karena hasil ikan yang melimpah ruah menjadi latar belakang namanya. Bahkan pantai ini dulu sempat menjadi tempat pengolahan ikan dan rumput laut. Makanya tak heran hingga sekarang, tak jauh dari Pantai Ria Anda bisa melihat berbagai perahu nelayan dan aktifitasnya di sekitar pantai. Sudah tak berpasir putih tapi view di Pantai Ria masih sangat indah. Pantai Ria dengan bebatauannya yang indah. Tak sama dengan pantai-pantai lain di Bawean, di sini terdapat bebatuan yang cukup besar di bibir pantai. Dari sini juga Anda bisa melihat perkampungan di Pulau Gili Barat, pulau kecil lain di Bawean.
 

8. Pantai Kuburan Panjang

Indahnya senja di Pantai Kuburan Panjang


Pantai ini unik karena memiliki 2 sisi pantai terpisah daratan. Yang satu pantai dengan ombak yang tenang, sisi satunya dengan ombak yang kencang. Keunikan lainnya adalah karena terdapat kuburan panjang. Masyarakat percaya, kuburan panjang tersebut adalah kuburan dari para pengawal Aji Saka di Bawean. Karena nilai historisnya, kuburan ini dikeramatkan oleh masyarakat Bawean. Menikmati sunrise dan sunset adalah pilihan yang tepat di pantai ini. Tapi kamu jangan datang ke sini saat libur lebaran Idul Fitri dan Idul Adha, karena  pantai di sisi selatan Pulau Bawean ini akan dipenuhi oleh kumpulan remaja. Yup, pantai ini merupakan pantai paling populer di kalangan remaja Bawean.
 

9. Pantai Mayangkara


Menikmati pemandangan lepas dengan panorama laut biru adalah tawaran dari Pantai Mayangkara. Pantai yang juga populer dengan sebutan lain Bayangkara ini juga terdapat penangkaran rusa. Anda akan berkenalan dengan rusa-rusa endemik yang hanya akan ditemui di Pulau Bawean. Nah, kalau sudah kenal Rusa yang punya blog, kamu harus kenalan juga dengan Rusa yanga da di pantai ini. Menurut sejarah, pantai ini adalah pantai yang ditemukan pertama kali oleh Siti Zaenab, istri dari Sunan Giri. Di sini pulalah, Siti Zaenab pertama kali berlabuh ketika menemukan Pulau Bawean. Tak perlu khawatir untuk akses ke pantai ini, karena roda empat bisa menjangkau hingga ke bibir pantai.

10. Air Terjun Laccar


Masih di Pulau Bawean yang menjadi wilayah wisata kebanggaan Gresik, ada pula satu spot obyek wisata yang bisa dibilang masih sangat alami bernama air terjun Laccar. Air terjun ini memiliki aliran yang jernih, mata air nan dingin, dan tentu saja suasana alam yang masih kentara. Sayangnya sarana dan prasarana untuk mengunjungi tempat wisata di Bawean memang belum bisa diakses dengan mudah. Jika untuk sampai di danau Kastoba kita perlu berjalan kaki menanjak sejauh satu kilometer, spot wisata Gresik satu ini lebih ekstrim lagi. Anda mesti menyusuri jalan setapak dan sungai berbatu di Pulau Bawean untuk bisa mencoba kesegaran air terjun Laccar. Tempat wisata di Gresik satu ini sesuai untuk Anda para anak muda yang suka mencoba wisata alam nan segar, dan terkadang semakin sulit jalan yang mesti dituju, akan semakin puas rasanya.

11. Air Terjun Patar Selamat


Terletak di Desa Patar Selamat Kecamatan Sangkapura. Air terjun ini mempunyai ketinggian +/- 12 m. Tempatnya sangat indah serta disekitar lokasi tersebut banyak dijumpai kera dan ayam hutan berkeliaran.

 

12. Gunung Kapur Sekapuk


Tak hanya Madura yang mempunyai bukit kapur yang eksotis. Di Gresik juga terdapat wilayah perbukitan kapur yang terbentuk akibat kegiatan penambangan penduduk sekitar. Ya, bukit ini bernama Gunung Kapur Sekapuk dan berada tidak jauh dari Bukit Jamur. Bukit kapur ini mempunyai bentuk yang sangat unik. Disini, Anda bagaikan berada di istana kapur. Batu Kapur berada di Desa Sakapuk, Kec. Ujung Pangkah.
 

13.  Gunung Surowiti 


Kawasan wisata Gunung Surowiti yang pernah menjadi Petilasan Pertapaan Sunan Kalijaga adalah sebuah perkampungan kecil yang dihuni oleh kira-kira 200 kepala keluarga, berlokasi di atas bukit yang terjal dengan luas sekitar 5 hektar. Dengan ketinggian 260 m dari permukaan laut, terletak di Desa Surowiti, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik yang berjarak kira-kira 40 km dari Kota Gresik melalui Jalan Pantura Gresik – Tuban atau sekitar 3 Km kearah selatan dari Jalan Raya Panceng.
14. Goa Gelang Agung


Goa Gelang Agung berada di Desa Melirang, Kec. Bungah, Kabupaten Gresik. Jika sedang berwisata ke Gresik, Goa Gelang Agung sayang untuk dilewatkan. Dinamakan Goa Gelang Agung karena goa ini memiliki bentuk mirip seperti sebuah gelang besar. Goa sepanjang lebih kurang 4 km ini tak hanya bisa kamu nikmati ornamen berupa stalagtit dan stalagmitnya, tapi juga memiliki ruangan-ruangan yang konon pernah digunakan untuk pertapaan maupun tempat persembunyian.
 

15. Goa Langsih Gresik


Goa Langsih konon adalah tempat tinggal Berandal Loka Jaya, nama preman Raden Sahid sebelum mendapat pencerahan melalui Sunan Bonang. Raden Sahid atau Raden Said adalah nama muda Sunan Kalijaga. Ia adalah anak Adipati Tuban Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur, sedangkan Tumenggung Wilatikta adalah anak Arya Teja yang memperistri anak Bupati Tuban Arya Dikoro. Sunan Kalijaga juga dikenal dengan nama Pangeran Tuban, Raden Abdurrahman, dan Syekh Malaya. Goa Langsih disebut sakral, karena banyak terjadi kejadian di luar akal sehingga pengunjung diminta untuk menjaga kebersihan, ketertiban dan kesopanan; tidak melakukan hal-hal yang dipandang aib, dan wanita haid sebaiknya tidak masuk goa.
 
16. Danau Kastoba


Merupakan danau alam yang indah dan terletak di puncak bukit. Danau Kastoba berair jernih dan berhawa sejuk, jauh dari kesan wilayah Jawa Timur yang panas. Untuk bisa sampai disana Anda harus sedikit bersusah-payah ‘menyisir bukit’ dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh satu kilometer. Karena jalannya setapak jadi kita tidak bisa menggunakan kendaraan untuk sampai disana. Danau ini masuk dalam wilayah Desa Paromaan-Kecamatan Tambak-Kabupaten Gresik, terletak di atas bukit Pulau Bawean. Selain mengunjungi tempat wisata di Gresik bernama danau Kastoba ini, Anda juga sekaligus juga bisa menyempatkan diri untuk menengok penangkaran rusa yang ada di Bawean.
 
17. Tanjung Gaang


Tanjung Gaang merupakan obyek wisata yang berada di pulau bawean, Tanjung Gaang menyuguhkan keindahan batu karang dan tebing yang kokoh dan indah. Wisata Tanjung Gaang berada di Desa Kumalasa, Kecamatan Sangkapura berjarank kurang lebih 8 Km ke arah barat dari Pulau Bawean. Untuk bisa sampai di Tanjung Gaang ada dua jalur yang bisa di tempuh yaitu jalur darat dan laut, namun akan menjadi menyenangkan apabila anda mengunakan jalur laut dengan menyewa perahu nelayan warga setempat karna apabila anda mengunakan jalur laut anda akan di suguhi aneka biota laut yang bisa anda lihat di sepanjang perjalanan.
 

18. Bukit Jamur


Bukit Jamur adalah tempat wisata di Gresik yang berada di Kecamatan Bungah, Gresik. Berjarak kurang lebih 6 km dari Gunung Kapur Sekapuk. Dulu kawasan ini merupakan area bekas galian yang sudah tidak digunakan dan kemudian mengalami proses erosi karena air hujan sehingga terbentuklah gundukan-gundukan batu besar yang berbentuk seperti jamur. Tentu, Bukit Jamur ini bisa menjadi tempat menarik yang menjadi tujuan wisata Anda.
 

19. Telaga Ngipik


Telaga Ngipik berjarak sekitar 1,5 kilometer dari alun-alun kota Gresik dan menjadi salah satu tempat yang cocok untuk melarikan diri dari penatnya suasana hiruk pikuk kota. Di sekitar Telaga Ngipik, Anda bisa merasakan suasana sejuk meskipun samar-samar di kejauhan terlihat bangunan pabrik-pabrik industri yang tidak jauh dari telaga ini. Ya, Telaga yang juga dikenal dengan nama Taman Wisata Giri Warna Tirta ini bisa Anda manfaatkan untuk hunting foto atau sekedar bersantai menikmati pemandangan ditemani semilir angin. Telaga ini juga kadang digunakan oleh PSASI Jatim atau Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia untuk latihan ski air.
 
20. Sendang Banyu Biru Lowayu


Tempat wisata di Gresik yang satu ini menyuguhkan fenomena alam yang unik. Sendang Banyu Biru Lowayu berlokasi di Desa Lowayu, kec. Dukun, Gresik. Di desa ini ada sumber mata air yang dikenal dengan nama Sendang Banyu Biru. Seperti namanya “Banyu Biru” kolam yang berukuran tidak terlalu besar ini memiliki air berwarna biru. Fenomena air biru di Lowayu ini terbilang cukup aneh mengingat perairan di sekitarnya tidak ada yang seperti itu. Warna biru ini terlihat dengan sangat jelas. Belum ada penelitian ilmiah dari mana asal warna air biru di kolam ini. Ketika mendekati kolam, Anda akan mencium aroma belerang yang sangat kuat. Kolam Sendang Banyu Biru Lowayu diyakini warga sekitar dapat mengobati berbagai penyakit terutama penyakit kulit.
 
21. Penangkaran Rusa


Satu lagi yang tidak boleh anda lewatkan untuk di kunjungi ketika di Pulau Bawean yaituPenangkaran Rusa Bawean, Penangkaran Rusa Bawean memiliki luas kurang lebih 4 hektar dengan jumlah rusa kurang lebih 300 ekor, Rusa yang  berada di penangkaran bawean merupakan Rusa jenis Axis Kuhlii yang saat ini keberadaannya mulai punah dan hanya bisa di jumpai di pulau bawean. Rusa Axis Kuhlii memiliki ketingian antara 60 s/d 70 cm untuk jantan, dan mempunyai ukuran 25 s/d 47 untuk betina. Walaupun dalama penangkaran pengunjung tidak bisa memberi makan Rusa-Rusa tersebut dengan bebas tanpa ada izin dari pengelola setempat.

22. Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim


Makam Maulana Malik Ibrahim Gresik adalah makam yang kedua yang saya kunjungi dari orang yang sama. Makam pertama yang saya kunjungi adalah Makam Syekh Maulana Maghribi, nama lain dari Malik Ibrahim, yang letaknya di Cirebon. Bagaimana mungkin orang yang sama bisa memiliki dua atau tiga makam, dan mungkin lebih? Salah satu alasannya mungkin karena Maulana Malik Ibrahim, yang juga dikenal sebagai Sunan Gresik, adalah orang yang pertama yang dianggap berhasil menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, ketika Kerajaan Majapahit masih berdiri. Adanya “makam” di beberapa tempat itu membuktikan pengaruh Maulana Malik Ibrahim yang menyebar luas di tanah Jawa.
 
23. Makam Sunan Giri Gresik


Makam Sunan Giri Gresik berada di sebuah perbukitan tak terlalu tinggi di Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Makam ini saya kunjungi dengan mengikuti jalanan lurus dari arah Makam Sunan Prapen yang beberapa saat sebelumnya saya kunjungi, dan masuk dari arah samping makam tanpa melewati undakan. Lokasi Makam Sunan Giri Gresik setidaknya bisa dicapai dengan melewati tiga pilihan akses masuk, yaitu dari arah Masjid Sunan Giri, dari undakan tengah dengan melewati gapura candi bentar dan patung naga berukuran besar, serta masuk dari arah Makam Sunan Prapen sebagaimana yang saya lakukan pada kunjungan waktu itu.
 
24. Petilasan Sunan Kalijaga


Selain makam Sunan Gresik dan Sunan Giri, salah satu tempat berbau Wali Songo yang bisa kita datangi di Gresik adalah Petilasan Sunan Kalijaga. Petilasan ini berupa gua yang dinamakan Gua Langsih. Lokasinya berada di atas Bukit Surowiti. Sekitar 35 km dari pusat kota Gresik. Untuk bisa sampai ke lokasi gua, pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga yang cukup melelahkan. Sesampainya di lokasi petilasan, suasana mistis akan langsung terasa. Meskipun suasananya lumayan bikin merinding, selama kita tidak macam-macam dan tidak punya tujuan yang aneh-aneh, it’s okay. Lagipula, mengunjungi tempat-tempat semacam ini akan memberikan kita sebuah wawasan baru
 
25. Makam Sunan Prapen


Makam Sunan Prapen terletak di Desa Klangonan Kecamatan Kebomas sekitar 400 m  di sebelah barat Makam Sunan Giri, dalam sebuah cungkup berarsitektur unik dengan ukiran bernilai seni tinggi. Sunan perapen adalah penerus dinasi Giri keempat. Menurut cerita tutur, Sunan Prapen adalah seorang pujangga besar penggubah kitab ASRAR yang kemudian digunakan sebagai dasar menyusun Jongko Joyoboyo. Di samping itu beliau juga seorang empu (pembuat keris) yang salah satu karyanya terkenal dengan nama keris Suro Angun-angun. Pada masa Sunan Prapen inilah Giri mengalami masa kejayaan. Menurut VOC Sunan Prapen sebagai Paus Islam, atau Raja Imam yang mempunyai peran dalam memberikan berkah kepada raja-raja Demak dan Pajang yang baru dinobatkan. Beliau memiliki pengaruh besar sampai ke Kalimantan, Sulawesi dan Lombok.
26. Kota Lama Gresik


Kawasan Kota Lama Kabupaten Gresik menjadi salah satu tempat wisata bersejarah di Gresik. Pengunjung yang datang akan merasakan seolah-olah kembali ke jaman Hindia Belanda. Di kawasan Kota Lama Gresik ini, berdiri bangunan-bangunan lama dengan arsitektur klasik yang rapi menjadikan tempat ini sebagai ikon tempat wisata di Gresik. Jika Anda penyuka tempat wisata sejarah, maka Kota Lama Gresik ini bisa menjadi tujuan Anda.
 
27. Wisata Adenium 


Wisata Adenium terletak di desa Menganti. Di desa tersebut kita bisa menikmati berbagai macam Adenium. Selain menikmati berbagai jenis Adenium kita juga bisa mengoleksinya dengan membeli tanaman tersebut karena di sana juga terdapat banyak penjual adenium dan kita bisa leluasa memilih jenis atau motif Adenium yang paling kita sukai. 
 
28. Bukit Awan Waterpark 


Bukit Awan Waterpark berada di wilayah pesisir utara, pastinya berhawa panas. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang ingin menyegarkan badan, dapat berkunjung ke Bukit Awan Waterpark. Obyek wisata di Gresik ini berada di Jln. R. Ayu Siti Aminah, Nomor 1, Desa Randuagung, Kec. Kebomas, Gresik. Taman wisata air ini memiliki kolam khusus anak dan dewasa. Ditambah dengan wahana seluncuran yang cukup tinggi dan berliku, pastinya akan membuat liburan keluarga Anda di Bukit Waterpark lebih menyenangkan

2 thoughts on “28 Tempat Wisata Terbaik di Gresik Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *