27 Tempat Wisata Terbaik di Balikpapan Kalimantan Timur

Posted on
Balikpapan merupakan sebuah daerah di Kalimantan Timur. Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung ini adalah beruang madu, maskot Balikpapan yang mulai di ambang kepunahan. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan (logat Banjar).


Balikpapan sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata religi serta wisata sejarah semua ada di Balikpapan, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.
Berikut 27 daftar Tempat Wisata Terbaik di Balikpapan yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Balikpapan
 
1. Pantai Melawai
 
 
Pantai Melawai merupakan salah satu tempat wisata di Balikpapan yang begitu eksotis. Pantai ini sangat cocok jika Anda kunjungi di waktu sore hari atau ketika menjelang malam. Karena pada saat itulah, Anda dapat menikmati panorama pemandangan alam berupa matahari terbenam disini anda dapat melihat sunset dengan sangat jelas. Di pantai ini, Anda juga dapat melihat kapal-kapal besar yang mengangkut minyak berlabuh di Pantai Melawai. Di sore hari, Pantai Melawai akan menjadi ramai dikunjungi orang berkat banyaknya penjual makanan khas Balikpapan. Anda dapat duduk-duduk di meja-meja rendah yang beralaskan terpal sambil menikmati sunset dan menyantap aneka jajanan. Salah satu jajanan yang terkenal di Pantai Melawai adalah pisang gapit, yaitu pisang kepok yang dijepit lalu dibakar di atas arang dan dilumuri gula merah. Tempat ini sebetulnya berbentuk teluk yang konon adalah tempat pengeboran minyak yang pertama di Indonesia.
 
2. Pantai Kemala
 
 
Pantai Kemala merupakan salah satu tempat wisata favorit di Balikpapan. Lokasinya yang ada di pusat kota menjadikan pantai ini menjadi primadona wisatawan dan selalu ramai pada hari libur atau akhir pekan. Di pantai ini anda juga dapat menikmati aneka sajian kuliner yang menggoda, anda dapat menikmati sajian masakan seafood hingga kuliner Eropa. DI pantai ini juga ada wahana bermain berupana banana boats. Sebagian orang menikmati pantai ini dengan berkunjung saat malam untuk menikmati makan malam santai disekitar pantai. Banyak orang yang menyamakannya dengan Pantai Jimbaran di Bali. Hal itu ditambah dengan pemandangan sunset pada sore hari yang sangat menawan. Selain pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat bermain flying fox, jet sky,  banana boat dll.
 
3. Pantai Lamaru
 
 
Pantai Lamaru merupakan salah satu tempat wisata pantai di Balikpapan dengan akses hanya 30 menit menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Balikpapan . Pantai Lamaru ini terletak di Desa Teritip, kira-kira 14 km. Pantai Lamaru memiliki karakteristik kontur pasir yang cukup landai dan tidak banyak terumbu karang. Pasirnya membentang seluas sekitar 2 km, sangat menyenangkan bagi anak-anak untuk bermain pasir dan melakukan permainan lainnya. Ombak di Pantai Lamaru ini pun relatif tenang sehingga tidak berbahaya bagi anda yang ingin bermain air namun tidak bisa berenang. Di tepi pantai terdapat pepohonan rimbun yang sering menjadi tempat berjualan bagi para pedagang. Salah satu permainan yang ada di Pantai Lamaru adalah perahu kayuh. Anda juga naik andong atau menunggang kuda menyusuri pantai. Fasilitas di Pantai Lamaru ini sudah cukup lengkap. Tersedia tempat parkir yang cukup luas, kamar ganti, toilet, mushola, dan rumah makan.
4. Pantai Manggar Segarasari
 
 
Pantai Manggar Segarasari Letaknya 9 km ke arah Timur dari Bandara Sepinggan atau 22 km dari pusat kota Balikpapan. Tempat wisata menarik ini memiliki luas sekitar 13.000 meter persegi. Pantai ini biasanya dipadati pengunjung saat liburan tiba. Memang pantai ini sanat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang ada di pantai ini, dari sekedar mandi di air laut. Disini terdapat berbagai fasilitas permainan yang bisa anda nikmati seperti banana boat, perahu, sewa ban. Layang-layang dan permainan lainnya. Selain itu jika hanya ingin menikmati pemandangan laut saja, anda dapat menikmatinya sambil menyantap berbagai macam kuliner yang sudah tersedia di banyak warung yang berjejer di sepanjang Pantai Manggar Segara Sari.
5. Pantai Banua Patra
 
 
Pantai Benua Patra terletak di Jl Perapatan, Balikpapan Kota ini memiliki batu-batu karang dan sangat ramai menjelang sunset. Tak heran jika pantai ini juga disebut dengan Pantai Batu-Batu Benua Patra. Di pantai ini tidak ideal untuk berenang, relatif berbahaya karena banyak batu karang disekitar pantai. Berbeda dengan umumnya pantai di pesisir Kota Balikpapan lainnya yang terdiri dari hamparan pasir, di Pantai Banua Patra banyak dijumpai batu-batu alam yang berukuran besar, yang melindungi garis pantai di ujung semanjung Balikpapan dari abrasi laut. Sebetulnya pantainya indah, tapi sayangnya tidak terawat dengan baik. karena Banyak sampah yang terbawa arus laut di pantai ini.
 
6. Danau Cermin Lamaru
 
 
Tempat wisata di Balikpapan ini adalah tempat yang benar-benar sayang untuk kamu lewatkan. Terutama bagi kamu yang masih baru di Balikpapan. Selain masih alami, Danau cermin juga menawarkan pemandangan yang sungguh memanjakan mata. Danaunya yang begitu bening sebening kaca dan juga hutan asri yang menghijau disekelilingnya. Danau Cermin terletak di Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur. Danau ini juga dikenal dengan nama Danau Rawamangun.
7. Hutan Bakau Margomulyo 
 
 
Hutan Bakau Margomulyo merupakan sebuah kawasan konservasi mangrove yang terdapat didekat pusat Kota Balikpapan. Hutan bakau ini menjadi habitat aneka burung, ikan dan hewan lainnya. Hutan yang begitu asri menyejukan mata serta udaranya yang segar akan membuat pikiran menjadi tenang. Di lokasi ini anda akan menemukan jembatan kayu sepanjang 800 meter yang berfungsi sebagai sarana penunjang bagi Anda yang ingin menikmati pengalaman wisata di hutan tersebut. Tempat wisata di Balikpapan yang satu ini memiliki menara intai, yang berguna untuk menyaksikan aneka  burung  yang tinggal dan hidup di hutan bakau tersebut. 
 
8. Hutan Lindung Sungai Wain 
 
 
Hutan Lindung Sungai Wain terletak di jalan antara Balikpapan menuju Samarinda pada kilometer 14. Pulau Kalimantan memang terkenal dengan Hutan Tropisnya yang sangat lebat. Hal ini menjadi kelebihan Pulau Kalimantan karena dianggap sebagai paru-paru dunia. Oleh karena itu sudah selayaknya keberadaan hutan ini harus dilestarikan agar keseimbangan alam dapat terjaga. Salah satu usaha untuk menjaga kelestarian hutan ini adalah dengan menetapkan suatu kawasan hutan tertentu sebagai hutan lindung. hutan lindung yang terdapat di Balikpapan salah satunya adalah Hutan Lindung Sungai Wain. Disini pepohonan yang tumbuh di kawasan itu masih terjaga dengan baik. Luas Hutan Lindung Aungai Wain adalah 10 ribu ha. Selain untuk menjaga kelestarian hutan, Hutan lindung ini juga dijadikan sebagai tempat perlindungan dari beberapa fauna yang dilindungi seperti orangutan, beruang madu, bekantan dll.
 
9. Hutan Wanawisata
 
 
Hutan Wanawisata merupakan salah satu kawasan hutan lindung dengan banyak pepohonan khas Kalimantan. Tempat wisata ini cocok digunakan sebagai lokasi piknik bersama keluarga. Bawalah tikar Anda dan nikmati kesejukan piknik di dalam hutan. Jangan lupa untuk membawa bekal karena tidak ada penjual makanan di kawasan ini. Selain piknik, Anda juga bisa jogging dan trekking menjelajah hutan. Jika membawa anak kecil, ada permainan anak seperti perosotan dan ayunan.Tempat wisata di Balikpapan ini memang tepat untuk rekreasi keluarga. Hutan Wanawisata bisa ditempuh dalam waktu 15 menit dari pusat kota Balikpapan.
10. Penangkaran Buaya Teritip
 
 
Penangkaran Buaya Teritip lokasinya hanya 27 km saja dari jantung kota Balikpapan. Taman Buaya ini luasnya sekitar 5 ha dan mulai dibuka pada tahun 1991. Adapun jumlah binatang yang terdapat di penangkaran tersebut terdapat sekitar 3.000 ekor dengan terdiri dari beberapa jenis di antaranya Buaya Air Tawar, Buaya Supit dan Buaya Muara. Sementara koleksi buaya yang terdapat di area penangkaran tersebut memang lebih banyak jika dibandingkan di Asam Kumbang, yakni salah satu objek wisata di Medan. Koleksi buaya di penangkaran ini jauh lebih banyak daripada yang di Asam kumbang, yang merupakan obyek menarik di kota Medan. Salah satu atraksi yang menarik di sini adalah memberi makan buaya dengan seekor ayam yang dapat anda beli dengan harga 10.000 rupiah per ekor.
11. Kampung di Atas Air Margasari
 
 
Kampung Atas Air Margasari ini menawarkan pemandangan rumah yang terbuat dari material kayu serta terletak di atas air, adapun transportasi yang dipakai di sini yaitu perahu motor. Area perkampungan di sini didirikan sejak tahun 2000 serta telah menjadi bagian dari kawasan wisata menarik yang ada di kota Balikpapan. Anda pun bisa bersantai sejenak di gazebo sembari berinteraksi bersama warga setempat yang telah tersedia. Bagi Anda yang gemar memancing, jangan ragu membawa alat untuk memancing dan Anda pun bisa memancing langsung di atas jembatan yang terbuat dari kayu di perkampungan ini.  Di malam hari, suasananya akan menjadi lebih indah berkat lampu-lampu yang dipasang di perkampungan dan lampu dari kilang minyak. Kampung ini memang berbatasan dengan buffer zone kilang minyak. Tepat di belakang kampung, terdapat jembatan lingkar beton yang menghubungkan kampung atas air ini dengan daratan. Jembatan ini menjadi spot favorit untuk memandangi hutan mangrove di sekitar kampung.
 
12. Batan Ulin Kariangau
 
 
Batan Ulin Kariangau atau Jembatan Ulin Kariangau berada di Kelurahan Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat, kurang lebih 11 km dari pusat kota Balikpapan. Jembatan ini merupakan jembatan yang terbuat dari kayu ulin sepanjang 800 meter dan lebar 2 meter. Kayu ulin dikenal sebagai kayu besi karena sangat kuat. Di salah satu ujung jembatan terdapat perkampungan nelayan tua, di kiri jembatan terdapat hutan bakau yang sering dimanfaatkan sebagai tambak oleh penduduk setempat. Sementara itu, di sisi kanan jembatan Anda dapat melihat pemandangan lepas ke Teluk Balikpapan. Ujung jembatan ini sendiri mengarah ke laut lepas. Sayang sekali jika Anda tidak menyusuri jembatan ini hingga ujungnya. 
 
13. Waduk Manggar
 
 
Waduk yang indah dan cocok untuk anda yang doyan berselfie ria. Namun objek wisata alam yang terletak di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara ini terkadang mengalami krisis air pada saat tertentu. Satu lagi, kamu dilarang berenang di tempat ini. Karena merupakan sumber air bersih yang dipasok ke kota balikpapan oleh PDAM. Yang menarik dari Waduk manggar ini adalah jembatan kayunya yang tentu akan membuat latar belakang fotomu makin apik,
14. Kebun Raya Balikpapan
 
 
Kebun Raya Balikpapan Berada di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain. Terletak di Jl. Soekarno Hatta KM 15, Kel. Karang Joan, Balikpapan Utara. Kawasan wisata yang masih dalam tahap pembangunan ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Balikpapan yang menawarkan udara segar untuk menghilangkan kepenatan di sela rutinitas. Belum begitu banyak yang bertandang ke tempat wisata yang satu ini. 
15. Bunker Jepang
 
 
Semasa berkuasa, di daerah kawasan wisata di Balikpapan tepatnya di daerah Pantai Lamaru dan Pantai Manggar, tentara Jepang sempat membangun banyak bunker di sana. Sejauh ini, telah ditemukan 20 bunker dan 8 bunker diantaranya masih dalam kondisi yang sangat baik. Dan benda peninggalan kuno inilah yang juga menjadi tempat wisata di Kota minyak ini. Situs bersejarah itu tersebar di berbagai lokasi, bahkan ada yang tepat berada di pinggir jalan serta pusat keramaian sehingga menjadi hambatan dalam mengoptimalkan potensi wisata sejarahnya.
    
16. Taman Bekapai
 
 
Taman Bekapai ini merupakan kota yang memiliki sumber daya minyak bumi tinggi, sehingga wajar rasanya jika kota Balikpapan ini memiliki sebuah monumen sekaligus sebagai menunjukkan perasaan bangganya. Dengan begitu dibangunlah sebuah Taman Bekapai yang terletak di jantung kota Balikpapan. Di tempat wisata di Balikpapan ini terdapat monumen perunggu atau patung berbentuk abstrak serta keluar pula air mancur di dalamnya. Adapun air mancur ini biasanya terlihat mirip seperti semburan dari minyak bumi jika memakai bantuan pencahayaan. Dengan begitu, terlihat pemandangan begitu menarik di malam hari. Tak hanya itu saja, air mancur di taman ini pun menyajikan bangku-bangku sebagai tempat beristirahat dilengkapi pepohonan rindang yang begitu sejuk untuk berteduh. Taman ini juga menyediakan wifi gratis sehingga menjadi salah satu favorite spot anak muda untuk nongkrong berlama-lama
17. Monumen Mathilda
 
 
Monumen Mathilda ini terletak di Jalan Yos Sudarso, tepatnya berada di tepi jalan Minyak wilayah Pertamina. Menurut pemerintah setempat, keunikan dari Sumur Mathilda tersebut, karena ia merupakan bukti artefaktual eksplorasi minyak bumi pertama di Indonesia. Sumur Mathilda adalah sumur minyak pertama yang ada di kota Balikpapan. Sumur ini pertamakali ditemukan oleh penjajah Belanda pada tanggal 10 februari 1897 yang bertempat di dekat pelabuhan Semayang kota Balikpapan. Akan tetapi sekarang sumur tersebut telah ditutup karena tidak menghasilkan minyak mentah lagi dan kini sumur Mathilda oleh pemerintah di jadikan monumen.
18. Monpera (Monumen perjuangan rakyat)
 
 
Monpera atau Monument Perjuangan Rakyat ini merupakan symbol dari keberanian rakyat Balikpapan demi tercapaianya kemerdekaan Indonesia. Wisata sejarah di Balikpapan ini terletak di Jl. Jendral Sudirman. Di lokasi monumen ini terdapat beberapa rumah makan terkenal yang menyajikan menu pilihan khususnya sea food. Dilengkapi area parkir yang luas dan pada saat tertentu sering diadakan kegiatan yang menarik. Sangat cocok sebagai sarana rekreasi keluarga untuk menikmati keindahan pantai. Tempat wisata ini sering dipakai untuk menggelar berbagai pertunjukan tradisional atau acara khusus.
 
19. Mahavihara Buddhamanggala
 
 
Tempat suci umat Budha ini merupakan salah satu destinasi religi yang menarik di Kota Balikpapan yang pantang kamu lewatkan. Banyak daya tarik yang ditawarkan oleh salah satu tempat wisata di Balikpapan ini, misalnya: Candi Modern, Patung Budha Tidur serta tempat nyaman untuk bermeditasi. Disini adalah area bebas asap rokok, jadi buat kamu yang ngepul, dimatikan dulu rokoknya sebelum memasuki kawasan vihara.
20. Wisata Militer Angkasa Air Softgun Area 
 
 
Wisata Militer Angkasa Air Soft Gun Area ini merupakan salah satu jenis hiburan yang menantang andrenalin dan tentunya menantang keberanian anda dalam hal permainan “laki laki”. Cakupan area yang cukup luas, dan dengan suasana alam sungguhan, membuatnya sangat menarik untuk dijadikan lapangan permainan air soft. Wisata yang satu ini agak berbeda dengan yang ada di tempat lain dan termasuk ke dalam wisata militer. Bagi anda yang menyukai olahraga air soft gun, di kota Balikpapan bisa anda temukan perkumpulan pecinta air soft gun bernama Balikpapan Beruang Madu Airsoft Detacement yang biasa disingkat menjadi BBMAD.
21. Taman Tiga Generasi
 
 
Taman Tiga Generasi merupakan taman yang selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan. Taman ini menjadi tempat berkumpulnya keluarga dari berbagai tempat. Tempat wisata balikpapan kalimantan timur masih jarang orang ketahui. Taman Tiga Generasi banyak dikunjungi oleh keluarga yang ingin bersantai. Taman ini selalu ramai pengunjung, khususnya di akhir pekan. Taman ini juga menyediakan refleksi kaki batu timbul, bagi para orang tua yang memiliki masalah dengan kesehatan juga bisa berjalan di atas batu timbul tersebut untuk melancarkan peredaran darah. Tempat wisata di solo dan tempat wisata di semarang juga terdapat taman seperti ini yang cukup menarik.
22. Gunung Dubs 
 
 
Gunung Dubs, ternyata tidak seperti namanya. Gunung ini sebetulnya adalah dataran tinggi di Kota Balikpapan. Di mana terdapat kompleks perumahan pertamina yang juga tak jauh dari kilang minyak. Pemandangan kota tampak cantik di malam hari.
Suasana alam sejuk dan pemandangan indah. Di pinggir jalanan banyak ditemui pepohonan yang rindang sehingga kawasan ini terasa sejuk. Lampu-lampu kota terlihat menawan dari Gunung Dubbs, dari sini kita juga bisa melihat semacam drum raksasa tempat hasil perkilangan minyak Pertamina. Pada malam hari anda akan melihat pemandangan yang luar biasa indahnya dari tempat ini. Bersantai di daerah ini merupakan idaman bersama yang sangat menyejukkan hati dan pikiran. Udara yang bersih dan suasana yang rindang dapat anda jadikan hiburan tersendiri untuk anda dan keluarga.
23. Rumah Adat Balikpapan
 
 
Rumah Panjang atau Rumah betang adalah nama rumah ada balikpapan yang memang cukup menarik untuk di simak. Yang menarik dari rumah ini adalah banyaknya anggota keluarga yang mendiaminya, tercatat bisa adalah lebih dari 10 rumah tangga yang mendiaminya. Hingga bahkan ada ratusan orang yang mendiami rumah ini. Wisata adat ini wajib dikunjungi bagi anda yang berkunjung di Balik papan. Ini merupakan tempat wisata di Balikpapan yang memiliki histori yang bagus.
 
24. Pasar Klandasan
 
 
Pasar Klandasan terletak tidak jauh dari pantai. Dengan begitu Anda tak hanya bisa berbelanja di pasar ini, melainkan juga bisa sekaligus menikmati Tempat wisata di Balikpapan berupa panorama wisata alam pantai. Jika Anda keluar menuju bagian belakang di pasar Klandasan ini, Anda pun akan menyaksikan sebuah pemandangan laut nan eksotis. Di pasar ini terdapat aneka barang rumah tangga, buah, makanan, pakaian, ikan segar dan juga sayuran. Harga yang ditawarkan di Pasar Klandasan pun tergolong sangat terjangkau. Harga barang yang dijual lebih terjangkau dan Anda juga masih bisa menawar harga di sini.
25. Pasar Inpres Kebun Sayur
 
 
Pasar Inpres Kebun Sayur terletak di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan dan berjarak satu jam perjalanan dari bandara. tidak sesuai namanya. Pasar ini tidak menjual sayur mayur Pasar ini menjual berbagai macam suvenir khas Kalimantan mulai dari gantungan kunci, miniatur rumah adat Dayak, gelang, kalung sampai mandau. Dari lokasi ini anda akan dapatkan oleh-oleh serta buah tangan atau kerajinan khas Kota Balikpapan sebagai kenang-kenangan liburan anda di Kota ini. Beberapa jenis cinderamata yang bisa jadi pilihan antara lain adalah benda kerajinan dari manik-manik serta batu permata, batik, juga kerajinan tradisional khas Dayak (seperti Mandau dan senjata tradisional lain). Di sini tersedia pula makanan khas sebagai oleh-oleh, salah satunya adalah amplang kuku macan.
26. Balikpapan Super Blok
 
 
Balikpapan super block adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar yang terdapat di daerah balikpapan, ia merupakan surganya bagi para wanita ataupun pasangan yang ingin menikmati wisata belanja. Boleh dibilang ini merupakan salah satu mall yang cukup ternama di balikpapan. Di tempat ini anda dapat memuaskan keinginan belanja anda. BSB didirikan pada tahun 2009. Dan mempunyai 7 lantai.
27. Carribean Island Waterpark
 
 
Carribean Island Waterpark berada di Jalan Kol. Syarifuddin Yoes II ( Ring Road II ) Balikpapan. Waterpark ini merupakan waterpark pertama di Balikpapan, tidak heran jika selalu ramai dan banyak dipadati oleh anak-anak. Nama Carribean Island diambil dari inspirasi desain waterpark yang terutama berasal dari film Pirates of Carribean serta beberapa tokoh film legendaris lain yang dikenal hidup di laut. Bisa dikatakan tempat ini sangat cocok bagi kamu yang membawa anak kecil. Permainan yang ditawarkan sangat mengasyikkan untuk anak-anak. Tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa juga bisa berenang di tempat ini. Karena tersedia juga kolam renang khusus dewasa. Selain permainan air, ada wahana lain yang bisa kamu nikmati, sepertiflying fox dan pertunjukkan air yang dilakukan oleh orang profesional.  Escort Eryaman kızları yeni yüzü ile artık aramızda fırsatları değerlendirmek için escort eryaman ilanlarına bakabilirsin.

2 thoughts on “27 Tempat Wisata Terbaik di Balikpapan Kalimantan Timur

  1. ternyata kalimantan timur banyak meyimpan segudang tempat wisata ya,, tapi untuk akses kesana mudah gak?

  2. Gunung Dubs menyajikan pemandangan yg benar-benar bikin wisatawan jadi terkagum-kagum dengan keindahannya, makasih min buat infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *