26 Tempat Wisata Terbaik di Batang Jawa Tengah

Batang merupakan sebuah Daerah yang berada di Jawa Tengah, dengan Ibukotanya Batang. Batang sendiri berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Kendal di timur, Kabupaten Banjarnegara di selatan, serta Kabupaten Pekalongan di sebelah barat. Sebagian besar wilayah kabupaten Batang merupakan perbukitan dan pegunungan. Dataran rendah di sepanjang pantai utara tidak begitu lebar. Di bagian selatan adalah terdapat Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prau.
Batang sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata religi serta wisata sejarah semua ada di Batang, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pastiliburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 26 daftar Tempat Wisata Terbaik di Batang yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Batang

1. Pantai Sigandu

Pantai Sigandu terletak di Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang dan hanya berjarak sekitar 4 km dari Alun-alun Batang atau 2 km sebelah utara kota Batang. Selain pantai, didalam area sini juga terdapat taman safari. Fasilitas wisata dipantai ini juga cukup lengkap. Selain bisa menikmati suasana pantai yang bersih dan menyenangkan di pantai ini kita juga bisa melihat kegiatan nelayan yang tinggal disekitar pantai ini saat melakukan pelelangan ikan. Fasilitas yang dihadirkan dalam Pantai Sigandu ini cukuplah lengkap diantaranya yaitu pemondokan, mck, taman bermain serta yang paling menarik yaitu dermaga tempat berlabuhnya kapal nelayan. Waktu yang paling tepat untuk datang ke Pantai Sigandu adalah pada sore hari karena kita bisa melihat pemandangan sunset yang indah.

2. Pantai Ujung Negoro 

Pantai ini berada di Ujungnegoro Kecamatan Kandeman. Untuk menuju pantai ini, Wovger harus menempuh jarak sekitar 20 Km kesebelah timur laut dari Kota Batang. Di panti ini kita akan dimanjakan dengan pemandangan tebing karang di tepi laut yang eksotis. Pada dataran pantai yang tinggi juga terdapat sebuah Gua bernama Aswotomo dan sebuah pemakaman kecil peninggalan dari Syeikh Maulana Maghribi. Di sekitar kawasan ini juga tersedia tempat yang menarik untuk bersampan dan untuk memancing. Selain itu Pantai Ujung Negoro ini juga memiliki ombak yang tidak tidak terlalu besar sehingga anda bisa bermain air di garis pantai maupun berenang yang tentunya anda harus berhati-hati. Fasilitas yang dihadirkan dalam sekitar Pantai Ujung Negoro ini juga sangat memadai sekali yaitu dengan adanya area bermain untuk anak-anak, dermaga, pemondokan serta kebersihan pantai yang sangat bersih sekali akan membuat liburan anda terasa menyenangkan.

3. Pantai Celong

Pantai Celong terletak di Desa Mangunsari, Kecamatan Banyuputih. Pantai Celong memang berada tidak jauh dari rel kereta api jalur utara. Jalan menuju ke pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yang ditanami pohon randu yang merupakan bahan baku pembuat kapuk. Di pantai ini wisatawan dapat menikmati fenomena alam luar biasa yaitu sunset dan sunrise. Dengan pemandangan laut yang luar biasa serta hembusan angin laut yang menempel di kulit kita akan membuat suasana liburan bertambah menyenangkan ditempat wisata Pantai Celong ini.

4. Pantai Pelabuhan

http://visitcentraljava.com/media/pantai-pelabuhan-batang.jpg


Pantai Pelabuhan Batang Lokasinya berada di Desa Ketanggan Kecamatan Gringsing yang berjarak kurang lebih sekitar 50 km dari pusat kota Batang. Pantai ini sangat bagus untuk dijadikan tempat memancing dan disini juga terdapat sumber air tawar yang berada di tepi pantai. Pantai Pelabuhan Batang sebuah kawasan pantai utara Batang yang mempunyai pemandangan sangat indah. Di pantai ini pada dataran tingginya juga terdapat Goa Aswotomo dan makam kecil peninggalan Syeikh Maulana Maghribi

5. Pantai Jodoh


Pantai Jodo Lokasinya berada di desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Jika dari jalan pantura Plalen jaraknya sekitar 10 kilometer / dapat ditempuh dengan waktu 25 menit. Objek wisata di pantai ini menawarkan pemandangan luar biasa yaitu pasir laut yang halus serta phon cemara laut yang berada disekelilingnya. Jika beruntung pada musim panen, wisatawan dapat membali semangkan dan melon dengan harga murah, karena disini banyak sekali perkebunan buah tersebut. Pantai ini sangat cocok buat liburan bersama keluarga.

6. Curug Genting

Curug Genting ini berlokasi di wilayah Kecamatan Blado, yang berjarak kurang lebih 38 km ke arah selatan dari Kota Batang. Air terjun ini memiliki ketinggian 40 m dan dikelilingi hutan pinus di sekitarnya. Keindahan dari Curug Genting ini sudah tampak dari kejauhan sebelum kita sampai di lokasi air terjun dimana Curug Genting lebih banyak dikelilingi oleh hutan pinus yang tentu menjadi ciri khas tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Sungguh pemandangan yang eksotis. Lokasi wisata ini masih sangat alami disini kita bisa merasakan sejuknya air terjun dan teduhnya suasana hutan. Dengan suhu udara yang masih segar dan alam pedesaan yang masih asri menghijau, Curug Genting ini adalah tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi yang menyenangkan bersama kerabat ataupun keluarga.

7. Curug Gombong 

Curug Gombong berada di desa Gombong, tepatnya 6 km sebelah selatan Kecamatan Subah. Air Terjun ini memiliki ketinggian 13 m membelah batuan berlapis rata alami (batu rai) dengan debit air yang cukup deras sehingga anda wajib waspada ketika bermain dibawah air terjun ini.. Disekitar kiri kanan air terjun ini, kita akan disuguhi tebing tinggi. Panorama keindahan alamnya masih sangat alami. Sungguh sangat menyenangkan jika menghabiskan waktu disini. Curug Gombong ini menawarkan keindahan alam yang sangat indah. Kondisi alam sekitar yang asri membuat kawasan ini elok dipandang. Pesona alam yang masih sangat asri tentu saja menjadi daya tarik yang besar bagi masyarakat untuk terus mengunjungi Curug Gombong setiap musim liburan tiba.

8. Curug Sijeglong

 

Curug Sijeglong terletak di Desa Margosono, Kecamatan Tersono yang wilayahnya berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Kendal. Curug ini terdiri dari 4 tingkatan yang masing-masing tingkatan mempunyai kolam atau dalam bahasa setempat disebut dengan jeglong yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berenang. Itu lah kenapa air terjun ini disebut dengan nama Curug Sijeglong. Curug Sijeglong yang merupakan salah satu air terjun yang ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan. Selain menawarkan kesejukan air terjun anda juga bisa menikmati bagaimana rasanya treking ataupun berjalan menunjuk ke puncak air terjun yang tentunya akan memberikan suatu pengalaman yang menyenangkan sekali.

9. Curug Sodong

Curug Sodong Terletak di Desa Sodong Kecamatan Wonotunggal dengan jarak ± 17 km dari ibu kota Kabupaten Batang dengan ketinggian 600 – 800 m dari permukaan laut. Desa Sodong memiliki potensi yang dalam pembangunan yaitu Curug dan Agrowisata Salak Sodong, selain itu juga dikenal sebagai penghasil kapulogo, panili, dan cengkeh. Salak Sodong pada tahun 1999 pernah menjadi juara lomba buah Tingkat Jawa Tengah. Curug Sodong bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi selama kurang lebih selama 1 jam dari Kota Batang.

10. Curug Agung

 

Curug Agung  Berlokasi di Dukuh Pagedigan, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. Curug Agung yang merupakan wisata air terjun yang baru saja dibuka setahun silam. Pemandangan dari Curug Agung yang begitu indah tampaknya telah mengundang pensaran dari banyak wisatawan yang terus datang ke Curug Agung untuk menikmatinya secara langsung. Suasana dari Curug Agung yang segar dengan banyaknya pepohonan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Curug Agung. Selain menikmati pemadangan alam tentu anda juga bisa berenang langsung dibawah terjangan air terjun dimana sudah disediakan kolam yang cukup luas.

11. Curug Botoh

 

Curug Botoh  berlokasi di Desa Banteng, Rejosari Barat, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Keindahan dari Curug Botoh yang ada di kabupaten Batang tampaknya telah mempesona banyak wisatawan untuk datang berlibur dimana ada banyak sekali wisata air terjun yang bakal anda jumpai ketika berada di Batang. Curug Botoh menjadi satu diantara banyaknya curug di Batang yang memiliki keindahan alam yang begitu luar biasa sekali dimana ini terlihat dari pemandangan alam sekitar Curug Botoh yang masih terlihat sangat asri. Apalagi debit air yang mengalir dari Curug Botoh yang cukup besar juga menambah keseruan tersendiri untuk menikmati air terjun dan mandi langung dibawah air terjun untuk merasakan kesegaran nya. Tentunya berlibur ke Curug Botoh akan memberikan suatu pengalaman tersendiri yang sangat berkesan dan membuat liburan anda terasa semakin sempurna saja.

12. Curug Bidadari

 

Curug Bidadari Berlokasi di Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang. Curug Bidadari merupakan salah satu air terjun yang patut untuk anda telusuri lebih dalam lagi bila berlibur ke kabupaten Batang dimana air terjun ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan air terjun lainnya yang sering anda jumpai. Lokasi dari Curug Bidadari kita ketahui lebih banyak diapit oleh bebatuan pegunungan yang tentu membuat pemandangan dari Curug Bidadari semakin indah dan terlihat begitu alami dengan banyak pepohonan disekitar air terjun. Jumlah pengunjung yang datang setiap hari nya terus mengalami peningkatan yang pesat dimana ini menunjukan antusias dari masyarakat cukuplah besar. Selain itu juga tersedia kolam yang dapat anda gunakan untuk berenang sambil menikmati kesegaran air terjun yang membasahi seluruh tubuh anda.

13. Cagar Budaya Silurah

Cagar Budaya yang tersimpan di Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, berupa arca Ganesha, arca Siwa, Yoni dan fragmen-fragmen lainnya yang diperkirakan berasal dari abad 9 M. seperti patung Ganesya dan peninggalan bercorak Hindu lainnya seperti lingga yoni, serta umpak berundak bekas reruntuhan candi.

14. Prasasti Sojomerto

Prasasti Sojomerto terletak di Desa Sojomerto, Kecamatan Reban. Prasasti ditulis dengan huruf Pallawa, menggunakan Bahasa Melayu Kuno, dan diperkirakan berasal dari pertengahan akhir abad ke-7. Prasasti Sojomerto merupakan bukti awal keberadaan Wangsa Syailendra di Jawa Tengah yang kelak melahirkan raja-raja di Jawa. Yang dibuat pada abad ke VII atas perintah Raja Syailendra dari Kerajaan Sriwijaya.

15. Batu Gamelan

Desa Tosa, Kecamatan Bandar, berupa gundukan batu-batu besar yang merupakan peninggalan dari jaman megalitikum. Gundukan batu-batu besar di kaki sebuah bukit dibawahnya terhampar areal persawahan yang subur terletak di Desa Tosa Kecamatan Bandar, dipercayai sebagai peninggalan kuno, megalitikum. Orang menamakannya dengan Batu Gamelan yang konon kabarnya waktu malam bulan purnama pedhukuhan-pedhukuhan disekitar situs tersebut sesekali mendengar bunyi puluhan batu yang dipukul beramai-ramai (kothekan). Gundukan batu-batu besar yang menempati areal 600 meter persegi tersebut tidak berbentuk gamelan tetapi bisa mengeluarkan bunyi dengan nada yang berbeda-beda apabila dipukul. Sampai sekarang batu tersebut masih ada dan sering dipukul oleh anak-anak pencari rumput, suara yang keluar dari batu-batu itu nyaring terdengar sampai ratusan meter jauhnya.

16. Situs Gajah Indra

Desa Brokoh, Wonotunggal berupa Batu Gajah atau patung “Gajah Indra”, di tepian Sungai Kupang, berukuran 90 x 60 cm. Di sekitar situs ada arca yang tersebar di persawahan. Batu Gajah atau patung Gajah Indra merupakan peninggalan purbakala yang terdapat di Desa Brokoh Kecamatan Wonotunggal yang tepatnya +  200 m di tepian aliran sungai kupang tersebut berukuran 90 x 60 cm dan ketebalan 30 cm.Pada satu sisinya terdapat relief manusia berjongkok dibawah badan gajah yang berdiri,disisi lainnya terdapat relief anak kecil dan tangan orang dewasa seolah meletakan anaknya dipunggung gajah,namun yang patut disayangkan bentuk arca tersebut sudah tidak lengkap lagi karena bagian belailainya telah patah dirusak oleh orang tidak bertanggung jawab.

17. Desa Wisata Pranten

Desa Pranten merupakan desa tertinggi dan terluar di Kabupaten Batang, karena termasuk dalam kawasan Dataran Tinggi Dieng. Berada pada ketinggian 1700 mdpl, di Desa Pranten terdapat sumber mata air hangat yang dimanfaatkan warga sekitar serta menjadi sentra sayur mayur.

18. Agrowisata Selopajang Timur

Agrowisata Selopajang Timur berada di desa Selopajang timur kecamatan Blado. Disini wisatawan dapat menikmati udara sejuk pegunungan yang masih alami. Objek wisata di lokasi ini menawarkan teman buah-buahan, kolam renang, kolam terapi ikan, fasilitas tempat berkumpul seperti aula, lapangan, dan yang tidak kalah menariknya adalah berbagai permainan outbound.

19. Telaga Dringo

Telaga Dringo atau Sidringo terletak di Desa Mojotengah, Kecamatan Reban yang wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara. Telaga yang berada di perbukitan Dieng ini sering disebut-sebut sebagai Ranu Kumbolonya Batang. Telaga Dringo merupakan kawah bekas gunung yang pernah meletus pada tahun 1786. Telaga ini adalah telaga yang jarang dikunjungi oleh wisatawan Dieng, treking yang jauh sulit dan jalan yang kurang bagus menjadi alasan utama. Terutama perjalanan antara Desa Kembang langit sampai desa Gerlang.

 20. Agrowisata Pagilaran

Agrowisata Pagilaran ber ada di desa Bawang kecamatan Blado, 40 Km arah selatan dari pusat kota Batang. Agrowisata ini dibangun diatas areal seluas 1.131,25 Ha. Sangat luas untuk Anda yang ingin bersenang-senang dengan merasakan menyatu dengan alam. Di sini Anda bisa melihat luasnya kebun teh dengan suasana yang sejuk. Selain itu, ada juga arena outbound yang bisa Anda nikmati untuk menantang adrenalin. Tempat ini sering sekali digunakan sebagai tempat untuk penyelenggaraan rapat-rapat, pertemuan, kursus dan pelatihan karena tersedianya Wisma, Home Stay, Ruang Rapat dan Ruang Pertemuan. Sebuah fasilitas yang sangat lengkap untuk sebuah tempat wisata. Selain itu kita juga bisa melihat aktivitas penduduk yang sedang memanen daun teh atau membeli daun teh yang sudah siap diseduh di pabriknya.

21. Agrowisata Salak Sodong

Agrowisata Salak Sodong berada satu lokasi dengan Curug Sodong yaitu di Desa Sodong, Kecamatan Wonotunggal. Di desa ini kita bisa melihat banyak sekali kebun salak milik warga. Jika masa panen sudah tiba, kita bisa membeli dan memetik salak tersebut langsung dari pohonnya. Kelebihan salak Sodong dengan salak lainnya adalah ukurannya yang besar dan rasanya yang manis. Tempat ini berada di ketinggian 600 – 800 m dari permukaan air laut. Desa Sodong mempunyai potensi alam yang masih dalam pembangunan yaitu Curug serta Agrowisata Salak Sodong, selain itu Desa Sodong juga dikenal sebagai desa penghasil kapulogo, panili, dan cengkeh.

22. Taman Budaya Dan Rekreasi Kramat

Tempat wisata ini berada sekitar 1 kilometer dari pusat kota Batang, tepatnya di kelurahan Proyonanggan. Posisinya berada di tepi sungai yang bernama ‘Kali Kramat’. Di tempat wisata ini wisatawan dapat menikmat berbagai pengetahuan tentang budaya kota Batang yang dibalut rapi dengan dunia rekreasi pariwisata. Seperti pertunjukan adat budaya dan seni sering ditampilkan di taman Budaya Dan Rekreasi tersebut. Tempat ini dipercayai sebagai awal mula terbentuknya kota Batang yang berhubungan dengan legenda Bahurekso.

23. Pemandinan Air Panas Sangubanyu

 

Pemandingan Air Panas Sangubanyu berada di daerah lereng pegunungan di Batang, udara yang sejuk akan menantiasa menemani wisatawan ketika berada di objek wisata air panas Sangubanyu ini. Dalam bahasa jawa sangu memiliki arti bekal dan banyu artinya air. Jadi Sangubanyu ini bisa diartikan sebagai membawa bekal air karena disini banyak sekali air bersih yang keluar dari dasar tanah. Kandungan yang ada di air panas / belerang ini memiki kasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, terutama gatal-gatal.

24. Tubing Pandansari

Objek wisata Tubing Pandansari belokasi di desa Pandansari kecamatan Warungasem sekitar 15 kilometer dari pusat kota Batang ke arah barat.  Ini adalah objek wisata alam / outdoor yang bisa dinikmati bersama-sama. Wisatawan dapat merasakan melintasi sungai di daerah tersebut dan memalukan berbagai kegiatan outdoor seperti outbound, camping / kemah.

25. Ecopark Bandar

Bandar Ecopark lokasinya sekitar 18 kilometer dari pusat kota Batang, tepatnya di desa Wonokerto, kecamatan Bandar. Lokasinya agak jauh dari pantai, karena disini wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai macam wahana permainan air yang didapatkan dari air murni asli dari pegunungan di Batang. desain yang menarik di pandang mata akan membuat pengunjung jenak berada di tempat ini sambil belajar pengalaman baru di tempat wisata ini. Disini kita bisa membawa anak-anak karena terdapat juga fasilitas kolam renang anak. Yang unik adalah kolam renang ini dikelilingi oleh sawah terasing dan beberapa pepohonan yang membuat tempat ini semakin sejuk. Sumber airnya memang dari mata air alami dan kebersihannya sangat terjaga kolam renang ini memang cocok untuk keluarga karena kolam renang ini berasal dari sumber mata air alami.

26. Batang Dolphin Center

Batang Dolphin Center yang terletak di area Pantai Sigandu Kabupaten Batang merupakan tempat penangkaran sekaligus objek wisata yang menampilkan atraksi lumba-lumba, tempat ini merupakan unit yang dikelola oleh Taman Safari Indonesia. Selain bisa melihat pertunjukan lumba-lumba, pengunjung juga dapat berkeliling ke area taman safari untuk melihat beragam koleksi satwa yang ada disini.  Kegiatan wisata yang dapat kalian temukan disini antara lain seni pertunjukan dari sang dolphin / limba-lumba pintar dalam sebuah permainan (seperti sirkus lumba-lumba). Selain itu disini terdapat juga kumpulan binatang yang di tata rapi di kebun binatang mini, water park, kolam ikan tawar dan laut, penyu dan kura-kura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *