26 Tempat Wisata Terbaik di Ambon Maluku

Ambon atau Amboina atau Ambonese adalah sebuah kota dan sekaligus ibu kota dari provinsi Maluku. Daerah ini juga dikenal dengan nama Ambon Manise yang berarti kota Ambon yang indah/manis/cantik. Ambon merupakan Kota terbesar di wilayah kepulauan Maluku dan menjadi sentral bagi wilayah kepulauan Maluku. Saat ini Ambon menjadi pusat pelabuhan, pariwisata dan pendidikan di wilayah kepulauan Maluku.


Ambon berbatasan dengan Laut Banda disebelah selatan dan dengan kabupaten Maluku Tengah di sebelah timur (pulau-pulau Lease yang terdiri atas pulau-pulau Haruku, pulau Saparua, pulau Molana, pulau Pombo dan pulau Nusalaut), di sebelah barat (petuanan negeri Hila, Leihitu, Maluku Tengah dan Kaitetu, Leihitu, Maluku Tengah yang masuk dalam kecamatan Leihitu, Maluku Tengah) dan di sebelah utara (kecamatan Sala Hutu, Maluku Tengah).
 
Ambon sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata pantai serta wisata sejarah semua ada di Ambon, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 26 daftar Tempat Wisata Terbaik di Ambon yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Ambon.
 
1. Pantai Liang
 
 
Pantai Liang ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Hunimua, Pantai Liang terletak di Desa Liang Kecamatan Salahutu sekitar 40 KM dari pusat kota Ambon. Pantai Liang ini pernah dinobatkan oleh PBB sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1991. Tentu hal ini bukan tanpa alasan, tempat wisata di Ambon ini memiliki hamparan pasir putih dipadu dengan air jernih kebiruan yang membuat Anda tak pernah bosan menikmati keindahannya. Pantai ini benar-benar indah dengan pasirnya yang putih dan airnya yang masih jernih, membuat anda akan betah berlama-lama di pantai ini.  Ombak di Pantai Liang tidak terlalu tinggi, jadi jangan takut untuk bermain air di tepiannya. Di Pantai ini terdapat tebing karang yang menjorok ke laut dan dibawahnya memiliki lubang yang terlihat seperti pintu, tebing yang dihantam oleh ombak malah menambah keindahan pantai, hal tersebutlah yang menjadi keistimewaan dari Pantai Pintu Kota. 
 
2. Pantai Natsepa
 
Pantai Natsepa berlokasi di Desa Suli, Maluku Tengah. Jaraknya kurang lebih 18 km dari pusat kota Ambon. Pantai Natsepa ini memiliki pasir yang putih bersih. Air lautnya juga sangat jernih sehingga Anda bisa melihat ikan-ikan berenang berseliweran. Di Pantai Natsepa, Anda dapat berenang dan bermain air, menyewa perahu dan memancing ikan di laut lepas. Obyek wisata Pantai Natsepa pasirnya tampak putih bersih dengan air kebiruan. Anda yang senang dengan pantai teduh, dapat berkunjung ke Natsepa. Karena sesampai di lokasi, anda akan disambut oleh barisan pepohonan yang rindang dan hijau. Cocok untuk tempat istirahat dan santai Bagi anda yang ingin berkeliling juga tersedia perahu yang siap mengajak anda berkeliling. Satu lagi yang jangan anda lewatkan yaitu rujak natsepa.
 
3. Pantai Pintu Kota
 
Pantai Pintu Kota terletak di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Ambon. Pantai yang termasuk pantai terindah di Ambon ini memiliki ciri khas adanya sebuah tebing yang menjorok ke laut di mana tebing tersebut memiliki lubang di tengahnya. Bentuknya mirip dengan pintu gerbang. Pantainya sendiri tidak terlalu luas dengan pasir berwarna putih kecoklatan dipenuhi batu karang dan bebatuan. Di kawasan perairannya juga terdapat beberapa spot snorkeling dan diving. Di sini juga terdapat beberapa pondokan untuk beristirahat dan juga penginapan. Lokasi wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan untuk sampul majalah atau sekedar mengabadikan momen indah berada di pantai ini.
 
4. Pantai Santai
 
Pantai Santai berada di Desa Latuhalat, Nusa Niwe, Ambon, sekitar 17 km dari pusat kota Ambon. Pantai Santai memiliki karakteristik pasir putih dengan pantai yang cenderung landai. Airnya masih jernih dan dangkal. Karena karakteristiknya tersebut, Pantai Santai lebih aman untuk berenang. Di Pantai Santai, Anda juga bisa menyelam dan snorkeling. Sesuai dengan namanya, pantai ini cocok sekali digunakan sebagai lokasi bersantai. Lelah dan bosan dengan rutinitas harian akan terbayar lunas di tempat wisata di Ambon ini. Untuk pencinta diving, Pantai Santai memiliki operator diving yang siap melayani Anda. Dengan catatan, Anda harus memesan beberapa hari sebelum kedatangan. Seperti di kebanyakan tempat menyelam di Ambon, guide penyelam tidak siap sedia setiap saat. Beberapa spot diving yang ditawarkan cukup bagus dan mudah diakses dari pantai. Waktunya hanya beberapa menit menggunakan kapal motor. 
 
5. Pantai Nanseri
 
Pantai Nanseri berada di Desa Kilang. Pasirnya putih dengan air laut yang jernih. Pinggir pantainya dikelilingi dengan batu karang. Di Pantai Nanseri, Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang berwarna-warni di perairannya, memancing, berenang, ataupun sekedar duduk-duduk di pantai menikmati pesona keindahannya. Kegiatan yang dapat kita lakukan ketika berkunjung kemari selain bersantai sambil menikmati pesona alam Nanseri, kita dapat juga memancing serta berenang. Alamat : Desa Kilang.
 
6. Pantai Desa Hukurila
 
Pantai Desa Hukurila terletak di 15 km arah selatan pusat kota Ambon. Untuk mencapai Desa Hukurila, Anda dapat menggunakan kendaraan umum. Selain karena keindahan panoramanya, Desa Hukurila juga menjadi terkenal berkat keberadaan gua-gua bawah lautnya yang menjadi tempat tinggal kelinci laut. Laut Hukurila juga menjadi salah satu tempat favorit para diver untuk menyelam ataupun snorkeling. Terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan-ikan di Laut Hukurila ini masih asri. Sementara Pantai Desa Hukurila sendiri memiliki pasir yang berwarna hitam dan berbatu karang. Karena berhadapan langsung dengan Laut Banda di timur, Pantai Hukurila menjadi spot yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit. 
 
7. Pantai Pasir Panjang
 
Pantai Pasir Panjang dikenal juga dengan nama Pantai Ngurbloat. Pantai ini terletak di Desa Ngilngof, bagian barat Pulau Kei kecil, kurang lebih 20 km dari Tual, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara. Dinamakan Pantai Pasir Panjang karena pantai berpasir putih ini memiliki garis pantai sepanjang 5km. Pasir putihnya sangat lembut seperti butiran tepung dan air lautnya biru jernih dengan gelombang yang relatif tenang. Barisan pohon kelapa pun membuat panorama Pantai Pasir Panjang ini kian eksotis. 
 
8. Pantai Namalatu
 
Pantai Namalatu berada di Desa Latuhalat, jaraknya dari pusat kota Ambon kurang lebih 14 km menuju utara. Dari Pantai ini anda bisa melihat pemandangan langsung ke arah laut Banda yang merupakan laut terdalam di Indonesia. Kata namalatu berasal dari dua kata yaitu nama yang artinya nama dan latu yang berarti Raja. Pantai indah lainnya yang ada di Pulau Ambon adalah Pantai Namalatu. Beberapa pohon menjorok ke arah pantai, memberi kesan unik yang cantik untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Memang tidak seluas Pantai Liang, namun pantai ini tidak kalah menawan. Alih-alih pasir putih, Pantai Namalatu justru penuh pecahan batu karang yang berukuran sangat kecil dan berwarna putih bersih. Gradasi warna air lautnya terbilang unik, dari putih transparan, hijau muda, hingga biru. Ombak di pantai ini terbilang lebih ramah dibandingkan Pantai Liang. Pada musim ombak, Anda masih mungkin bermain air dan berenang melepas penat. Beberapa meter dari bibir pantai, reruntuhan bangunan terlihat sedikit menonjol dari permukaan air. Ini menjadi habitat beragam jenis ikan. 
 
9. Pantai Sopapei
 
 
Pantai Sopapei atau juga dikenal dengan nama Pantai Suli. Lokasi dari Pantai Sopapei ini terletak di Desa Suli Bawah dengan jaraknya yang cukup berdekatan dengan Pantai Natsepa. Pantai Natsepa menawarkan keindahan pasir pantainya yang sangat lembut, memiliki air laut yang jernih serta garis pantainya cukup panjang yang sangat cocok sekali untuk berjalan – jalan santai menyusuri tepian pantai tersebut.
 
10. Pantai Lelisa
 
 
Pantai Lelisa merupakan wisata alam berupa pantai di Ambon, keindahannya tidak kalah dengan Pantai di Lombok dan Bali. Pantai-pantai di ambon memiliki ciri khasnya sendiri dan itu menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Keunikan dan daya tarik dari obyek wisata Ambon ini adalah adanya batu karang yang berjajar sampai dengan pinggiran pantai. Batuan karang akan tampak lebih jelas kalau air laut tengah surut. Obyek wisata ini letakaya dekat dengan Pantai Santai dan Namalatu.
11. Pantai Namasua
 
Pantai Namasua berada di Desa Naku, pasir pantainya berwarna putih dan air lautnya juga jernih. Pantai Namasua ini memang tidak sepopuler Pantai Liang dan Natsepa. Suasana pantai yang cukup sepi ini menjadi daya tarik bagi wisatawan, tempat pantai yang bersih dari sampah pelastik dan semilir angin dari ombak kecil menjadi nilai tambah pantai ini. Di pantai ini juga para wisatawan dapat melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut yang memukau. Namun keindahan pantai Namasua juga tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Ambon lainnya.
12. Pantai Lawena
 
Pantai Lawena juga tidak kalah indah dengan pantai lain di Ambon. Pasir putih, air laut yang jernih serta dihiasi pohon kelapa yang banyak tumbuh di pinggir Pantainya. Pantai Lawena berada di Desa Hutumuri, jika anda ingin ke Pantai ini anda bisa mencapainya dengan waktu setengah jam perjalanan ke arah timur dari pusat kota Ambon. Pantai yang tidak terlalu memiliki banyak pengunjung ini memiliki keindahan alam yang tak biasa. Banyak wisatawan silih berganti berdatangan untuk menikmati pemandangan sekiatar. Tak heran bila pantai ini dinobatkan sebagai surga dunia para peselancar. Pantai ini banyak ditumbuhi pohon kelapa di sekitarnya.  Jadi cukup rindang dan sejuk menikmati udara meski di wisata pantai sekalipun. 
 
13. Nusa Pombo
 
Pulau Pombo lokasinya berada di tengah-tengah Pulau Ambon dan Pulau Haruku, tepatnya di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang suka menyelam, namun bagi anda yang tidak bisa menyelam anda juga bisa sekedar berkeliling. Untuk bisa mencapai Pulau Pombo anda harus menyewa speedboat dari Tulehu. Pulau PomboSalah satu lokasi wisata di Kota Ambon yang menarik dikunjungi adalah Pulau Pombo. Pulau yang masih alami, belum banyak tersentuh manusia ini luasnya cuma 4 kilometer persegi. Buat Anda yang suka menyelam tempat ini sangat cocok tapi yang tidak suka menyelam Anda bisa juga berkeliling di tempat ini.
14. Pemandian Air Panas Negeri Tulehu
 
Pemandian Air Panas Negeri Tulehu berlokasi di daerah yang jaraknya kurang lebih 30 KM dari pusat kota Ambon. Pemandian ini dibagi menjadi dua tempat dengan suhu yang berbeda, suhunya kira-kira diantara 57 sampai 70 derajat Celcius. Banyak pengunjung yang percaya jika berendam di Pemandian Air Panas Negeri Tulehu itu dapat menyembuhkan penyakit kulit dan rematik. Jika setelah berendam merasa lapar, Anda tak perlu khawatir. Ada banyak penjaja makanan mulai dari ketela rebus, mie rebus sampai teh dan kopi hangat. Setelah berendam di pemandian ini, pasti anda akan merasa lebih fresh dan bugar. 
 
15. Air Panas Hatuasa
 
Air Panas Hatuasa  merupakan pemandian air panas dengan sumber air berasal dari bukit ini suhunya berkisar antara 57-70oC. Letaknya ada di tengah Hutan Hatuasa, dengan berendam air hangat di sini, kita tak hanya akan merasakan nikmatnya air yang hangat itu akan tetapi semilir angin membelai tubuh juga menyegarkan. Hatuasa sendiri berasal dari dua kata. Yang pertama adalah Hatu berarti batu dan kata Asa yang artinya gosok. 
 
16. Kolam Pemandian Wailatu
 
Kolam pemandian dengan air berwarna biru dan jernih ini kolamnya berukuran 20 x 10 meter. Hampir tiap sore hari pemandian ini selalu ramai kunjungan orang-orang. Karena lokasi kolam ini juga dekat dengan pemukiman warga sekitar. Nama Wailatu sendiri berasal dari dua kata yaitu Wai yang artinya adalah air dan Latu yang artinya adalah raja. Jadi pemandian Wailatu dapat diartikan pemandian para raja. Dan bagi wisatawan yang ingin mandi di tempat pemandian ini tidak akan dipungut biaya.
 
17. Monumen Patung Martha Christina Tiahahu
 
Monumen Patung Christina Martha Tiahahu didirikan di kota Ambon sebagai bentuk penghargaan jasa pahlawan wanita yaitu Christina Martha Tiahahu. Beliau melakukan aksi mogok makan dan kemudian jasadnya dibuang ke laut. Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke wisata budaya, monumen Patung Christina Martha Tiahahu bisa menjadi alternatif pilihan tujuan wisata Anda. Letak monumen ini di bukit Karang Panjang, terlihat jelas sekali dari pusat Kota Ambon. Bagi anda yang menyukai wisata budaya, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Monumen yang satu ini pun bisa tampak jelas apabila kita melihatnya dari pusat Kota Ambon.
 
18. Monumen Pattimura
 
Monumen Pattimura Dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa pahlawan dari Ambon bernama Thomas Matulessy. Bagi anda yang menyukai wisata budaya, bisa berkunjung kemari. Obyek wisata yang letaknya tak jauh dari lapangan bola ini selalu ramai kunjungan wisatawan. Monumen pattimura yang menjadi tempat di pusat kota ini ramai akan pengunjung menjelang sore hari, karena di sekeliling tempat wisata ini terdapat taman yang bagus dengan tanaman dan bunga-bunga yang selalu dirawat. Maka tak heran bila wisatawan yang datang akan duduk-duduk di pinggiran taman selagi menikmati waktu.
 
19. Benteng Ferangi
 
Benteng Ferangi ini berjarak hanya sekitar 300 meter dari pusat kota Ambon. Benteng Ferangi merupakan sebuah benteng yang digunakan sebagai pertahanan, dibangun oleh bangsa Portugis pada tahun 1575. Benteng Ferangi juga dikenal dengan nama Benteng Victoria atau Benteng Kota Laha, sekarang benteng ini digunakan sebagai pusat dalam pemerintahan dan penyimpanan rempah-rempah di Indonesia bagian timur. Tempat ini termasuk ke dalam tempat wisata yang bersejarah di Ambon. Jika anda masuk ke dalam kawasan Benteng, anda akan disuguhkan dengan meriam-meriam berukuran besar dengan umur yang sudah tua. Kemudian setelah anda berada di dalam ruangan, anda akan melihat peta perkembangan kota Ambon dari waktu ke waktu dan juga benda-benda peninggalan jaman penjajahan Belanda dan Portugis.
 
20. Benteng Amsterdam
 
Benteng Amsterdam merupakan benteng kedua di Ambon yang dibangun setelah Kastee van Verre. Sebelum menjadi benteng pertahanan, tempat wisata di Ambon ini adalah tempat penyimpanan rempah-rempah hasil rampasan. Ini adalah salah satu benteng peninggalan penjajah di Ambon yang dibangun pada tahun 1512. Benteng Amsterdam berbentuk layaknya rumah biasa yang terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama menjadi tempat tidur para prajurit. Lantai kedua digunakan sebagai ruang pertemuan dan lantai ketiga adalah pos pemantau. Selain dari lantai tiga bangunan utama, masih ada sebuah menara yang juga digunakan untuk memantau keadaan sekitar. Benteng Amsterdam ini merupakan benteng peninggalan Belanda dimana sebelum menjadi benteng adalah sebuah loji milik Portugis sebagai tempat penyimpanan rempah terutama pala dan cengkeh.
 
21. Benteng Victoria
 
Benteng Victoria adalah salah satu benteng peninggalan Portugis terletak di Kecamatan Sirimau  yang merupakan benteng tertua di kota Ambon. Benteng Victoria dibangun oleh Portugis pada tahun 1775, tetapi kemudian diambil alih oleh Belanda. Di tempat ini Anda dapat melihat bermacam-macam hal yang menyenangkan. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi tempat wisata ini. Benteng ini adalah merupakan benteng yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Sebagai pusat pemerintahan dan dekat dengan pelabuhan yang digunakan untuk transportasi antar pulau, maka Belanda memanfaatkan ini untuk mengeruk harta sebanyak-banyaknya yang kemudian didistribusikan ke beberapa negara di benua eropa.
 
22. Museum Siwalima
 
Museum Siwalima lokasinya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Ambon. Museum Siwalima merupakan sebuah museum yang sama halnya dengan museum-museum pada umumnya yang ada di indonesia, museum ini memiliki berbagai koleksi benda-benda yang bernilai seni dan budaya. Di museum Siwalima ini terdiri dari dua buah bangunan utama, bangunan pertama merupakan sebuah museum Etnografi dan bangunan kedua merupakan sebuah museum Kelautan. Pada bangunan yang dijadikan sebagai Museum Etnografi terdapat berbagai jenis barang-barang yang berkaitan dengan seni dan budaya yang berasal dari suku asli Maluku seperti pakaian adat, perabotan rumah tangga, barang-barang kerajinan, miniatur rumah adat dan lain-lain. Sedangkan pada Museum Kelautan terdapat berbagai barang-barang yang berkaitan dengan kelautan pada masa itu, museum ini juga memiliki 3 buah kerangka ikan raksasa yang masing-masing kerangka memiliki ukuran sekitar 9,17 dan 19 meter. 
 
23. Masjid Wapauwe
 
Masjid Wapauwe merupakan masjid yang unik karena masjid ini terbuat dari pelepah sagu, pada bangunan masjid ini anda tidak akan pernah menemukan paku. Di Masjid ini terdapat Al Quran yang ditulis oleh tangan, di sini anda juga dapat melihat sebuah timbangan beras yang sudah berumur lama, dulunya timbangan tersebut digunakan untuk menimbang Zakat Fitrah. Selain keunikan dari bahan bangunannya, masjid ini mempunyai keunikan lain, banyak masyarakat yang percaya jika bangunan masjid ini dapat berpindah tempat dengan sendirinya. Masjid ini sudah berumur cukup tua, pada awalnya dibangun pada tahun 1414 di Wawane, tapi seiring berjalannya waktu bangunan masjid kemudian dipindahkan ke Tehala oleh masyarakat. Bangunan Masjid Wapauwe kini berada di Desa Atetu atau Katetu, bangunan tidak dipindahkan masyarakat tapi menurut masyarakat bangunan itu berpindah sendiri ke Atetu menjelang subuh.
 
24. Gereja Silo
 
Gereja Silo merupakan gereja tertua yang ada di Ambon. Gereja ini terletak di sebuah perempatan jalan yang juga berdekatan dengan Tugu Trikora. Simbol salib dan sebuah ayam hinggap di dua pucuk menara gereja. Jika difoto dengan sudut yang rendah, tugu dan dua buah menara seperti bersain untuk menjadi yang tertinggi. Jika Anda datang ke Gereja Silo, sempatkan untuk masuk ke dalam gereja. Hormati para jemaat yang sedang beribadah jika Anda masuk.
 
25. Morea Desa Waai
 
Morea Desa Waai merupakan sebuah salah satu obyek wisata yang unik. Inilah yang unik dari Desa Waai, di mana hidup sekelompok morea dan ikan berdampingan dengan masyarakat. Hewan air tersebut biasanya akan berenang dengan tenang di celah kaki warga yang tengah mandi atau mencuci pakaian. Morea ini biasa makan telur ayam. Anda pun dapat memberinya makan dengan membeli telur ayam pada warga sekitar. Masyarakat sekitar menyebut morea sebagai tuan tanah. Menurut legenda atau cerita yang beredar luas di masyarakat, ada morea yang menggunakan anting yang merupakan raja 
 
26. Gong Perdamaian
 
Gong Perdamaian Gong perdamaian dunia Kota Ambon merupakan gong perdamaian dunia yang ke-39. Letaknya dekat dengan Kantor Gubernur Maluku dan Lapangan Merdeka. Gong ini dibuat dengan tujuan untuk memperingati tragedi yang pernah terjadi di Ambon yang dipicu oleh SARA.  Gong perdamaian ini telah di resmikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono selaku bapak presiden republik Indonesia saat itu, kala beliau masih menjabat sebagai kepala negara. Dan disambut dengan hangat oleh masyarakat dan juga dunia. Gong Perdamaian Dunia telah di tempatkan di beberapa daerah yaitu Bali, Palu, dll. Tujuan Gong Perdamaian Dunia adalah supaya tidak ada lagi perang, konflik sara, terorisme, dll. Di Ambon, gong ini terletak di Lapangan Merdeka. Gong Perdamaian Dunia, salah satu simbol perdamaian pascakonflik antar penduduk Ambon yang berisu SARA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *