25 Tempat Wisata Terbaik di Batu Malang Jawa Timur

Malang merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Timur dikelilingi oleh kabupaten dan keduanya di sebut Malang raya . Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur terkenal sebagai Kota Pendidikan ,karakter geografis yang terletak di dataran tinggi berhawa sejuk ,masyarakatnya ramah dan iklim politiknya baik tidak heran jika Malang memiliki beberaa perguruan tinggi swasta maupun negri . Selain itu Malang di sebut juga sebagai kota wisata. 

Malang adalah sebuah daerah yang mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah Malang dan sekitarnya bisa dibilang salah satu daerah tujuan wisata favorit, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan 

Berikut daftar 25 Tempat Wisata Terbaik di Batu Malang Jawa Timur 

1. Coban Rondo

 
Mungkin bagi kamu yang sudah pernah jalan-jalan di Malang nama Coban Rondobukanlah nama yang asing lagi. Ya Coban Rondo merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di sana. Coban Rondo sendiri memiliki arti tersendiri dalam bahasa Jawa. Coban dalam bahasa Jawa memiliki arti air terjun dan Rondo berarti Janda. Kalau menurut sejarahnya sih goa ini ada karena kisah percintaan antara Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma.
 
2. Pantai Goa China 
 
 
Pantai Goa China adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama asli pantai ini adalah Pantai Rowo Indah, namun karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang China yang sedang bertapa di dalam goa yang ada di kawasan pantai ini, nama Rowo Indah kalah popular daripada Goa China sampai sekarang. Tidak ada catatan resmi tahun berapa tragedi itu terjadi, namun warga sekitar pantai meyakini sekitar 20 tahunan silam.
.
3. Air Terjun Sumber Pitu
.
Satu air terjun aja sudah keren kan? Bisa bayangin gak kalau ada 7? Ya untuk bisa menikmati keindahan tujuh air terjun sekaligus sangat mungkin jika kamu pergi ke Air Terjun Sumber Pitu yang terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Jadi menurut cerita masyarakat setempat ada 7 sumber mata air berdekatan yang terletak di tebing sehingga memuncratkan air dan jadilah air terjun sumber pitu tersebut.
 
4. Pantai Sipelot


Di Malang ada banyak pantai terkenal dan belum terkenal yang wajib “dinikmati” keindahannya oleh para turis pecinta wisata pantai. Salah satu pantai yang istilahnya masih “virgin” adalah Pantai Sipelot. Si perawan ini berada di Desa Pujiharjo, Kabupaten Malang. Pantai dengan pasir berwarna coklat dan laut yang berwarna biru jernih menjadi magnet kuat yang dimiliki Pantai Sipelot. Sayangnya kamu tidak bisa berenang di pantai tersebut karena ombaknya tinggi sehingga cukup berbahaya. Tapi meskipun tidak bisa berenang nilai plus lainnya yang dimiliki pantai ini adalaha adanya Coban Sipelot, yakni air terjun yang tingginya sekitar 10 meter.
 
5. Pantai Balekambang
.

 
Berkunjung ke Pantai Balekambang akan mengingatkan kita pada bentuk salah satu pantai di Pulau Dewata yakni Tanah Lot. Hal yang membuat pantai ini memiliki kemiripan dengan Pantai Tanah Lot adalah keberadaan pura yang terletak di tengah laut. Pantai ini terletak 65 KM di Selatan Kota Malang. Bibir pantai Balekambang terbentang sepanjang 2 KM dengan deburan ombak yang akan menyentuh kaki orang yang berjalan di pinggirnya. Oh ya Pantai Balekambang ini salah satu pantai favorit masyarakat Malang loh. Jadi bagi kamu yang ingin berkenalan atau ngecenginmasyakarakat lokal bisa nih datang ke tempat ini. Siapa tahu ketemu jodoh ya kaan?
 
6. Sumber Air Krabyakan
.

 
Pemandangan alam berupa hamparan sawah serta batu kali yang terjejer rapi mengelilingi kolam menambah sempurna sensasi mandi di kolam alam ini. Sayangnya menurut info yang Hipwee terima untuk sampai ke sini kamu harus sering-sering bertanya pada masyarakat setempat karena belum adanya penunjuk arah yang jelas.
 
7. Pantai Ngliyep
.


Gak perlu harus jauh-jauh ke Lombok kalau memang budget kamu mepet. Jika ingin melihat pantai berpasir putih di Malang juga ada kok. Pantai cantik berpasir halus ini terletak 62 KM dari Selatan Kota Malang. Selain pasir putihnya, keunikan pantai ini adalah karena pantai tersebut terhitung masih sepi jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Jawa Timur . Kamu bisa bersantai sembari menikmati deburan ombak yang datang di antara batu karang di tengah lautan.
 
8. Pulau Sempu
.


Nama Pulau Sempu beberapa waktu terakhir ini memang lagi “naik daun”. Ada banyaktraveler yang datang ke sana untuk bisa melihat pesona Pulau Sempu yang banyak dibicarakan tersebut. Memang sih keindahan Pulau Sempu luar biasa, namun bagi kamu yang tidak terbiasa trekking ada baiknya memikirkan ulang untuk datang ke sana. Kecuali kamu memang sudah mempersiapkan fisik alias makan yang banyak dan berlatih jalan jauh sebelum memutuskan ke Pulau Sempu.
 
9. Pemandian Air Panas Cangar Batu
.


Sudah lelah berjalan-jalan di Malang selama beberapa hari? Mau rileks? Ada kok tempatnya di Malang. Nama tempat tersebut adalah Pemandian Air Panas Cangar Batu. Di sini kamu bisa berendam air panas sambil merileksan tubuh yang pegal-pegal. Selain berguna untuk membuat badan rileks, air panas di sini juga katanya berguna untuk menghilangkan berbagai penyakit kulit seperti eksim. 
 
10. Kebun Teh Wonosari Malang
 
Bisa dibilang Malang adalah kota wisata yang super lengkap. Mau pantai banyak, gunung dan bukit ada, wisata kota bisa, wisata religi tersedia, bahkan sampai wisata kebun teh pun dia punya. Kalau kamu berminat wisata kebun teh ada nih namanya Kebun Teh Wonosari Malang. Di sini pengunjung bisa berjalan-jalan di kebun teh, melihat pengolahan teh, bahkan juga menikmati teh secara langsung. Di daerah kebun teh ini juga kamu bisa berendam di kolam air panas, outbond, berkemah, bahkan sampai jalur pendakian ke Gunung Arjo.
 
11. Museum Resto
.


Dari namanya saja kalian mungkin sudah bisa menebak kira-kira kaya apa sih isi dari museum ini. Ya Inggil Museum Resto ini memang museum yang di dalamnya juga menyediakan restauran. Jadi kalau kamu kelaparan tapi juga masih pengen pergi ke objek wisata jangan khawatir karena di resto ini kamu bisa makan sambil melihat berbagai koleksi benda antik bernuansa Jawa. Mulai dari berbagai jam weker lintas generasi, mesin jahit yang udah renta, radio tua, koleksi uang kuno, bahkan sampai alat pengering rambut dari Belanda yang berusia 84 tahun, wow!
 
12. Wisata Paralayang
.

 
Paralayang termasuk salah satu cabang olahraga ekstrem, itu kenapa wisata ini bisa juga disebut sebagai wisata menantang “maut”. Tapi bagi kamu adrenaline junkietentunya berada di ketinggian sambil melihat panorama alam bukanlah hal yang menakutkan kan? Maka dari itu sayang banget dong kalau kamu sudah ada di Malang dan melewatkan terbang tinggi di langit Kota Apel tersebut. Untuk bisa merasakan serunya berdansa dengan ketinggian ini kamu bisa mendatangi salah satu penyedia jasa paralayang yang terpusat di daerah Batu, Malang.
 
13. Museum Kesehatan Jiwa Malang
Kalau kamu suka sama sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan pergi ke Museum Kesehatan Jiwa Malang adalah suatu hal menarik yang bisa dilakukan. Usia museum jiwa ini sudah sekitar 110 tahun. Di dalamnya terdapat berbagai alat-alat kedokteran yang berhubungan dengan kesehatan jiwa. Namun karena ukuran museum yang belum memadai maka baru ada 700 koleksi alat kesehatan yang bisa dipajang. Museum ini didirikan pada tahun 2009.
 
14. D’Topeng Museum
.

 
Museum unik ini berdekatan dengan lokasi Museum Angkut. Jadi buat kamu yang sudah berencana mengunjungi Museum Angkut mendingan sekalian juga lihat-lihat koleksi museum cantik ini. Museum topeng ini baru dibuka pada Mei 2014 lalu. Di dalamnya pengunjung dapat melihat berbagai jenis topeng khas Jawa Timur, NTB, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua. Tidak hanya berisi topeng-topeng saja, museum ini pun mengoleksi berbagai benda pra sejarah hingga zaman Majapahit.
 
15. Agro Tawon Rimba Raya
.

 
Bosan dengan wisata alam seperti pantai atau gunung? Kalau iya wisata agro tawon rimba bisa jadi alternatif ketika kamu berkunjung ke Kecamatan Lawang, Malang. Di sini kalian akan diajak memanen madu langsung di sarangnya. Nah kalau kamu gak mau ribet dengan urusan panen memanen bisa juga sekadar mencoba minuman seperti es madu, jus jambu madu, serta berbagai produk lainnya yang berhubungan dengan lebah. Di sini juga menyediakan jasa terapi sengat lebah yang katanya berguna mengobati penyakit seperti kanker atau stroke.
 
16. Museum Brawijaya
.


Di Museum Brawijaya yang terletak di Jalan Ijen Malang ini menyimpan berbagai benda bersejarah yang berhubungan dengan sejarah perjuangan masyarakat Malang saat melawan penjajah. Di dalamnya ada ada tank yang digunakan saat perjuangan pada 10 November 1945 di Surabaya. Selain itu ada juga koleksi mobil dinas, senjata perang, topi baja, dan juga sepatu tempur yang semuanya memiliki nilai sejarah yang besar. Tapi yang paling legendaris dari koleksi benda berserah di museum tersebut adalah keberadaan gerbong maut yang dulunya mengangkut 100 pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya. Menurut sejarah, 100 orang pejuang ini dimasukkan ke dalam gerbong kecil yang tertutup rapat dalam perjalanan menuju Surbaya. Ketika sampai di tujuan banyak tentara yang sudah tewas akibat kehabisan energi. Ada pun 12 orang yang tersisa langsung dimasukkan ke dalam penjara Kalisosok di Surabaya.
 
17. Museum Malang Tempo Doeloe
.


Meskipun kamu mungkin bukan penduduk asli Kota Malang tapi mengenali sejarah Kota Apel adalah hal menarik yang sayang untuk dilewatkan. Untuk bisa mengetahui bagaimana sejarah kota ini kamu bisa datang ke Museum Malang Tempo Doeloe. Di museum ini kamu bisa melihat secara utuh sejarah kota yang sudah ada sejak tahun 1914 tersebut. Mulai dari sejarah pembentukan Kota Malang sejak 1,5 juta tahun yang lalu sampai zaman perjuangan kemerdekaan, semua ada di sini.
 
18. Batu Night Spectacular
.

 
Batu Night Spectacular (BNS) adalah salah satu taman rekreasi yang sangat terkenal di Kota Batu, Malang. Alasannya apalagi kalau bukan karena kekerenan taman rekreasi ini terutama jika kamu mengujunginya pada malam hari. Berbagai wahana menari seperti sepeda terbang (dari sini kamu bisa menikmati city light Kota Malang), tampan lampion yang romantis banget, trampolin, dan masih banyak lagi. Selain berbagai wahana menarik tersebut pengunjung juga bisa berbelanja oleh-oleh di night market yang ada di sepanjang jalan menuju pintu keluar. Tersedia juga food court yang siap melayani pengunjung yang kelaparan setelah bermain di BNS. 
 
19. Secret Zoo
.

 
kebun binatang yang terkesan tidak terurus di Indonesia akan sirna kalau kamu sudah pernah ke Secret Zoo. Di kebun binatang ini kamu bisa melihat berbagai koleksi binatang yang langsung didatangkan dari berbagai benua seperti Amerika dan Afrika. Konsep yang terorganisir membuat pengunjung bisa dengan mudah melihat semua koleksi binatang secara keseluruhan. Secret Zoo yang diresmikan pada tahun 2010 ini berada pada luas area 14 hektar memang sangat cocok dikunjungi jika kamu sedang liburan ke Malang baik bersama keluarga atau pun teman-teman.
 
20. Jatim Park I
.
 
Jawa Timur Park I atau yang lebih dikenal dengan Jatim Park I ini merupakan tempat wisata di Malang yang menjadi favorit banyak pengunjung lokal dan luar kota. Dengan konsep taman rekreasi dan edukasi, Jatim Park I menawarkan puluhan wahana yang siap menghibur Anda dan keluarga. Yang menjadi ciri khas dari tempat wisata ini tentu saja kolam renang dengan latar relief wajah Ken Arok. Kolam renang ini bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak sesuai dengan kedalaman yang telah disesuaikan. Selain itu, kolam renang ini juga dilengkapi dengan bermacam papan seluncur air.
 
21. Jatim Park II
.
 
Jika Jatim Park I menawarkan tempat wisata terpaduuntuk rekreasi dan edukasi, Jatim Park II memiliki konsep wisata alam. Jatim Park II yang berada di Jalan Oro-oro Ombo, Batu, ini menawarkan dua zona wisata utama yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.
Di Museum Satwa, Anda bisa melihat binatang dari berbagai benua yang diawetkan dan diletakkan di lokasi yang dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Anda tak perlu khawatir, binatang-binatang yang diawetkan ini bukanlah hasil buruan, namun binatang yang sudah mati secara alami dan kemudian diawetkan. Ada juga replika kerangka raksasa dinosaurus yang menjadi salah satu objek foto favorit wisatawan. Selain itu, Anda juga bisa melihat beragam jenis serangga yang diawetkan di insectarium, mulai dari kumbang, belalang, laba-laba sampai kupu-kupu berbagai warna.
 
22. Eco Green Park
.
 
Tempat wisata di Malang ini sangat tepat dikunjungi bersama anak-anak untuk mengenalkan mereka tentang pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan. Eco Green Park menawarkan taman rekreasi edukasi yang berisi kebun binatang mini dan informasi mengenai pemeliharaan lingkungan. Memasuki kawasan wisata ini, Anda akan disambut dengan sebuah patung gajah besar yang terbuat dari televisi bekas. Tempat wisata ini memiliki banyak wahana yang tersebar, 
 
23. Wendit Water Park
.
 
Wendit Water Park awalnya dikenal dengan Taman Pemandian Wendit. Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Pakis ini menawarkan dua macampemandian yaitu telaga alami dan kolam renang buatan.
Telaga alami memiliki kedalaman 2 meter dan suhu airnya antara 18-25 derajat Celcius. Menurut kepercayaan warga setempat, air di telaga ini bisa membuat awet muda dan panjang umur, loh. Selain telaga ini, ada juga kolam renang buatan yang biasa disebut dengan water park. Water park ini relatif lebih menarik terutama untuk anak-anak karena terdapat bermacam papan seluncur air dan ember tumpah raksasa yang menggantung di tengah kolam.
 
24. Museum Angkut
.
Bagi kamu yang gak terlalu suka sama museum kayaknya harus sedikit bernegoisasi dengan museum yang satu ini deh. Soalnya museum ini memiliki konsep yang berbeda jika dibandingkan dengan museum yang ada pada umumnya. Jika museum lain menawarkan benda-benda bersejarah kaya batu-batuan zaman purbakala, alat makan zaman dulu, atau mungkin senjata perang, museum ini mengoleksi mobil-mobil tua yang otentik banget. Gak cuma mobil-mobil tua dari berbagai benua seperti Eropa, Amerika, atau Asia saja di museum ini bahkan mengoleksi kendaraan-kendaaran zaman baheula seperti kereta yang ditarik oleh kuda dan sapi.
 
25. Hawai Water Park Malang
 
Hawai Waterpark Malang Guidance
 
Terletak di Perumahan Graha Kencana Malang, Hawai Water Park Malang menghadirkan taman bermain air terbesar di Kota Malang. Dengan luas mencapai 28.000 meter persegi dan dilengkapi dengan fasilitas serta layanan modern membuat wahana air terbaru di Malang ini menjadi pilihan yang sangat cocok untuk dijadikan tempat mengisi akhir pekan bersama keluarga, teman maupun kekasih.

Comments

  1. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *