25 Tempat Wisata Terbaik di Kediri Jawa Timur

Kota Kediri adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur. Daerah ini terletak 130 km sebelah barat daya Surabaya dan merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang menurut jumlah penduduk. Kota Kediri memiliki luas wilayah 63,40 km² dan seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Kediri. Kota Kediri terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari selatan ke utara sepanjang 7 kilometer.

Kediri dikenal merupakan pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia. Kediri dinobatkan sebagai peringkat pertama Indonesia yaitu Most Recommended City for Investment[3] berdasarkan survei oleh SWA yang dibantu oleh Business Digest, unit bisnis riset grup SWA.

Kediri sendiri mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 25 daftar Tempat Wisata Terbaik di Kediri yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Kediri
 
1. Gunung Kelud

wisata kediri


Gunung Kelud adalah gunung api yang paling aktif di Indonesia, selain Gunung Merapi. Terakhir kali gunung ini meletus adalah pada awal tahun 2014 lalu. Hingga kini, banyak wisatawan yang mengunjungi gunung ini karena pemandangan cantik dan indah yang ditawarkan oleh Gunung Kelud. Mereka yang datang ke gunung ini tidak hanya pendaki, namun juga wisatawan biasa. Anda bisa mencapai ketinggian gunung yang cukup tinggi dengan kendaraan karena jalanan sudah beraspal dan cukup mudah untuk dilalui.
 
2. Gunung Klotok

wisata kediri


Gunung Klotok adalah salah satu gunung yang terdapat di dekat kaki Gunung Wilis. Gunung ini terletak di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini merupakan gugusan pegunungan Wilis yang letaknya cukup jauh dari Gunung Wilis sendiri. Gunung ini memiliki ketinggian ± 536 MDPL. Nama Klotok berasal dari kata Kolo dan Tok. Kolo yang berarti bahaya dan tok berarti saja. Sehingga Klotok berarti gunung yang berbahaya. Keunikan gunung ini adalah bentuknya menyerupai sosok perempuan yang sedang tidur. Olehnya Klotok juga dijuluki sebagai Si Cantik Tidur.
 
3. Gunung Maskumambang


Gunung Maskumambang adalah gunung di Kediri yang dikelilingi oleh bukit – bukit, bukit ini merupakan terusan dari jajaran perbukitan Gunung Wilis atau bisa dikatakan sebelah timur Gunung Wilis, Gunung Maskumambang ini mempunyai udara yang sejuk karena di kelilingi pohon kehijaun yang sangat banyak. Apalagi sudah ada fasilitas anak tangga jika didaki melalui jalur barat. Banyak pengunjung datang di bukit ini untuk mendaki atau trekking. Karena ketinggian Maskumambang tidak begitu tinggi sekitar 300 meter dibawah permukaan laut. tempat yang amat sejuk ini bisa buat bersantai. kalau anda berjalan di anak tangga semakin jauh semakin menarik suasana di atas Gunung Maskumambang karena bisa melihat pemandangan kota Kediri. Di puncak bukit ini terdapat makam Astana Boncolono. 
 
4. Air Terjun Irenggolo


Air terjun ini terletak sekitar 20 km, sekitar 30 menit berkendara dari Kota Kediri. Pemandangan pegunungan yang luar biasa dari Besuki-irenggolo telah siap untuk melihat. Selain itu, di sini para wisatawan dapat menemukan beberapa hal menarik, seperti; hutan teduh alami pinus, taman bermain, camping ground, hiking dan jogging area, ada banyak pohon yang menambah kehijauan dan pemandangan indah untuk mata Anda.
 
5. Air Terjun Dolo


Air terjun Dolo terletak di desa Jugo, kecamatan Mojo, sekitar 25 Km arah barat kota Kediri. Perjalanan ke Wisata Air Terjun Dolo sangat menyenangkan dan bisa ditempuh sekitar dua jam dari Pare atau sekitar satu jam dari kota Kediri. Letak kawasan wisata air terjun ini kurang lebih 1.800 meter di atas permukaan laut. Sedangkan ketinggian air terjunnya diperkirakan mencapai 125 meter. Kawasan wisata ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas pariwisata, seperti; taman bermain, camping ground, area untuk joging, hiking, dll. Keindahan obyek wisata ini semakin lengkap dengan adanya udara yang segar dan sejuk khas pegunungan, suasana yang hijau dan tenang dan kealamian dari air terjunnya sendiri.
6. Goa Selomangleng


Goa Selomangleng adalah sebuah situs goa peninggalan jaman kerajaan Kadiri yang terletak di kaki gunung Klothok, sekitar  7 Km arah Barat Kota Kediri, tepatnya di Desa Waung, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Jawa Timur Lokasinya hanya berjarak beberapa meter dengan Museum Airlangga Kediri dan Bukit Maskumambang yang terdapat makam Eyang Boncolono.Goa Selomangleng dipercaya menjadi tempat pertapaan Dewi Kilisuci, beliau adalah putri mahkota Raja Airlangga yang menolak menerima tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya, dan lebih memilih menjauhkan diri dari kehidupan dunia dengan cara melakukan tapabrata di Gua Selomangleng.
 
7. Gua Maria Pohsarang


Maria Lourdes Pohsarang, merupakan salah satu tempat ziarah agama Katolik yang berlokasi di kompleks Gereja Pohsarang desa Pohsarang, kec. Semen, Kediri, 10 km arah barat kota Kediri. Pada kompleks gereja yang lama tersedia miniatur Gua Maria Lourdes karena bentuknya yang terlalu kecil, pada tanggal 11 Oktober 1998 dimulai pembangunan gua Lourdes yaitu replika Gua Maria Lourdes yang terdapat di Perancis. Disebut Gua Maria Lourdes karena di dalam gereja yang lama terdapat tiruan Gua Lourdes di Prancis,dengan bentuk kecil. Di sekitar patung yang kecil di gua pertama terdapat tulisan di atas kuningan yang menggunakan bahasa Jawa ejaan Belanda.

8. Candi Setono Gedong

Candi Astana Gedong kini lokasinya dikenal sebagai makam Setonogedong. Pada masa kerajaan Singosari, saat pemerintahan Mahesa Campaka di Daha (Kadhiri), daerah Setonogedong adalah candi kerajaan yang digunakan untuk pemujaan Dewa Wisnu. Candi itu dinamakan candi Astana Gedong. “Astana itu bisa disebut sebagai Istana, kata Gedong artinya besar. Waktu itu, Astana Ge­dong memang dikenal sebagai candi yang besar’’ kata Mohamad Yusuf Wibisono, 46, warga Kelurahan Setonogedong. Artefak itu berupa lapik arca berelief garudeya (garuda) yang merupakan sebuah burung tunggangan atau wahana dari dewa wisnu yang di atasnya ditambah Padmasana relief bunga teratai ganda sebagai lambang kesucian dan kebangkitan sesudah mati. 
 
9. Candi Surowono


Surowono Candi tempat penyucian Raja Wengker yang merupakan salah satu bawahan Kings selama pemerintah Raja Hayam Wuruk dari Majapahit Empire. Ini adalah persegi panjang ukuran 8 x 8 meter dan dibangun pada tahun 1400 Masehi. Daya tarik obyek wisata Candi Surowono adalah hasil bangunan sebagai sejarah karya kelalaian masa lalu dan terowongan bawah tanah; bangunan cutting yang diterbangkan air jernih percabangan jalan. Hal ini terletak cukup cabang banyak sekitar 100 meter dari bangunan candi. Temple Surowono, terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, sekitar 25 km Timur Laut Arah dari kota Kediri.
 
10. Candi Tegowangi


Candi Tegowangi merupakan salah satu kuil kuno di wilayah Kediri. Candi ini telah menyelamatkan banyak cerita tentang sejarah Kediri. Ada beberapa relief di dinding candi yang menarik para wisatawan yang menyukai wisata sejarah. Candi ini berdiri dalam satu kompleks dan terlihat seperti bentuk persegi panjang.
 
11. Tjoe Hwie Kiong


Terletak di Jl. Yos Sudarso No 148, kuil yang dibangun di tepi bersejarah Sungai Brantas. Candi ini menyimpan sejarah tersendiri, dalam mengawal pembangunan Kediri dari zaman kolonial sampai sekarang, perawatan dan melestarikan warisan budaya ini. Ini adalah salah satu simbol dari masyarakat di Kabupaten Kediri. Di tempat ini juga pengunjung dapat melihat Wayang Pertunjukan, pertunjukan yang digelar di candi ini sejak sekitar tahun 1983, dan biasanya diadakan pada setiap hari pada Mei dan Juni.
 
12. Arung Jeram Konto River Rafting


Anda hobi olahraga ekstrim arung jeram? Kini saatnya untuk mencoba adrenalin di sungai Konto. Lokasinya ada di Desa Kediri Siman, Kecamatan Kepung, Kediri, sekitar 40 km dari Simpang Lima Gumul, arah ke Timur Laut, atau 40 menit berkendara dari pusat kota Kediri. Meskipun objek wisata ini terbilang baru, tapi sangat tinggi peminatnya. Anda tertarik untuk menguji mental di sungai sepanjang lebih kurang 13 KM ini? Tunggu apa lagi segera siapkan fisik dan mental anda.
 
13. Sumber Ubalan Kediri


Sumber Ubalan Kediri merupakan tempat wisata yang berhubungan dengan alam, Anda bisa mencoba mengunjungi Sumber Ubalan. Letaknya ada di 18 km sebelah timur kota Kediri. Kawasan ini adalah kawasan hutan lindung yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat sekaligus rekreasi. Ada banyakwahana bermain yang cocok untuk anak-anak dan dewasa di area ini, seperti juga kolam renang, sepeda air, kolam pancing dan panggung hiburan.
 
14. Kampung Inggris


Kampung Inggris merupakan sebuah kampung yang mana penduduknya menggunakan Bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari. Ya, Kampung Inggris adalah kawasan di mana Anda bisa menemukan ratusan lembaga kursus bahasa Inggris. Kampung ini memang terkenal di Indonesia, bahkan jika Anda ingin lancar berbahasa Inggris, Anda bisa datang ke kampung ini. Saat liburan sekolah, banyak siswa atau mahasiswa yang menghabiskan waktu untuk belajar di sini. Menarik juga ya?
 
15. Petilasan Sri Aji Jayabaya Di Kediri


Pamuksan Sri Aji Joyoboyo atau Petilasan Sri Aji Joyoboyo. Tulisan di gerbang masuk Pamuksan Sri Aji Joyoboyo itu berbunyi “Mustika Pamenang, Petilasan Sang Prabu Sri Adji Djojobojo”. Dalam kisah Jawa, Jayabaya (dibaca: Joyoboyo) adalah titisan Dewa Wisnu, penguasa negara Widarba yang beribu kota di Mamenang. Ayah Joyoboyo bernama Gendrayana, yang adalah anak Yudayana, anak Parikesit, anak Abimanyu, anak Arjuna dari Pandawa.
 
16. Taman Kilisuci


Taman Kilisuci adalah sebuah taman wisata yang terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, Jawa Timur atau sekita 20 km dari Monumen Simpang Lima Gumul. Taman ini sudah dilengkapi fasilitas parkir kendaraan, food court, jogging track, air mancur, area bermain anak serta area pijit refleksi serta fasilitas tambahan berupa wi-fi gratis bagi para remaja yang suka berselancar di internet.
 
17. Gereja Puh Sarang


Terletak di Kecamatan Semen, Kediri, tepatnya di kaki gunung Wilis, Keunikan Arsitektur Gereja Katholik Khas Eropa yang Berakulturasi dengan Gaya Majapahit. Gereja Puh Sarang memiliki tata letak dan arsitektur yang unik. Alih-alih menemukan gereja dengan arsitektur gothik khas Eropa, gereja Katolik ini justru memadukan arsitektur Jawa, Hindhu, Buddha, hingga arsitektur Tiongkok. Terlihat dari altar luar yang berbentuk stupa candi Borobudur, menara berbentuk candi Buntar, dan bagian atap yang mirip rumah-rumah khas Jawa.
 
18. Monumen Kediri Syu


Monumen Kediri Syu berada di sebuah bundaran kecil di Jl. Jaksa Agung Soeprapto, Kediri, Jawa Timur, di depan bekas Rumah Dinas Residen Kediri yang kami kunjungi beberapa saat sebelumnya. Monumen Kediri Syu berupa sebuah patung pria berukuran besar yang mengenakan seragam model tentara Jepang. Seekor burung garuda dengan sayap terkembang bertengger tidak jauh di atas pria berseragam itu. Syu adalah merupakan bentuk pemerintahan tertinggi di Jawa setingkat karesidenan yang digunakan semasa pendudukan balatentara Jepang di Indonesia, dan selama berlangsungnya Perang Pasifik.
 
19. Museum Fotografi


Museum Fotografi adalah wisata kediri yang tempat koleksi kamera smartphone hingga kamera poket dan DSLR dan kamera jaman dulu. Untuk pengunjung yang hoby photo – photo kunjungi lah wisata ini karena banyak koleksi dari kamera tersebut dan anda juga bisa menambah pengetahuan di museum ini. Museum Fotografi mempunyai koleksi sebanyak 300 foto selebihnya tersimpan di museum yang awalnya koleksi foto lama. Museum Fotografi berlokasi di Kabupaten Kediri
 
20. Museum Airlangga


Museum Airlangga Kediri berada di Jl. Mastrip 1, Kawasan Wisata Selomangleng, yang menyimpan arca batu dan benda-benda peninggalan purbakala lainnya dari jaman kejayaan kerajaan Mataram Hindu. Pada kali pertama saya datang di kawasan wisata Selomangleng, Museum Airlangga baru saja tutup, dan baru pada keesokan harinya saya bisa masuk ke dalam gedung Museum Airlangga ini. Nama museum diambil dari nama Raja Airlangga, yang lahir di Bali pada 990 dan diduga meninggal di Belahan 1049, pendiri Kerajaan Kahuripan yang memerintah pada 1009-1042 dan bergelar Abhiseka Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa.
 
21. Kolam Renang Pagora


Taman Wisata Pagora Kediri merupakan tempat wisata keluarga yang terletak di tengah kota Kediri berhadapan dengan stadion brawijaya kediri, sangat mudah ditempuh dari arah mana saja. Taman wisata pagora kediri merupakan yang pertama sebagai tempat wisata dan kolam renang di kediri. Suasananya yang sejuk, nyaman dan aman sangat cocok untuk tempat bermain adik-adik kita. Ada kolam renang, kolam pancing, mandi bola, perahu bebek, kereta kelinci, dan masih buanyak lainnya. Tiket masuknya pun cukup murah. setiap hari libur ada juga pentas musik dan pentas seni yang enak di tonton sambil nyantai.
 
22. Kolam Renang Tirtoyoso


Taman Tirtoyoso adalah wahana air favorit untuk berlibur bersama keluarga yang tepatnya berlokasi di Jln.Ahmad Yani,atau lebih mudahnya berada disebelah Lapangan Brawijaya ,Kota Kediri. Bagi masyarakat Kediri atau sekitarnya taman tirtoyoso ini sudah banyak perubahan atau pebenahan dari sebelumnya,hingga akhirnya menjadi salah satu wisata air yang favorit untuk berlibur bersama keluarga.Taman Tirtoyoso terletak di pusat Kota Kediri dengan luas lahan 7,8 ha , namun dilengkapi dengan lingkungan yang teduh dan asri serta didukung dengan kebersihan dan keamanan yang terjamin.Pengunjung juga dapat merasakan kenyaman dan kesejukan berada di pusat Kota Kediri.
 
23. Monumen Simpang Lima Gumul


Monumen Simpang Lima Kota Kediri merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Kediri  lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga banyak wisatawan terutama anak muda yang sering mengunjungi tempat tersebut untuk menikmati keindahan kota Kediri atau hanya untuk sekedar nongkrong sambil bercengkrama dengan teman. Sunset merupakan salah satu daya tarik dari tempat wisata bersejarah ini. Tak heran jika menjelang sore hari banyak pasangan muda-mudi yang menghabiskan waktu sorenya di Monumen Simpang Lima Kediri. Di monumen ini juga terdapat ukiran atau relief yang mengilustrasikan cerita rakyat ataupun kisah rakyat yang dulunya pernah berkembang di kota Kediri. Monumen Simpang Lima merupakan ikon dari kota Kediri sehingga keberadaan tempat wisata di Kediri ini harus tetap dijaga keindahan dan kelestariannya.
 
24. Gumul Paradise Island


Gumul Paradise Island merupakan Tempat wisata di Kediri letaknya ada di Jalan Simpang Lima Gumul Barat wisata air ini sangat menarik untuk di kunjungi. Gumul Paradise Island yang di rancang khusus sedemikian rupa sehingga di harapkan menjadi tempat wisata air yang terbaik di jawa timur. Di sini ada banyak wahana bermain dan hiburan yang bisa dinikmati. Dengan fasilitas yang oke, Anda beserta keluarga dapat menikmati kegiatan flying fox, speed slider, berenang dan lain-lain. Bagi anda yang suka dengan wisata air belum lengkap kalau anda belum mendatangi Gumul Paradise island. 
 
25. Kediri Waterpark


Kediri Waterpark merupakan wisata air terbesar di Jawa Timur, resmi dibuka untuk umum sejak 18 Juni 2014. Destinasi ini sangat istimewa karena memiliki water slide terpanjang se-Asia, yakni sepanjang 206 meter di ketinggian 350 m dpl. Dengan demikian, water slide tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, khususnya warga Jawa Timur. Terletak di lereng kaki Gunung Wilis, Kediri Waterpark menawarkan perpaduan sempurna antara keindahan pemandangan gunung tropis, anak-anak sungai pegunungan, dan Salah satu wahana permainan air / waterpark dan non air terbesar di Jawa Timur.

Comments

  1. By Anonim

    Reply

  2. Reply

  3. Reply

  4. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *