22 Tempat Wisata Terbaik di Kendal Jawa Tengah

Posted on
Kendal adalah sebuah daerah Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Kendal dan masuk dalam Wilayah Metropolitan Kedungsapur yang merupakan Wilayah Metropolitan terbesar keempat setelah Jabodetabek, Gerbangkertosusila, dan Bandung Raya. Daerah ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Temanggung di selatan, serta Kabupaten Batang di barat. Kendal juga dikenal dengan Kota Santri karena terdapat ribuan Ponpes terutama di Kecamatan Kaliwungu dan juga dikenal dengan Kota Seni dan Budaya.


Kendal sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata pantai serta wisata sejarah semua ada di Kendal, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 22 daftar Tempat Wisata Terbaik di Kendal yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Kendal.
 
1. The Sea Pantai Cahaya
 
The Sea Pantai Cahaya adalah salah satu tempat wisata favorit di Kendal. The Sea Pantai Cahaya memiliki banyak fasilitas didalamnya seperti permainan anak, taman rekreasi pantai, pentas hiburan lumba-lumba, kolam waterpark, panggung hiburan keluarga, hutan wanawisata dan kebun binatang mini, wahana Water King, serta serta tempat ini merupakan lokasi yang menarik untuk menikmati sunrise dan sunset. Lokasi dari The Sea Pantai Cahaya sendiri adalah di Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Akses menuju ke tempat ini jika menggunakan kendaraan umum cukup sulit karena keberadaannya yang terpencil. Jadi disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau meyewa kendaraan dari Semarang atau Kendal.
 
2. Pantai Ngebum
 
Pantai Ngebum berada di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, yaitu dengan pasir pantai yang kecoklatan serta nyaman untuk digunakan berenang. Di pinggir pantai terdapat banyak orang yeng menyewakan pelampung untuk putra-putri kita. Namun tetap saja harus berhati-hati ya, jangan sampai berenang di pantai terlalu kedalam karena akan berbahaya. Pantai ini merupakan salah satu pantai favorite warga Kendal selain Pantai Sendang Sikucing. Pada hari libur, pantai ini akan sangat ramai dikunjungi para wisatawan lokal yang ingin menikmati suasana liburan bersama keluarga atau orang-orang terdekat
 
3. Pantai Jomblom
 
Pantai Jomblom terletak di Desa Margorejo, Kecamatan Cepiring. Di pantai ini kita bisa melihat pohon bakau yang berjajar rapi yang ditanam untuk mencegah abrasi yang diakibatkan oleh ombak pantai ini yang cukup besar. Pantai Jomblom ini ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat hari Minggu dan liburan sekolah. Selain melihat pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat memancing ikan di tepi pantai. Pantai berpasir hitam ini bisa kamu kunjungi untuk menikmati suasana sore di Kendal sambil menununggu momen matahari tenggelam.
 
4. Pantai Sendang Sikucing
 
Pantai Sendang Sikucing merupakan wisata unggulan di kawasan pesisir Kendal. Pantai ini sudah dikembangkan semikian rupa untuk menjadi sebuah tempat wisata. Di sisi sebelah timur ada sebuah tempat yang dinamakan The Sea. Banyak sekali wahana yang ada di The Sea mulai dari atraksi lumba-lumba, kebun binatang mini, kolam renang serta taman yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai. Lokasi Pantai Sendang Sikucing sendiri berada di Kecamatan Rowosari yang berjarak sekitar 22 km dari pusat kota Kendal. Pada sore hari di Pantai Sendang Sikucing ini kita bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.
 
5. Curug Semawur
 
Curug Semawur terletak di Desa Blumah, Kecamatan Plantungan yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Batang dan berada pada ketinggian sekitar 1.300 mdpl. Air Terjun Semawur memang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Umumnya pengunjung adalah orang lokal Kabupaten Kendal sendiri, disamping memang belum banyak diprmosikan, lokasinya juga agak tersembunyi. Namun sebenarnya Air Terjun Semawur ini memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi tempat wisata unggulan Kabupaten Kendal. Air terjun ini terdiri dari 8 tingkat dengan air yang sangat jernih sehingga menghasailkan pemandangan yang sangat menawan.
 
6. Curug Panglebur Gongso
 
Curug Penglebur Gongso berada di kaki Gunung Ungaran dan terletak tidak jauh dari Candi Gedongsongo, Kabupaten Semarang. Curug Panglebur Gongso mempunyai ketinggian sekitar 50 meter. Dibawah guyuran air terjun ini terdapat sebuah kolam yang cukup dalam yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berenang. Curug ini tidak terlalu tinggi namun terlihat sangat cantik, curug ini jauh lebih rendah daripada Curug Sewu, tingginya hanya sekitar 7-10 meter. Tidak jauh dari Curug Penglebur Gongso terdapat sebuah gua. Menurut mitos yang berkembang di masyarakat setempat, gua ini tembus sampai ke Masjid Demak.
 
7. Curug Sewu
 
Curug atau air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 80  meter ini terletak sekitar 40 km dari pusat Kota Kendal tepatnya berada di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean. Dinamakan curug sewu karena ditempat ini terdapat beberapa air terjun kecil yang kemudian menyatu menjadi satu. Curug Sewu di Kabupaten Kendal ini bisa dikatakan sebagai tempat wisata alam yang unik karena di tempat ini terdapat sebuah curug atau air terjun dengan debit terbesar di jawa Tengah serta terdapat beberapa tingkat. Untuk memasuki area curug sendiri pengunjung perlu berjalan menyusuri jalur setapak, namun jaraknya tidak terlalu jauh. Di sekitar Curug Sewu sudah dibangun beberapa fasilitas pendukung seperti taman, kebun binatang mini, panggung hiburan dll.
 
8. Curug Glawe
 
Curug Glawe merupakan tempat wisata yang belum terlalu dikenal masyarakat luas, namun keindahannya tak perlu diragukan. Curug setinggi lebih dari 20 meter ini terbagi menjadi dua tingkat air terjun. Tingkat yang pertama sedikit lebih tinggi dan tingkat kedua lebih rendah. Diantara kedua tingkat air terjun ini terdapat kolam berdiameter sekitar 3 meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Curug Glawe berlokasi di Dusun Kaliereng, Desa Cening, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal.
 
9. Gua Kiskendo
 
Gua Kiskendo adalah sebuah gua alami yang terletak di Desa Trayu, Kecamatan Singorojo yang berjarak sekitar 15 km dari Kota Kendal. Salah satu daya tarik utama dari gua ini adalah pemandangan alam dan hutannya yang masih cukup alami. Di kawasan Gua Kiskendo sendiri ada 5 buah gua yang masing-masing bernama Gua Lawar, Gua Kempol, Gua Tulangan, Gua Kampret, dan Gua Pertapaan. Daya tarik yang ditawarkan di Gua Kiskendo ini selain gua alam adalah pemandangan alam dengan hutannya yang masih alami, keanekaragaman flora dan fauna juga bisa dilihat ditempat ini.
 
10. Pemandian Air Panas Nglimut
 
Pemanduan Air Panas Nglimut juga berada di Kecamatan Limbangan tepatnya di Desa Gonoharjo. Selain kolam air panas, tempat ini juga memiliki beberapa pilihan lain seperti kolam renang, outboond, kebun binatang mini dan juga taman burung. Masih ada juga air terjun kecil yang bisa dinikmati. Tempat ini juga sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk wisata keluarga. Objek wisata ini letaknya berada di lereng Gunung Ungaran dengan pemandangan alam yang sangat mempesona, selain pemandian air panas, disini anda juga dapat menikmati air terjun.
 
11. Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo
 
Wisata Pemandian Air Panas Gonoharjo merupakan salah satu wisata alam yang digemari di Kendal. di obyek pemandian ini terdapat sebuah sumber mata air panas dan juga kolam air panas. Lokasi pemandian ini jauh di tengah hutan dan dikelilingi pepohonan yang sangat sejuk. Lokasi pemandian Gonoharjo sendiri terdapat di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Pemandian Air Panas Citra Asri merupakan tempat wisata yag sudah tidak asing lagi bagi warga Semarang dan sekitarnya. Pemandian Air Panas Citra Asri  dapat ditempuh dengan menyusuri jalur Semarang-Boja. Di Pemandian Air Panas Citra Asri  sudah dibangun berbagai macam fasilitas pendukung seperti kolam renang, pemancingan, berbagai macam villa, Tempat parkir, kolam renang air dingin, kolam renang air panas, MCK, Kebun binatang mini, camping ground, tempat mainan anak-anak, rumah makan, kolam pemancingan, taman bunga, arena outbond tempat penginapan.
 
12. Perkebunan Teh Medini
 
Perkebunan Teh Medini terletak di kaki Gunung Ungaran tepatnya di Dukuh Medini, Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan. Perkebunan Teh Medini berada pada ketinggian sekitar 1.500 mdpl. Tempat ini merupakan salah satu jalur yang bisa dilewati oleh para pendaki yang ingin naik ke Gunung Ungaran. Kebun Teh Medini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati pemandangan hijaunya kebun teh serta suasana perkebunan yang sangat sejuk. Deretan tanaman teh akan menyambut kedatangan kita begitu tiba di kawasan Kebun Teh Medini. Perkebunan Teh Medini menawarkan pemandangan alam hijau dan udara yang segar.
 
13. Arung Jeram di Tubing Genting
 
 
Arung Jeram di Tubing Genting merupakan tempat wisata alam baru di Kendal. Jika Anda suka dengan tantangan, mencoba arung jeram di Tubing Genting bisa menjadi pilihan yang tepat. Arus sungai yang deras dan berliku-liku akan mampu memacu adrenalin. Arung Jeram di Tubing Genting ini masih tergolong tempat wisata baru di Kendal karena baru resmi dibuka tahun 2015 yang lalu. Tak hanya wisata arung jeram, disini juga ada spot yang tidak kalah menarik yaitu adanya tebing batu yang berada disisi kanan kiri aliran sungai. Bagi Anda yang ingin mencoba arung jeram di Tubing Genting bisa menuju ke Dusun Genting, Desa Getas, Kecamatan Singorojo, Kendal.
 
14. Agrowisata Ngebruk Patean
 
Agro Wisata Ngebruk Patean merupakan sebuah perkebunan yang membudidayakan berbagai macam buah-buahan tropis berkualitas unggul. Selain untuk menghasilkan buah-buahan yang unggul, di perkebunan ini dibuka juga untuk umum sebagai tempat wisata. Untuk mempermudah pengunjung dalam melihat-lihat perkebunan maka disediakan pula sebuah mobil wisata yang siap mengantarkan keliling ke perkebunan yang luasnya mencapai 234 hektar. Ada berbagai macam buah yang dibudidayakan disini, diantaranya adalah durian montong yang besar dan harum, kelengkeng itoh yang legit, buah naga, rambutan, sirkaya, melon, semangka sampai jagung. 
 
15. Agrowisata Tirto Arum Baru
 
Tirto Arum Baru berlokasi di tengah kota kendal tepatnya di Jl. Soekarno Hatta km 2,7 yang menawarkan berbagai macam permainan dan fasilitas yang cukup lengkap diantaranya adalah  kolam renang ukuran besar, resto dengan lesehan-lesehannya, tempat pemancingan, hotel dengan kelengkapan kamar barak untuk group, fasilitas outbound termasuk rakit, wahana permainan di sawah berlumpur, flying fox, arena futsal dan bola volli, ruang pertemuan terbuka dan tertutup, arena atv, kebun binatang mini dan juga jalan pijat refleksi.
16. Wisata Tirta Nusantara
 
Tirta Nusantara berlokasi di perbatasan antara Boja dan Cangkringan. Daya tarik wisata ini cocok sebagai daerah tujuan wisata keluaraga. Dilengkapi dengan kolam renang, waterpark, kolam pancing, restoran, ruang pertemuan dan masih banyak lagi. Yang paling menarik dari daya tarik wisata ini adalah air dalam kolam pancing berasal dari 7 (tujuh) sumber mata air yang mengalir sepanjang tahun. Secara administratif Wisata Tirta Nusantara masuk dalam wilayah Kabupaten Kendal, meskipun dilihat dari kedekatan geografisnya, Wisata Tirta Nusantara lebih dekat dengan Kota Semarang. Wisata Tirta Nusantara ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Tirta Nusantara merupakan sebuah pemancingan sekaligus taman bermain yang cocok untuk mengisi akhir pekan. 
 
17. Promas Greenland
 
Promas Greenland merupakan wisata alam yang terletak di lereng gunung Ungaran yang mempunyai beberapa sumber air panas. Didukung oleh pemandangan indah dan udara yang sejuk, daya tarik wisata ini dikembangkan dengan beberapa fasilitas cafetaria, kolam renang dan ruang-ruang untuk pemandian air panas belerang yang baik untuk kesehatan dan penyakit kulit.
 
18. Bukit Selo Arjuno
 
Selo Arjuno adalah sebuah gunung berupa batu menjulang tinggi yang menyimpan sejarah unik. Bukit ini terletak di Desa Kedungboto Dusun Watu Lawang Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, karena keunikannya tempat ini akan segera diupayakan oleh pemerintah desa dan masyarakat sebagai tempat wisata. Bukit ini masih jarang diketahui wisatawan disini anda bisa menikmati pemandangan kota Kendal dari atas bukit.
19. Kampung Djowo Sekatul
 
Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul Terletak di Desa Mergosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Wisata Kendal Kampoeng Djowo Sekatul ini menawarkan lokasi berlibur yang sangat atraktif, yaitu pengunjung disuguhi dengan suasana pedesaan yang sangat asri lengkap dengan beberapa rumah yang masih bernansa tradisional. Namun tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas pendukung lainnya misalnya berupa penginapan, out bond, bumi perkemahan, flying fox dll. Lokasi tempat ini berada di perbukitan Medini di kaki Gunung Ungaran dengan lahan seluas sekitar 12 hektar. 
 
20. Desa Wisata Sembrani
 
Desa Wisata Sembrani merupakan akronim dari Desa Wisata Semangat Berkuda dan bertani. Desa ini terletak diantara Desa Leban dan Desa Pasigitan Kecamatan Boja. Desa Wisata ini menyuguhkan suasana pedesaan yang sangat menakjubkan. Dilengkapi dengan fasilitas stable (area berkuda), pendopo, homestay, kebun durian, area persawahan, dll sangat cocok menjadi daerah tujuan wisata keluarga. 
 
21. Desa Wisata Kartika Beach
 
Desa Wisata Kartika Beach merupakan tempat wisata dengan menampilkan konsep laut, Desa Wisata Kartika beach di Desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon ingin memanjakan pengunjungnya dengan berwisata mangrove dan pantai. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner yang berbahan dasar ikan yang merupakan hasil produksi dari masyarakat. 
 
22. Sekartama Waterland
 
Wahana Wisata dengan mengusung konsep keluarga dan bertema wisata air dilengkapi tiga seluncuran dengan tiga tingkatan berbeda ditengah taman artistik yang ditumbuhi palem dan rumput jepang segar akan memanjakan keluarga yang mengunjunginya, ditambah dengan air berwarna biru jernih terkena pantulan sinar matahari dengan kedalaaman tak lebih dari setengah meter juga membuat balita aman dalam bermain  didalamnya. SWL juga dilengkapi dengan Foodcourt atau pusat makanan dan jajanan di sebelah kiri gedung yang dibangun megah. Lokasi SWL juga terintegrasi dengan sejumlah gedung lain seperti gedung dua lantai yang di lantai atasnya bisa dipergunakan untuk acara resepsi pernikahan, rapat ataupun pertemuan yang lain. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *