21 Tempat Wisata Terbaik di Jambi

Jambi adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi adalah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukotanya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo. Dahulu Jambi merupakan bagian dari kerajaan melayu yang berpusat sepanjang sungai batang hari dengan pusat kerajaan di Dharmasraya Sumbar, sejarah mencatat peristiwa ekspedisi pamalayu dari kerajaan Singosari dan penyerahan arca amongshapasa yang didirikan dipusat kerajaan Melayu Dharmasraya sekrang tersimpan di museum Nasional Jakarta, awalnya kata melayu bukan merujuk etnis tapi adalah nama kerjaan yakni Melayu (perbukitan) yang didirikan etnis Minang, 

seiring waktu kata melayu berubah makna merujuk kepada etnis atau suku yakni orang atau keturunan yang berasal dari wilayah kerajaan melayu untuk merujuk tempat berasalnya Melayu yaitu dari Kerajaan Malayu di Batang Hari Dharmasraya. Bahasa Melayu Jambi sangat mirip dengan banda bahasa warga lokal Dharmasraya, termasuk sama seperti Melayu Palembang dan Melayu Bengkulu, yaitu berdialek “o”.

Jambi sendiri mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

.
Berikut 21 daftar Tempat Wisata Terbaik di Jambi yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Jambi
 
1. Gunung Kerinci 
 
Gunung Kerinci salah satu gunung api tertinggi di Indonesia yang sekelilingnya adalah hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dan juga masuk dalam bagian dari pegunungan Bukit Barisan di Kabupaten Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi. Keindahan dan kemegahan alamnya dijuluki sebagai “Sekepal Tanah Surga yang tercampakkan ke Bumi”. Gunung Kerinci dapat menjadi salah satu tujuan wisata anda saat berada di Jambi, terkhusus bagi anda yang gemar wisata alam.
 
2. Air Terjun Sigerincing
 
Air Terjun Sigerincing terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Mesurai, Merangin, Jambi. Ketinggian Air Terjun Sigerincing sekitar 62 meter, namun untuk menikmati kesegaran Air Terjun Sigerincing kamu harus menempuh jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 300 km dari pusat kota Jambi. Selain faktor jarak yang cukup jauh dari kota Jambi, faktor promosi Air Terjun Sigerincing yang masih sangat minim menjadikan air terjun ini sangat sepi. Bahkan jika kamu mengunjungi danau ini kamu bisa merasakan sensasi memiliki air terjun pribadai. Tapi sisi positif dari sepinya air terjun ini adalah tidak banyak sampah yang mengotori kawasan air terjun ini dan kamu bisa dengan leluasa mengabadikan setiap momen di air terjun ini tanpa harus malu karena menjadi pusat perhatian orang lain. 
 
3. Danau Sipin
 
Danau Sipin dikenal dengan Solok Sipin oleh penduduk setempat, berlokasi di Simpang Baluran Kenali, kec. Telanaipura. Dalam bahasa setepat, kata “solok” berarti danau. Selain sebagai tempat wisata di Jambi, danau Sipin merupakan tempat budidaya ikan air tawar yaitu nila dan mujair. Anda dapat melihat keramba dan jala milik para nelayan yang ada di tengah danau. Jika anda ingin berkeliling danau atau ingin melihat aktivitas para nelayan lebih dekat, anda dapat menyewa perahu yang dapat menampung 3 – 4 orang, cukup dengan membayar Rp. 5000/orang.
 
4. Danau Belibis
 
 
Danau Belibis ini terletak di lereng Gunung Kerinci yang memiliki hutan lebat dengan luas sekitar 2 ha. Nuansa keindahan alam pegunungan yang juga ditambah dengan adanya danau-danau yang ada di sekitarnya Dapat menjadikan obyek wisata ini kerap diselalu dikunjungi para wisatawan
 
5. Danau Kerinci
 
 
Danau kerinci ini merupakan danau terbesar nomor dua di Sumatera setelah Danau Toba dengan luas sekitar 5000 m2 dengan tinggi 783 m di atas permukaan laut dengan kedalaman +110 meter. Bahkan tempat ini dapat memancarkan panorama keindahan alam yang akan nampak begitu bersahabat serta kekayaan laut yang banyak dihiasi dengan ikan segar.
 
6. Danau Gunung Tujuh
 
Danau Gunung Tujuh ini dikelilingi oleh 7 buah gunung yang menjulang tinggi dimana dijadikan sebagai dinding dari danau tersebut. Bahkan di atas kertas danau ini merupakan danau tertinggi Di kawasan Asia Tenggara yang dikarenakan danaunya terdapat di atas gunung. Danau Gunung Tujuh ini memiliki luas 960 Ha dengan panjang sekitar 4,5 dan lebar 3 Km. Danau ini terletak di Desa Pelompek Kecamatan Kayu Aro dengan jarak ± 56 km dari Sungai Penuh. Jika anda ingin menikmati keindahan dan kesejukkan udara alam dari Danau Gunung Tujuh. Anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak selama kurang lebih 2-3 jam.
 
7. Taman Nasional Kerinci Seblat
 
 
Taman Nasional Kerinci Seblat masih terletak dikawasan yang sama seperti Gunung Kerinci dan Danau Kerinci. Satu hal yang membanggakan kita sebagai bangsa Indonesia adalah Taman Nasional Kerinci Seblat ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman Nasional Kerinci Seblat hampir mirip dengan Kebun Raya Bogor. Hal yang membedakan adalah suasana alam yang sangat terasa di taman ini.Tidak hanya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup tapi juga pesona Gunung Kerinci dan Danau Kerinci yang semakin menambah kesan asri.
 
8. Tanggo Rajo
 
 
Tanggo Rajo tidak berbeda jauh dengan Taman Alun-alun Kapuas atau yang biasa disebut Pantai Losari, menawarkan wisata kuliner yang terdapat di tepi perairan. Tanggo Rajo banyak dikunjungi pada sa’at sore dan malan hari karena pemandangan Sungai Batanghari yang cukup indah dan menarik, yakni merupakan sungai terpanjang di Sumatra. Tanggo Rajo banyak dikunjungi oleh orang yang memiliki hobi memancing, karena lokasinya yang pas dan nyaman sebagai tempat menyalurkan hobi mereka. 
 
9. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi
 
Taman Mini ini adalah obyek wisata Jambi yang menghadirkan miniatur budaya di Provinsi  Jambi. Dan menawarkan taman rekreasi, sarana olah raga, dan wisata budaya. Konsep yang sama dengan Taman Mini di Jakarta, yakni menampilkan replika bangunan khas daerah. Yang membedakan  adalah , jika di Jakarta menampilkan budaya seluruh daerah Indonesia, tetapi disini hanya menampilkan budaya disetiap kabupaten Janbi.
 
10. Taman Anggrek Sri Soedewi
 
Taman anggrek ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani atau depan Kantor Gubernur Jambi. Tempat wisata ini juga memberi informasi tentang cara perawatan anggrek yang baik sesuai dengan jenisnya. Tempat wisata yang satu ini seringkali dikunjungi penggemar bunga dari dalam ataupun luar kota. Disini anda dapat menemukan lebih dari 60 jenis anggrek, dengan taman seluas 2,5 hektar. Jika anda ingin melihat langsung bunga – bunga anggrek ini, anda akan dikenakan biaya Rp 2.000 untuk orang dewas dan Rp 1.500 untuk anak – anak.
 
11. Candi Muaro Jambi
 
 
Candi ini adalah peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu.Salah satu tempat wisata di Jambi yang menarik ini juga disebut sebagai kompleks candi terluas yang ada di Indonesia. Pada tahun 2009, candi yang berupa susunan batu bata merah ini ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi. Ditemukan oleh S.C Crooke, seorang letnan berkebangsaan Inggris, pada tahun 1820, Kemudian Candi Muaro Jambi ini dipugar oleh pemerintah Indonesia di tahun 1975. Hingga sampai sekarang ini, terhitung ada 61 buah candi yang sebagian besar tertutup tanah.
 
12. Museum Negeri Jambi
 
Museum Negeri Jambi adalah pilihan yang tepat. Letak tempat wisata ini ada di Jalan Urip Sumoharjo No.1 Jambi. Bentuk bangunan museum ini dirancang menyerupai Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah adat di Jambi. Di tempat ini, Anda dapat menemukan banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah dan bernilai seni budaya Jambi dari masa ke masa seperti anyaman khas Jambi, peralatan berburu, batik tenun dengan motif bunga khas Jambi dan juga binatang yang diawetkan.
 
13. Monas Jambi
 
Monumen Nasional tidak hanya ada di Kota Jakarta saja, Jambi memiliki replika monumen ini, tepatnya berlokasi di bundaran kompleks pemerintah kota. Monas adalah salah satu tempat wisata di Jambi yang banyak di kunjungi untuk membuktikan kemiripannya dengan Monas yang ada di Kota Jakarta. Dilihat sekilas, Monas di Jambi ini memang mirip bentuknya dengan Monas di Jakarta, hanya saja ukurannnya lebih kecil. Hal lain yang membedakan kedua Monas ini adalah 4 buah jam dinding di setiap sisi Monas dan 4 buah ukiran yang ada di bawahnya.
 
14. Kolam Renang Tepian Rajo
 
Kolam renang Tepian Rajo berada di Jl. Kapt. Sujono, Kecamatan Kota Baru, lebih kurang sekitar 6 km dari kota Jambi. Kolam renang ini memiliki ukuran 20 x 50 meter persegi dan berstandar internasional. Disini terdapat kolam renang dewasa dan kolam renang anak – anak. Tak hanya renang, Kolam Renang Tepian Rajo juga digunakan sebagai tempat pertandingan polo air dan seringkali diadakan latihan disini.
 
15. Taman Remaja Jambi
 
 
Taman Remaja yang dikenal dengan sebutan TR, merupakan taman yang dibanggakan oleh masyarakat Kota Jambi. Selain tempatnya yang strategis di pusat perkantoran Pemkot Jambi, jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Balai Kota Jambi. Taman Remaja yang mirip seperti Gelanggang Remaja ini sering dijadikan sebagai ajang pentas seni remaja seluruh provinsi ini.
 
16. Sanggar Batik Jambi
 
 
Sanggar Batik Jambi memamerkan banyak Kerajinan tangan. Di sana banyak juga di jual aneka macam tenun dan kain songket yang merupakan ciri khas kota Jambi. Batik Jambi memiliki ciri khas yang unik dan eksotis. Baik dari segi warna maupun motifnya sediri. Sebagian besar pewarnaan batik Jambi diambil dari bahan-bahan alami yang ada di alam sekitar Jambi, yaitu campuran dari aneka ragam kayu dan tumbuh-tumbuhan
 
17. Dekranasda Jambi
 
 
Dekranasda memiliki berbagai macam kerajinan tangan dari para pengrajin seperti ukiran kayu dari Betung, anyaman rotan dan bambu serta perhiasan batu-batuan. Lokasi ini merupakan pusat tempat barang kerajinan murah. Alamatnya di jalan Sudirman (depan Mapolda) Kecamatan Jambi Selatan.
 
18. Istana Sultan Thaha Saifuddin 
 
 
Sultan Thaha Saifuddin adalah salah satu pahlawan nasional asal Jambi namun sejarah tak banyak mengisahkan tentang perjalanan hidup dan lika-liku perjuangan yang dihadapi Sultan Thaha Saifuddin dalam usaha melawan penjajah demi mempertahankan nusantara. Untuk menghargai dan mengenang jasa Sultan Thaha Saifuddin maka Pemerintah Jambi menjadikan Istana Sultan Thaha Saifuddin dan Makam Sultan Thaha Saifuddin sebagai cagar alam yang harus dijaga kelestariannya. Selain ditetapkan sebagai cagar alam, Pemerintah Daerah Provinsi Jambi juga meletakkan patung Sultan Thaha Saifuddin di depan Kantor 
 
19. Kebun Teh Kayu Aro
 
Perkebunan Teh Kayu Aro memiliki beberapa keistimewaan, antara lain: pertama, merupakan perkebunan teh tertua di Tanah Air dimana sudah ada semenjak masa penjajahan kolonial Hindia Belanda tahun 1925. Kedua, perkebunan ini tersebut merupakan yang terluas dan tertinggi kedua di dunia setelah Perkebunan Teh Darjeeling yang ada di India. Perkebunan Teh Kayu Aro memiliki luas sekira 2,500 hektar dan berada di ketinggian 1.600 m dpl. Ketiga, teh yang ditanam di Perkebunan Teh Kayu Aro adalah teh ortodox atau yang lebih dikenal dengan nama teh hitam dimana merupakan teh berkualitas tinggi.
 
20. Pasar Keramik Sitimang
 
Pasar Sitimang ini berada di Jalan Sisingamangaraja. Pasar Keramik Sitimang ini juga banyak dikenal sebagai pusat penjualan keramik di Jambi sejak tahun 1980 an. Anda bisa menemukan berbagai bentuk keramik seperti guci, toples, peralatan makan sampai dengan hiasan rumah. Kebanyakan keramik-keramik yang dijual di tempat ini dikirim langsung dari negeri Cina dan motifnya sulit ditemukan di tempat lain.
 
21. Gentala Arasy (Ikon Baru kota)
 
 
Gentala Arasy merupakan bangunan menara yang lokasinya terletak di Kelurahan Arab Melayu di Kecamatan Pelayangan dengan tinggi sekitar 85 meter. Pada puncak bangunan Gentala Arasy terdapat jam besar yang berdiameter 3,5 meter dan rencananya akan digunakan sebagai alat penanda ibadah bagi umat muslim. Sedangkan pada lantai basemen terdapat museum dengan koleksi benda sejarah tentang masuknya Islam ke provinsi ini. Ini hal yang menarik dari tempat rekreasi ini.

Comments

  1. By S/ Amran Tasai

    Reply

  2. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *