19 Tempat Wisata Pantai Terbaik di Aceh

Posted on

Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia. Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Banda Aceh. Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh Laut Andaman. Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.

Aceh adalah daratan yang paling dekat dengan episentrum gempa bumi Samudra Hindia 2004. Aceh sempat dilanda bencana gelombang tsunami dan menerjang sebagian besar pesisir barat provinsi ini. Sekitar 170.000 orang tewas atau hilang akibat bencana tersebut namun Aceh kini sudah mulai pulih.

Aceh sendiri mempunyai banyak tempat wisata pantai dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 19 Tempat Wisata Pantai Terbaik  di Aceh yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Aceh
.
1. Pantai Iboih


Pantai Iboih adalah salah satu pantai tercantik di sini. Pantai dengan pasir putih dan laut yang begitu jernih berwarna hijau toska atau biru cerah. Pantai Iboih menawarkan keindahan bawah laut yang dapat anda nikmati tanpa harus berenang sekalipun. Di sini anda bisa snorkeling dan diving. Saat anda snorkeling, siap-siap anda akan terpesona dengan airnya yang bening. Jika anda belum puas bermain di dalam air, anda masih bisa menghabiskan waktu berpiknik di tepian pantai, di bawah nyiur yang begitu menyejukkan atau berjemur di bawah cahaya mentari.
 
2. Pantai Lampuuk

 
Pantai Lampuuk ini memiliki pasir putih yang lembut dan tebing karang yang ada di ujung pantai, dan garis pantai sepanjang 5 km dari arah selatan ke utara. Pantai Lampuuk adalah salah satu tempat wisata yang bisa disebut Pantai Kuta di Aceh. Banyak orang datang untuk menikmati keindahan tempat wisata yang satu ini. Terdapat banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai ini, seperti bermain selancar, berenang, bermain banana boat, dan berjemur.
 
3. Pantai Lhoknga


Lokasi Pantai Lhoknga tak jauh dari Pantai Lampuuk, berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Pantai Lhoknga memiliki pasir yang luas dan landai, cocok anda gunakan untuk berjemur atau bermain voli pantai. Di sini juga terdapat pepohonan yang rindang untuk tempat anda bersantai. Jika anda kurang puas bersantai dan berjemur, anda bisa mencoba berselancar di lautnya. karena Pantai Lhoknga memiliki ombak yang cocok untuk berselancar dengan ketinggian 1,5 – 2 meter.
 
4. Pantai Ulee Lheue


Pantai Ulee Lheue hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya berada di Kecamatan Meuraxa. Kegiatan paling populer di pantai ini yaitu memancing. Di kawasan pantai ini banyak terdapat penjual alat pancing jika anda lupa membawa alan untuk memancing. Jika anda tak suka memancing, anda masih bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar di lautnya. Atau juga duduk santai di tepi pantai dan menikmati jagung bakar. Terdapat barisan pegunungan yang ada di seberang pantai, sehingga menambah keindahan Pantai Ulee Lheue.
 
5. Pantai Lhok Me 


Pantai Lhok Me berada di Desa Lamreh, Dusun Lhok Mee, Jalan menuju Krueng Raya, sekitar 30 Km dari Kota Banda Aceh. Untuk mencapai tempat ini bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Pantai Lhok Mee merupakan pantai berpasir putih yg indah dan menjadi salah satu tempat rekreasi bagi masyarakat lokal maupun wisatawan. Disepanjang pinggir pantai terdapat warung yg menjual makanan dan minuman bagi para pengunjung. Tidak jauh dari kawasan pantai terdapat perumahan penduduk setempat.
 
6. Pantai Ujong Batee 


Pantai Ujong Batee terletak di Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, jaraknya menuju lokasi sekitar 17 ( tujuh belas ) kilometer dari kota banda aceh menuju Pelabuhan Malahayati. Dan di sebelah kanan dari posisi pantai ujong batee hanya ada pulau weh di laut bebas persis di pintu masuk Selat Malaka. Sementara sebelah kirinya Pulau Aceh di samudera Hindia. Pantai ujong Batee rusak gara gara tsunami. 
7. Pantai Gapang


Pantai Gapang berada tidak jauh dari Pantai Iboih atau ketika anda menuju ke tugu nol kilometer anda akan melewati beberapa pantai seperti Pantai Iboih dan Pantai Gapang, Pantai Gapang ini memiliki pasir putih dan airnya juga jernih. Nama Pantai Gapang ini diambil dari nama pohon yang terdapat di sekitar pantai ini.
 
8. Pantai Sumur Tiga


Pantai ini terletak di Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Aceh. Pantai ini memiliki tiga sumur air tawar yang terdapat di sepanjang pantainya oleh karena itu dinamakan pantai sumur tiga.

9. Pantai Kasih


Seperti pantai-pantai sebelumnya di Aceh, Pantai Kasih memiliki pasir putih dan air yang jernih. Anda bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam terlama disini sambil bersantai di bibir pantai yang luas

10. Pantai Tapak Gajah


Pantai ini terletak tidak jauh dari pusat kota disini anda bisa melihat deretan batu karang yang indah. Pasir putih dan ombak yang tenang membuat anda bisa berenang disini sambil menikmati keindahannya. 

 
11. Pantai Anoi Itam


Pantai Anoi Itam ini berbeda dengan pantai yang ada di Sabang lainnya, karena pantai ini merupakan pantai berpasir hitam satu-satunya yang ada di Sabang. Pantai ini berjarak sekitar 14 km dari Kota Sabang, tepatnya berada di Desa Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Pantai ini merupakan pantai dengan pasir hitam yang terletak di Sabang. Meskipun berpasir hitam tetapi air lautnya juga jernih.
 
12. Pantai Jilbab


Objek wisata Pantai Jilbab ini terletak di Desa Palak Kerambil Kecamatan Suso, Aceh Barat Daya. Sama seperti objek wisata bahari lainnya yang ada di Aceh, Pantai Jilbab menawarkan panorama alam yang indah dan eksotis. Tidak menghrankan jika setiap akhir pecan tiba, tempat ini ramai dikunjungi oleh warga sekitar dan masyarakat dari luar daerah.
13. Pantai Pusong Sangkalan


Pantai Pusong Sangkalan terletak sekitar 3 km dari Blang Pidie, ibukota Kabupaten Abdya. Dinamakan Pantai Pusong karena sekitar 1km dari pantai ini terdapat “Pusong” (Pulau Gosong) sedangkan Sangkalan sendiri adalah nama desa tempat pantai tersebut berada. Pantai Bali juga menjadi nama tempat yang menjadi salah satu destinasi wisata di Abdya ini. Menurut cerita dari masyarakat sekitar, nama Bali diambil karena keindahan pantai tersebut tidak kalah dari Pantai Bali
 
14. Pantai Aron Tumpang


Pantai yang masih alami dan jauh dari keramaian karena memang belum terlalu terkenal. Tapi di akhir pekan Pantai ini cukup banyak dikunjungi oleh warga sekitar Kabupaten Aceh Barat Daya. Disini anda bisa menikmati keindahan pantai, berolahraga ir atau hanya sekedar bermain pasir. Namun disarankan jangan berkunjung ke sini di musim hujan karena ombaknya yang tinggi dan berbahaya.
 
15. Pantai Cemara Indah


Pantai Cemara Indah Selain pasir pantainya putih yang indah, disini juga tersedia Taman Rekreasi, yang merupakan salah satu objek wisata rekreasi keluarga. Pantai Cemara Indah ramai di kunjungi tidak hanya dari masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya saja, tetapi juga dari luar daerah, terutama di hari-hari libur dan akhir pekan. Lokasi wisata ini sedang dalam tahap pembangunan yang nantinya akan menjadi objek wisata yang terus berkembang. Fasilitas yang tersedia saat ini adalah warung makan, balai tempat berteduh, bangku taman, tempat permainan anak, lapangan olah raga dan musholla. Di samping itu pelayanan sarana air bersih, listrik,dan telepon juga tersedia di lokasi wisata ini.
 
16. Pantai Wisata Lama Tuha


Lokasi ini berjarak 13 Km dari Kabupaten, dimana dilokasi ini banyak menyimpan situs-situs Peninggalan Kerajaan Kuala Batee baik berupa batu kuburan, madat, dan situs batu. Di pantai ini banyak mengandung sumber bahan makanan bawah laut seperti : siput dan kepiting yang sangat mudah diperoleh untuk dikelola dan dijadikan sebagai bahan makanan kuliner dengan berbagai cita rasa.
 
17. Pantai Lhok Bubon


Objek Wisata Pantai Lhok Bubon berada di Kabupaten Aceh Barat yang berlokasi di desa Bubon,Provinsi Aceh. Jarak tempuh ke Pantai Lhok Bubon sekitar 8 km dari kota Meulaboh. Pantai Lhok Bubon ini terkenal sebagai daerah penghasil makanan laut, dan selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitarnya yang datang untuk menikmati segarnya makanan laut sekaligus menikmati alam pantainya. Selain merupakan tempat tujuan pariwisata, tempat ini menjadi lahan penambahan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya,
 
18. Pantai Suak Ribee


Pantai Suak Ribee merupakan salah satu tempat rekreasi yang terdapat dipesisir kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat .Pantai Suak Ribee banyak di kunjungi oleh berbagai unsur masyarakat baik orang dewasa, remaja maupun anak-anak. Pantai suak ribee biasanya ramai pada sore hari maupun pada hari –hari libur. Sebelum bencana tsunami Pantai suak ribee adalah tempat rekreasi yang sangat indah dan menarik.Disepanjang jalan di pinggiran pantai berbaris pohon kelapa dan pohon cemara.disana juga banyak terdapat tempat-tempat untuk peristerahatan seperti café-café yang berjejer di sepanjang jalan. Pemandangan di sore hari sangatlah indah selain menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi kita juga dapat melihat pemandangan matahari tenggelam pada matahari senja.
 
19. Pantai batee Puteh


Objek Wisata Pantai Batee Puteh yang indah ini terletak di kabupaten Aceh Barat. Lokasi Pantai Batee Puteh kira-kira 3 km dari kota Meulaboh. Pantai Batee Puteh ini sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat pada saat liburan untuk berenang atau hanya sekedar menikmati keindahan pemandangannya. Merupakan tempat liburan yang cocok bagi keluarga, selain itu pantainya yang putih dan bersih menambah daya tarik kawasan wisata ini.

0 thoughts on “19 Tempat Wisata Pantai Terbaik di Aceh

  1. apakah semua wisata tersebuat sudah resmi semua?, biasanya ada beberapa yang masih tersembunyi dan belum resmi jadi tempat wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *