19 Tempat Wisata Terbaik di Surabaya Jawa Timur

Posted on

Surabaya adalah ibukota dari Provinsi Jawa Timur dan merupakan kota terbesar ke 2 di Indonesia. Selain merupakan pusat bisnis dan pendidikan di Jawa Timur, Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan Arek-Arek Suroboyo (Pemuda-Pemuda Surabaya) untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah.

Surabaya berada di dataran rendah, dengan ketinggian antara 3-6 M di tingkat asata laut, ini juga yang membuat suhu udara di Surabaya relatif panas dan kering dari segi sektor pariwisata Surabaya juga tidak kalah menariknya, disini banyak terdapat tempat wisata yang sangat indah dari mulai wisata alam, wisata religi serta wisata bahari semua ada di Surabaya.

Surabaya sendiri mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 19 daftar Tempat Wisata Terbaik di Surabaya yang wajib harus anda kunjungi :

1. Pantai Kenjeran

 
Pantai Kenjeran adalah tempat wisata di Surabaya yang terkenal bagi keluarga yang ingin menikmati suasana pantai. Selain menikmati suasana Pantai Kenjeran, pengunjung juga dapat memancing, membeli ikan, dan menaiki perahu. Saran saya, bawalah tikar untuk duduk-duduk santai di bawah pohon dan menikmati suasana Pantai Kenjeran. Terdapat juga sarana permainan anak di Pantai Kenjeran sehingga Pantai Kenjeran sangat cocok untuk kegiatan wisata keluarga.
 
2. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo
.
 
Wisata Hutan Mangrove Wonorejo adalah salah satu tempat wisata di Surabaya yang paling favorit untuk kategori wisata alam. Jauh dari keramaian kota, Hutan Mangrove Wonorejo adalah tempat yang cocok untuk menikmati ketenangan alam. Berlokasi deket dengan Bandara Juanda Surabaya, Hutan Mangrove Wonorejo menawarkan keindahan alam yang alami. Di Hutan Mangrove Wonorejo anda dapat berjalan menyusuri jembatan bambu di atas air dan menembus hijaunya Hutan Mangrove Wonorejo. Alternatif lain adalah menikmati Wisata Hutan Mangrove Wonorejo dengan menggunakan perahu.
 
3. Kebun Binatang Surabaya
.


Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu tempat wisata di Surabaya yang populer. Berlokasi di Jalan Setail, dulunya Kebun Binatang Surabaya adalah kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara. Kebun Binatang Surabaya mempunyai luas sektiar 37 hektar.
.
4. Ciputra Waterpark Surabaya
 
 
Ciputra Waterpark adalah wahana wisata air terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Lokasinya terletak di Surabaya Barat, dibangun oleh Perusahaan Ciputra Grup di area Citraland. Anda dapat menjumpai ragam wahana, misalnya Sirens River, Chimera Pool, Marina Lagoon, Sinbad Playground, Roc Tower, dan Syracuse Beach. Tempat wisata Surabaya yang satu ini dibuka untuk publik setiap selasa hingga jum’at, mulai pukul 14.00-19.00 WIB. Di saat weekend dan hari libur, mulai buka sejak pukul 08.00-20.00 WIB.
.
5. Jembatan Suramadu
.
 
Jembatan Suramadu adalah jembatan di atas perairan selat Madura. Sesuai dengan namanya, Jembatan Suramadu menghubungkan Surabaya dan Madura. Dengan panjang hampir mencapai 5,500 meter, Jembatan Suramadu adalah jembatang yang terpanjang di Indonesia. Dibangung dengan tujuan awal mempercepat pembangunan Madura, sekarang ini Jembatan Suramadu telah menjadi ikon sekaligus tempat wisata di Surabaya yang sangat terkenal.
.
6. House of Sampoerna
.
 
House of Sampoerna merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi karena museum yang berlokasi di Surabaya Lama ini merupakan bangunan bersejarah sekaligus museum yang menarik. Dengan bangunan bergaya Belanda dan tiang depan unik berbentuk rokok, House of Sampoerna merupakan tempat bersejarah yang dilestarikan negara. Museum House of Sampoerna mempunyai koleksi alat pengolah tembakau, foto keluaga, berbagai jenis pematik, replika kios, alat-alat musik, dan lain-lain. Selain itu kita juga dapat membeli souvenir dan melihat proses pembuatan rokok di lantai 2 House of Sampoerna.
 
7. Monumen Kapal Selam
.
 
Monumen Kapal Selam merupakan sebuah museum yang terletak di pusat kota Surabaya. Museum Monumen Kapal Selam adalah kapal selam yang sebenarnya. Dahulu kapal selam ini pernah ikut serta dalam pertempuran pembebasan Irian Barat dari Belanda. Monumen yang berlokasi di Jalan Pemuda ini sangat menarik untuk dilihat karena jarang sekali kita dapat melihat dan masuk ke dalam kapal selam yang sesungguhnya.
 
8. Tugu Pahlawan
.
 
Tugu Pahlawan merupakan sebuah monumen yang paling terkenal di kota Surabaya. Monumen yang terletak di Jalan Pahlawan ini mempunyai tinggi lebih dari 40 meter dan berbentuk sepeti paku terbalik. Tugu Pahlawan dibuat di atas lahan seluas lebih dari 1 hektar untuk memperingati dan menghormati seluruh prajurit Surabaya yang gugur dalam perang melawan para penjajah. Selain itu, di bawah tanah Tugu Pahlawan juga terdapat museum berisi foto-foto dokumentasi.
 
9. Taman Bungkul
.
 
Berada di Jalan Raya Darmo, Taman Bungkul adalah tempat favorit untuk kumpul-kumpul warga Surabaya. Taman Bungkul di lengkapi dengan tempat bermain anak-anak, jogging track, amfiteater, tempat bermain skateboard, kolam air mancur, internet, dan suasana hijau. Banyak acara hiburan dan kebudayaan yang digelar di Taman Bungkul. Apabila anda inginberwisata kuliner, di Taman Bungkul juga ada banyak penjual makanan khas Surabaya.
 
10. Rumah Batik
.
 
Rumah Batik yang berlokasi di Jalan Tambak Dukuh mempunyai koleksi batik sebanyak lebih dari 2,000 lembar dengan corak dan motif yang berbeda-beda dan berasal dari berbagai tempat di Indonesia. Rumah Batik ini pernah mendapatkan rekor batik dengan logo Surabaya Terbesar.
 
11. Taman Remaja Surabaya
.
 
Taman Remaja Surabaya merupakan obyek wisata yang cukup terkenal di kota Surabaya. Taman ini menyediakan berbagai macam hiburan bagi anda yang mengunjunginya, ada sekitar 16 permainan yang terdiri dari Boom Boom Car, Ghost House (Rumah Hantu), Shooting Galery, Merry Go Round, Twin Dragon, Twist Aladin, Mini Train, Ball Pool dan lainnya. Dengan banyaknya aneka permainan, taman yang mempunyai luas 16.910m2 ini tentunya sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga anda. letak Taman Remaja Surabaya berada di Jl. Kusuma Bangsa.
 
12. Surabaya Night Carnival 
 
 
Suroboyo Night Carnival merupakan wahana permainan keluarga yang baru dibuka pada tahun 2014. Konsep dari Suroboyo Night Carnival merupakan wisata permainan keluarga yang dilengkapi aneka permainan indoor dan outdoor, market, galeri lukisan dan event-event seru yang update setiap bulan. Meski diawal pembukaannya sempat menimbulkan pro dan kontra akibat membludaknya pengunjung dan kurang tersedianya lahan parkir, namun saat ini pengelola mampu mengatasi permasalahan tersebut sehingga Suroboyo Night Carnival tak pernah sepi pengunjung. 
 
13. Museum Mpu Tantular
 
Museum Mpu Tantular adalah kelanjutan dari didirikannya lembaga kebudayaan Stedelijk Historisch Museum Soerabaia oleh seorang warga Surabaya yang berkebangsaan Jerman, Von Vaber, pada tahun 1933. mulai dari peninggalan masa prasejarah, peninggalan di masa kerajaan Hindu, Budha, Islam, serta masa kolonial. Lokasi Museum Mpu Tantular ini ada di Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Sidoarjo. 
 
14. Museum WR. Soepratman
 
Di Museum WR. Soepratman ini Anda dapat melihat tulisan asli WR. Soepratman saat membuat lagu Indonesia Raya pada awalnya serta menyaksikan biola historis yang menemaninya saat membuat beberapa lagu kebangsaan. Lokasi museum juga berdekatan dengan makam salah satu pahlawan Indonesia ini. Anda dapat menjumpai museum ini di Jln. Mangga Tambaksari, Surabaya.
 
15. Sky World (Tian Ti Pagoda) 
 
Kenjeran Park Sky World atau Pagoda Tian Ti yang memiliki arti Langit-Bumi, pembangunannnya sengaja dibangun untuk mendongkrak pamor wisata kawasan Kenjeran Park Surabaya. Pagoda ini dibangun persis seperti tempat peribadatan kuil kuno yang terletak di Beijing, pembangunannya dibuat sangat mirip baik dari segi warna, bentuk maupun ornamennya. Meski serupa dengan kuil di Beijing, pagoda di Kenjeran Park ini bukan untuk peribadatan agama tertentu jadi pembangunannya hanya untuk tempat pariwisata saja. Karena bukan untuk tempat peribadatan, di pagoda ini pengunjung bisa keluar masuk dengan leluasa tanpa mengganggu kekhusyukan sembahyang umat beragama lain. 
 
16. Artama Harbour Cruise 
 
.
Tak banyak orang yang tahu jika Surabaya memiliki kapal wisata bahari, kapal yang dioperasikan oleh PT. Pelindo Marine ini menampung 35 orang dalam setiap keberangkatannya setiap hari Minggu. Rute lengkap dimulai dari Tanjung Perak – Terminal Peti Kemas – Cagar Budaya Bangunan Kantor ADPEL Surabaya – Monumen Jalesveya Jayamahe – Jembatan Suramadu – Tanjung Perak. Selama dua jam dari pukul 09.00 – 11.00 kita akan disuguhi pemadangan bongkar muat kapal, melihat monument kejayaan Jalasveya Jayamahe, bahkan kita akan melintas dibawah jembatan suramadu. Tentunya wisata ini merupakan wisata menarik yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Surabaya, karena tempat duduk yang terbatas sebaiknya usahakan untuk booking jauh-jauh hari.
 
17. De Mata Trick Eye Surabaya 
 .

Tahun 2015 ini, Surabaya mempunya alternatif wisata baru yang bernama De Mata Trick Eye yang merupakan cabang kedua dari Yogyakarta. Konsep dari De Mata Trick Eye adalah lukisan 3D yang berbentuk tipuan mata, kita dapat berfoto didepan lukisan-lukisan tersebut sehingga foto kita tampak menyatu dan terkesan nyata. kita dapat menikmati 104 buah lukisan dengan berbagai tema, diantaranya tema alam, olahraga, angka, binatang, super hero, romance, sirkus, ornamen, dll 

18. Air Mancur Menari Kenjeran


Air Mancur Menari Kenjeran ini letaknya bersebelahan dengan air mancur musikal di pantai Kenjeran. Air mancur menari Kenjeran ini memiliki sangat banyak pola semburan. Air mancur itu merupakan fasilitas pendukung Jembatan Pantai Kenjeran yang digadang-gadang akan menjadi ikon baru Surabaya. Selain air mancur, jembatan juga dilengkapi dua lift di sisi kanan dan kiri yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas.

19. Jembatan Kenjeran


Jembatan Pantai Kenjeran yang didesain menyerupai busur ini membelah garis Pantai Kenjeran. Jembatan ini menghubungkan Jalan Kenjeran menuju arah timur sampai ke Jalan Ir Soekarno (MERR) dan Jalan Laguna Surabaya. Jembatan Kenjeran ini juga nantinya terintegrasi dengan Sentra Ikan Bulak (SIB) yang difungsikan sebagai kawasan wisata kuliner kampung nelayan. Saat ini Pemkot Surabaya sedang mempersiapkan infrastruktur dan mental warga kampung nelayan agar handal menyambut wisatawan.

4 thoughts on “19 Tempat Wisata Terbaik di Surabaya Jawa Timur

  1. Metropolitan memang sedikit ada wisata alam,, tapi kota pahlawan tetap salah satu tempat sejarah nasional. Gak kalah jg,, hehee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *